Sukses

Rumah Tinggal ala Hobbit Ini Bisa Dirakit Sendiri

Rumah tinggal yang disebut earthship ini memiliki kelebihan ramah lingkungan. Kini hadir versi terbaru yang bisa dirakit sendiri.

Liputan6.com, Florida - Earthship merupakan jenis rumah yang dibangun dengan ide ramah bagi lingkungan. Energi yang digunakan untuk menopang kehidupan manusia yang menghuninya diambil dari alam, seperti matahari yang diubah menjadi listrik. Menjadikan hunian earthship bermanfaat bagi kesehatan lingkungan. 

Rumah ala Hobbit dalam film Lord of The Ring dan The Hobbit itu dibangun menyatu dengan tanah sebagai penyekat alami dan mampu menahan air dari hujan badai. Tak hanya itu, tanah juga berfungsi untuk mempertahankan suhu udara optimal. Jadi, Anda tidak perlu lagi pengaturan suhu ruangan, menjadikan biaya perawatan lebih murah. 

 

Merakit rumah hanya perlu menggunakan bor dan mur. (foto: Amusing Planet)

Pembangunannya memakan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, dan memerlukan keterampilan merakit yang luar biasa.  Green Magic Homes, adalah perusahaan asal Kanada yang menawarkan jasa pembuatan earthship, rumah ramah lingkungan.

Dikutip The Plaid Zebra, 11 Desember 2015, perusahaan menawarkan 'paket rakitan rumah' untuk siapa saja yang memiliki keterampilan dalam menggunakan bor. Rumah ramah lingkungan 'Magic Green Home' akan didatangkan dalam rangkaian panel dinding, dengan lubang-lubang kecil pada sisinya. Memudahkan Anda untuk membangun hanya dengan memasang mur untuk menyatukan rumah.

Menurut Inhabitat, "Perekat komposit dan kanal kabel listrik dan pipa air, serta perekat ventilasi mesin bisa ditambahkan pada bagian luar kapanpun", dengan kata lain pemilik bisa mengembangkan bangunan rumah tanpa perlu banyak usaha. Sementara, lapisan luar rumah total tak bisa ditembus air.

Dinding rumah didesain anti-air. (foto: Amusing Planet)

Panel tembok juga didesain untuk menutupi tanah, yang sekaligus digunakan untuk merawat tanaman. Walau banyak earthship biasa dibangun di tanah, desain ini membalik proses, sehingga tanah melapisi tembok rumah.

Tersedia berbagai model rumah dari rumah satu kamar sampai mansion. (foto: Amusing Planet)

Kelebihan dari earthship ini, adalah Anda dengan mudah bisa mengembangkan ruang tinggal seiring waktu. Mengenai biaya, rumah dibanderol US$ 34,74 per kaki kubik (satu kaki sama dengan 30,48 cm), sehingga untuk rumah seluas 122 meter kubik, biayanya hanya sedikit di bawah US$ 14.000 (Rp. 195,12 juta).

Satu rumah kecil dibanderol Rp. 195,12 juta. (foto: Amusing Planet)

Green Magic Homes menawarkan juga gazebo dengan harga US$ 25 per kaki kubik, atau USD 10.000 (Rp. 140 juta) per 122 meter kubik.

Secara keseluruhan, Green Magic Home merupakan 'earthship untuk amatiran', kelebihannya sebagian besar adalah desain yang relatif mudah untuk dirakit dan dikembangkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini