Sukses

Bocah 9 Tahun Ini Selesaikan 3 Kubus Rubik dengan Tangan dan Kaki

Que Jian Yu menjadi orang termuda yang dapat menyelesaikan kubus Rubik dengan mata tertutup dengan waktu 49 detik.

Liputan6.com, Xiamen - Jangan menganggap remeh seorang anak hanya dari usianya. Bocah asal Xiamen provinsi Fujian, Tiongkok memiliki kemampuan luar biasa yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh para dewasa.

Dalam acara televisi berjudul ‘Amazing Chinese’ yang ditayangkan stasiun CCTV pada akhir bulan Maret lalu, memperlihatkan anak bernama Que Jian yu yang dapat menyelesaikan tiga teka-teki kotak Rubik dengan menggunakan tangan dan kakiknya secara bersamaan. Dilansir dari Shanghaiist, aksi anak usia 9 tahun itu berhasil dilakukan dalam waktu 1 menit 4 detik.

Dalam acara yang berbeda satu tahun lalu, anak kelas 4 SD itu hampir menyelesaikan 5 kubus Rubiks sekaligus-- namun aksinya gagal karena tidak menyelesaikan 1 kubus dengan sempurna. Dalam upaya kedua dalam acara yang sama, ia berhasil menyelesaikan 8 kubus Rubik! 

Anak itu mengaku gemar memainkan kubus Rubik sejak usia 5 tahun. Bakatnya terseut diasah setelah ayahnya, seorang insinyur, melihat bakat yang dimilikinya. Setelah mengajarkan beberapa kali, dalam waktu singkat anak itu lebih piawai daripada ayahnya.

 Sang ayah kemudian menyewa Ye Jiaxi, presiden Masyarakat Kubus Rubik di Xiamen, untuk menjadi guru bagi anaknya.

Ketika Que Jian Yu berusia 7 tahun, ia pecahkan rekor  Guinness World Record sebagai orang termuda yang berhasil menyelesaikan kubus Rubik 3x3 dengan mata tertutup. Menurut Asosiasi Kubus Dunia, aksinya itu dilakukan dalam waktu 49 detik.

Menurut Ye Jiaxi, ada lebih dari 110 rumus yang dapat menyelesaikan kubus Rubik. Melakukan hal dengan mata tertutup membuat proses semakin rumit, karena pemain harus menomori, menghafal dan mengingat letak blok, serta mengingat lebih dari 50 rumus.

Anak itu mengaku rahasinya adalah daya ingat kuat dan persepsi ruang yang baik. (Alx/Rcy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.