Sukses

Dinosaurus 'Cakar Petir' Si Predator Tertua di Australia

Dinosaurus ini memiliki cakar yang luar biasa besar, seperti kait yang diduga digunakan untuk menangkap mangsanya.

Liputan6.com, New South Wales - Sebuah fosil dinosaurus karnivora ditemukan di Lightning Ridge, New South Wales, Australia. Dinosaurus sejenis raptor besar itu dijuluki 'Cakar Petir' karena penampakan cakarnya yang luar biasa besar, memiliki cakar seperti pengait sepanjang 25 cm untuk menangkap mangsanya.

Dengan panjang sekitar 7 meter, 'Cakar Petir' alias 'Lightning Claw' merupakan dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah ditemukan di Australia.

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (26/9/2015), berdasarkan tempat ditemukan fosil yakni di sebuah tambang kawasan utara negara bagian New South Wales, dinosaurus ini diperkirakan hidup 110 juta tahun silam. Hal itu membuatnya disebut sebagai predator tertua di Australia.

salah satu potongan tulang dinosaurus 'cakar petir'. (University of New England)

Para ilmuwan menyimpulkan, dinosaurus 'Cakar Petir' ini merupakan megaraptorid, kelompok dinosaurus theropod yang memiliki cakar tangan besar. Saat dibandingkan dengan dinosaurus Australia dan Amerika Selatan yang lain, jelas bahwa spesies ini merupakan kelompok megaraptorid, kelompok dinosaurus yang relatif langka -- kebanyakan berasal dari Argentina.

"Penemuan ini mengubah anggapan jika dinosaurus dari Australia adalah keturunan dari dinosaurus asal Afrika atau Amerika Selatan. Si 'Cakar Petir' mungkin adalah nenek moyang semua jenis raptor. Jadi raptor ini pertama kali muncul di Australia," jelas Dr. Phil Bell dari University of New England, Australia.

(Dsu/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini