Sukses

Fenomena Langka 'Pelangi Api' di Angkasa

Menurut ahli meteorologi, Justin Lock, fenomena 'Fire Rainbow' muncul karena ada awan cirrus dengan kristal es di ketinggian.

Liputan6.com, Carolina - Pemandangan atas langit di Lowcountry, Carolina Selatan, Minggu 16 Agustus 2015 terlihat tidak biasa. Sebab masyarakat dipertontonkan sebuah fenomena langka "fire rainbow" atau pelangi seperti semburan api berwarna-warni.

Seorang bernama Tracey Smith, berhasil mengabadikan foto indah tersebut saat mengunjungi Isle of Palms. Dia mengatakan pembentukan awan itu berlangsung selama 1 jam.

Menurut ahli meteorologi, Justin Lock, fenomena 'Fire Rainbow' muncul karena ada awan cirrus dengan kristal es di ketinggian. Saat sinar matahari menerpa kristal es dari sudut yang tepat, maka "Fire Rainbow" pun  tercipta.

"Untuk menghasilkan warna pelangi, sinar matahari harus memasukkan kristal es pada sudut yang tepat untuk memberikan efek warna spektrum seperti sebuah prisma. Matahari harus berada pada ketinggian minimal 58 derajat di atas cakrawala," kata Lock seperti dikutip dari 14news.com, Rabu (19/8/2015).

Menakjubkan!

(Stevanie Adeline/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini