Sukses

Aneh Tapi Nyata, Ikan Lele Memanjat Dinding Gua

Aneh tapi nyata, itulah yang terjadi. Makhluk air itu benar-benar berada 1 meter di atas permukaan air.

Liputan6.com, Napo - Sekelompok peneliti mendapatkan kesempatan langka melihat ikan sejenis lele tengah memanjat dinding gua. Aneh tapi nyata, itulah yang terjadi. Makhluk air itu benar-benar berada 1 meter di atas permukaan habitat hidupnya sehari-hari.

Para peneliti mengaku belum pernah mendapati spesies ikan itu memanjat di luar air.

Laman Daily Mail menyebutkan, ikan sejenis lele ini memanjat dinding gua untuk mencapai makanannya -- lumut -- yang ada di langit-langit gua dekat Tena di distrik Napo, Ekuador.

Menurut para ilmuwan, ikan Chaetostoma microps yang merupakan anggota keluarga lele berkepala keras Loricariidae tersebut lazim berada di beberapa bagian Amazon -- baik di Ekuador maupun Peru.

Ikan ini memiliki mulut yang bisa menghisap, sehingga ia mampu menempel ke bebatuan dan pepohonan di lingkungan berarus deras.

Ikan jenis ini menyantap lumut dengan menggunakan mulutnya yang berbentuk penghisap, yang dipakainya juga untuk menempel ke batu cadas ataupun pohon selagi berada di dalam arus deras.

(Alx/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.