Sukses

Mengintip Latihan Menembak Meriam di Kapal Perang

Suatu klip video lawas menayangkan pedoman latihan penggunaan meriam kapal perang.

Liputan6.com, Jakarta Suatu klip video lawas menayangkan pedoman latihan penggunaan meriam kapal perang. Klip video itu termasuk dalam informasi yang telah menjadi ranah khalayak (public domain) dan diterbitkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.

Latihan pengembakan dengan meriam bergaristengah 50 centimeter itu sendiri diberi nomor urut MN-9321c dan merujuk kepada kapal-kapal perang kelas Iowa. Meriam 50 centimeter merupakan meriam baku untuk kapal-kapal perang kelas Iowa tersebut.

Dalam keterangan klip video yang diunggah oleh akun Jeff Quitney ini disebutkan bahwa tayangan ini telah mendapat perbaikan teknis, terutama pemotongan sisi-sisi kasar video lawas itu dan peningkatan mutu suara.

Panjang laras meriam adalah 20 meter dengan berat masing-masing meriam pada 108.000 kilogram (tanpa menghitung berat pelatuk).

Peluru yang ditembakkan seberat 850 kilogram hingga 1.200 kilogram dengan kecepatan hingga 820 meter/detik. Jarak jangkauannya hingga 39 kilometer. Pada jarak terjauh itu, peluru akan mencapai sasaran dalam waktu 1,5 menit.

Setiap rumah meriam memerlukan 94 orang untuk operasinya. Setiap larasnya berharga 1,4 juta dollar (lebih dari 1,8 miliar rupiah).

Masing-masing laras dapat memiliki sudut tembak masing-masing dan ditembakkan sendiri-sendiri. Kapal perang kelas ini sanggup untuk menembakkan bahkan hingga 9 larasnya sekaligus.

Sudut tembakan laras meriam dapat diatur dari −5 derajat hingga ke +45 derajat. Selain itu, rumah meriam dapat berputar 300 derajat dengan kecepatan 4 derajat/detik. (Alx/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini