Sukses

Astaga, ‘Astronot’ Ini Terlempar Dari Stasiun ISS

Sebuah video mencengangkan menayangkan gambar ‘astronot’ terlempar dari stasiun ruang angkasa dan tidak kembali lagi.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video mencengangkan menayangkan gambar ‘astronot’ terlempar dari stasiun ruang angkasa dan tidak kembali lagi.

Video yang ditayangkan NASA ini mengingatkan kepada kejadian dalam film ‘Gravity’ yang menceritakan astronot/antariksawan yang terlepas dari kapal induknya dan terjebak mengelilingi orbit bumi.

Namun demikian, dalam kisah nyata ini, ternyata penampakan antariksawan itu adalah suatu percobaan ilmiah di International Space Station (ISS).

Dikutip dari sejumlah sumber, percobaan ini menggunakan pakaian antariksa bekas pakai Orlan buatan Rusia menjadi satelit kecil yang membawa sejumlah pemancar radio dan pengukuran jarak jauh (telemetry). Percobaan itu dijuluki “SuitSat”.

Menurut Frank Bauer dari Goddard Space Flight Center di NASA, “SuitSat adalah gagasan dari Rusia, salah satu dari rekanan kami dalam program ISS…dengan gagasan begini: mungkin kita bisa menggunakan pakaian antariksawan bekas menjadi satelit.”

Percobaan ini sendiri sebetulnya dilakukan pada 3 Februari 2006 lalu dan pakaian bekas itu mengorbit bumi hingga 7 bulan lamanya sebelum akhirnya terhisap oleh gaya tarik bumi dan jatuh terbakar habis ketika memasuki atmosfir bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini