Sukses

Perbedaan Pit Stop Balap Formula 1 Sesuai Jaman

Perbedaan teknologi dalam dunia balap menunjukkan perbedaan yang dapat terukur.

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan teknologi dalam dunia balap menunjukkan perbedaan yang dapat terukur.

Sebuah video yang ditayangkan di YouTube memberikan kesempatan kepada para pemirsanya untuk membandingkan kemajuan teknologi dalam dunia balap yang berpengaruh kepada waktu ‘pit stop’, yang merupakan saat penggantian ban dan pengisian bahan bakar.

Dalam tayangan itu, terlihat perbandingan proses ‘pit stop’ balapan Indianapolis 500 tahun 1950 dengan ‘pit stop’ di balapan Formula 1 di Melbourne pada tahun 2013.

Di tahun 1950, proses ‘pit stop’ terhadap mobil bernomor 3 yang dikemudikan oleh Bill Holland memerlukan waktu sedikitnya 67 detik.

Dari situs resmi Formula 1, diketahui bahwa Bill Holland selesai di urutan ke dua dalam lomba yang terpaksa dihentikan karena hujan. Ia menyelesaikan 137 lap, walaupun seharusnya ada 200 lap yang seharusnya diselesaikan seandainya cuaca memungkinkan.

Sementara itu, dalam tayangan ‘pit stop’ di Melbourne di tahun 2013, proses ‘pit stop’ hanya berlangsung kurang dari 2 detik saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.