Sukses

Ikan Penggigit Testis

Ikan pacu ini dikenal di Papua Nugini sebagai 'The Ball Cutter' alias pemotong testis.

Liputan6.com, Jakarta - Ikan bergigi besar ini -- yang susunan giginya mirip manusia-- adalah sepupu piranha. Meski tak setajam piranha, gigi ikan pacu mampu memutus tali pancing bahkan jari manusia. Pacu juga ikan vegetarian yang tidak makan daging.

Meski menjadi bagian dari keluarga yang sama, ikan pacu memiliki tubuh lebih tebal, rahang kuat dan gigi yang mirip susunan gigi pada manusia. Tak seperti piranha yang punya gerigi tajam mematikan.



Ikan pacu dikenal di Papua Nugini sebagai 'The Ball Cutter' alias pemotong testis. Di negara yang berbagi batas dengan wilayah Papua, Indonesia itu, ikan itu bertanggung jawab atas kematian 2 nelayan. Korban tewas karena kehabisan darah setelah ikan pacu menggingit testis mereka.

Ikan pacu, yang asal usulnya dari Amerika Latin ditemukan oleh para nelayan di Selat Oresund, di Denmark dan Swedia. Demikian ujar ahli dari Museum Sejarah Alam Denmark.

Kalau vegetarian, mengapa Pacu membahayakan para perenang? Begini penjelasannya: ikan tersebut senang sekali mengunyah kacang dengan giginya yang besar. Terkadang ia salah mengira organ reproduksi pria sebagai makanan favoritnya.

Seperti piranha, ikan pacu berasal dari Amazon, Brasil dan diperkenalkan ke Papua Nugini untuk meningkatkan jumlah ikan untuk dipancing. (Ein/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini