Sukses

Babi Langka Berbulu Domba

Secara fisik, binatang ini memiliki tubuh seperti babi. Namun yang membuatnya berbeda adalah bulu keriting mirip domba. Lihat saja.

Liputan6.com, Budapest - Babi umumnya memiliki bulu tipis berwarna putih yang menyelimuti kulit berwarna merah muda. Namun hewan omnivora yang satu ini tak demikian.

Secara fisik, binatang ini memiliki tubuh seperti babi. Namun yang membuatnya berbeda adalah bulu keriting mirip domba. Itulah mengapa hewan ini dijuluki domba-babi atau sheep-pig.



Binatang unik ini ada di Hungaria timur. Merupakan babi langka jenis Mangalica.

Mangalitsa atau juga dikenal sebagai Mangalica merupakan salah satu ras babi paling langka di dunia yang berasal dari Hungaria. Ras ini mengalami pertumbuhan rambut yang tidak biasa, yang sekilas menyerupai bulu domba.

Bulu mangalitsa bisa berwarna hitam atau merah, ada juga beberapa yang berwarna putih. Tetapi yang paling umum ditemui adalah yang berwarna pirang.




Mangalica pertama kali dikembangbiakkan sekitar tahun 1830-an, pada masa Kekaisaran Austro-Hungaria. Saat itu Archduke Joseph Anton Johann, anak ketujuh dari Kaisar Romawi Leopold II, menerima hadiah babi Sumadija dari seorang pangeran Serbia, babi-babi itu kemudian dikawinkan dengan babi lain dari jenis Bakony dan Szalonta.

Dari situlah babi mangalitsa ini berasal. Mangalitsa tidak butuh perawatan khusus dan ras babi ini sangat mudah besar, lemak babi ini mencapai 65 sampai 70 persen dari berat tubuhnya. Namun seiring berjalannya waktu, populasi hewan omnivora itu kian berkurang.

Perkembangbiakan si sheep-pig ini diselamatkan dari ambang kepunahan oleh upaya genetika hewan Peter Toth.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.