Sukses

George Bush Tantang Bill Clinton Ikut Aksi Ice Bucket Challenge

Tantangan itu merupakan hadiah Bush untuk Clinton yang baru saja merayakan ulang tahun ke 68.

Liputan6.com, New York - Fenomena tantangan mandi air es atau yang biasa disebut ice bucket challenge terus merambah ke sejumlah tokoh atau public figure dunia. Kini tantangan tersebut juga dilakukan oleh mantan Presiden Amerika Serikat George Walker Bush.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (21/8/2014), Presiden AS ke 43 itu dibantu istrinya Laura Bush untuk mengguyurkan ember berisi air es ke tubuhnya.

Sesuai aturan main, Bush menantang koleganya sesama mantan Presiden AS Bill Clinton. Sambil berkelakar, tantangan itu ia tujukan sebagai hadiah untuk Clinton yang baru saja merayakan ulang tahun ke 68.

Aksi-aksi mandi es ini juga telah dilakukan oleh banyak tokoh dunia, mulai dari kalangan pengusaha, selebriti, atlet, hingga pejabat pemerintahan.

Sebelumnya, Bill Gates pendiri Microsoft juga melakukan aksi mandi es setelah menerima tantangan dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Selain itu, sejumlah artis seperti Lady Gaga, Siwon Suju, Justin Bieber, Selena Gomes, Oprah Winfrey juga tak mau ketinggalan melakukan aksi yang sama.

Di dunia olahraga, para atlet juga antusias melakukan aksi mandi es. Seperti Darren Fletcher, Cristiano Ronaldo, David Beckham, Neymar, Irvan Bachdim, Tiger Woods dan Rory McIlroy. Bahkan keluarga besar mantan Presiden AS Kennedy juga tak ketinggalan untuk berpartisipasi.

Tantangan ice bucket challenge digagas oleh sebuah yayasan yang mengumpulkan dana untuk penelitian Amyotropic Lateral Sklerosis (ALS) atau penyakit syaraf degeneratif. Penyakit ini ditandai dengan melemahnya fungsi otot, kesulitan berbicara, kesulitan menelan, hingga kesulitan bernapas.

Orang yang terkena tantangan ini harus merespons dalam waktu 24 jam. Penerima tantangan berhak menantang 3 orang lainnya dan harus mengunggah rekaman aksinya ke internet kemudian menyumbang US$ 10 untuk yayasan ALS. Sedangkan penolak tantangan diwajibkan menyumbang US$ 100 atau sekitar Rp 1,1 juta. (Riz)

Baca juga:

Tren Tantangan Mandi Es, dari Bill Gates hingga Barack Obama

Ice Bucket Challenge, Triliuner Nyentrik Disiram 5 Ember Air Es

Cara Aman Jalankan Tantangan Mandi Es

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.