Sukses

Gempa 5,3 SR Guncang Los Angeles, Disneyland `Terganggu`

Los Angeles diguncang gempa berkekuatan 5,1 skala Richter. Beberapa gempa susulan pun sempat terjadi setelahnya.

Liputan6.com, Los Angeles - Los Angeles diguncang gempa berkekuatan 5,1 skala Richter. Beberapa gempa susulan pun sempat terjadi setelahnya.

"Dilaporkan Jumat 28 Maret malam, satu mil dari La Habra, California," demikian informasi dari Badan Survei Geologi AS (USGS) seperti dimuat LA Times, Sabtu (29/3/2014).

Badan tersebut menyebutkan, gempa terjadi pada 21.09 waktu Pasifik. Pada kedalaman 0,6 mil.

"Pusat gempa berada 1 mil dari Brea California, 3 mil dari Rowland Heights California, 3 mil dari Fullerton California dan 337 kilometer dari Phoenix Arizona," urai USGS.

Sementara gempa susulan dilaporkan USGS pada pukul 21.33, berkekuatan 3,6 SR di La Habra. Pihak USGS juga menyebutkan, gempa berkekuatan 5.3 SR terjadi beberapa menit setelah 2 gempa yang lebih kecil.

Getaran gempa tersebut ternyata juga dirasakan di tempat permainan Disneyland. Banyak tamu memposting status di media sosial, bahwa banyak permainan dihentikan. Hal itu dilakukan sebagai tindakan pencegahan jatuhnya korban. Taman tersebut terletak di selatan pusat gempa.

Sementara di Hacienda Heights, beberapa mil sebelah barat dari pusat gempa, beberapa benda yang tergantung di dinding dilaporkan jatuh. Tapi tidak ada laporan tentang kerusakan yang lebih serius.

Di Orange, beberapa mil di sebelah timur dari pusat gempa, pelanggan di BJs Brewery yang biasanya riuh dengan percakapan tiba-tiba hening dan tegang. Lampu LED di ruangan itu bergoyang. Susunan botol Vodka di belakang bar juga. Usai guncangan gempa itu, para pengunjung kafe pun bertepuk tangan. Karena tak ada satu pun yang jatuh maupun rusak.

Warga di Orange County melaporkan, gempa berlangsung selama sekitar 10 detik. Mereka mengatakan merasa gemetar bertahap.

Gempa itu dirasakan di sebagian besar Southern California. Tidak ada laporan kerusakan sejah ini. Los Angeles Fire Department mengungkapkan, guncangan itu menjadi modus darurat dan mereka mencari tanda-tanda kerusakan atau koraban cedera.

Dalam 10 hari terakhir, telah terjadi gempa berkekuatan 3,0 dan yang lebih besar berpusat di dekatnya.

Baca Juga:

[VIDEO] Beverly Hills Gempa 4,4 SR, Pembawa Berita Ngumpet

Kebakaran Pesawat EgyptAir Kuak Misteri Malaysia Airlines MH370?

Mesin Pesawat Swiss Jet Meledak, Bandara London City Ditutup

Bisakah Ilmu Matematika Pecahkan Misteri MH370?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini