Sukses

Mendagri Optimistis Pilkada Tepat Waktu

Mendagri M. Ma`ruf menilai unjuk rasa dari pendukung salah satu pasangan kandidat marak akibat kurangnya pemahaman mengenai proses pilkada. Pilkada dipastikan mulai Juni mendatang.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri M. Ma`ruf optimistis pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) tepat waktu. Maraknya unjuk rasa dari pendukung salah satu pasangan kandidat di sejumlah daerah dinilai akibat kurangnya pemahaman mengenai proses pilkada. "Saya yakin masyarakat bisa dididik," kata Ma`ruf di Jakarta, Selasa (17/5).

Menjelang pilkada Juni mendatang kericuhan antarwarga memang kerap terjadi. Pemicu utama umumnya karena ketidakpuasan calon yang diunggulkan tidak lolos proses verifikasi. Di sisi lain, aturan kampanye masih banyak dilanggar para calon kepala daerah [baca: Jadwal Belum Disusun, Kandidat Bupati Karawang Tetap Berkampanye]. Sejauh ini, pelanggaran itu masih ditoleransi panitia pengawas pemilihan setempat dengan hanya memberi teguran.(KEN/Cindy Agustina dan Dwi Firmansyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini