Sukses

Tuntaskan Permasalahan Rambut Rontok untuk Perempuan Berhijab dengan Cara Ini

Jakarta Permasalahan rambut rontok adalah gangguan yang sering menghantui perempuan berhijab. Walaupun sudah disiplin keramas, membersihkan kulit kepala dan rambut tetap saja, permasalahan rambut rontok kerap muncul.

Banyak penyebab mengapa rambut yang tertutup hijab mudah mengalami kerontokan, dari perawatan rambut yang belum sesuai dengan kebutuhan kulit kepala dan rambut, sampai jenis hijab yang tidak memenuhi standar kesehatan kulit kepala. 

Dari pengalaman tim beauty FIMELA yang juga mengenakan hijab, kami memiliki tips hijab beauty untuk mengatasi masalah rambut rontok ini. Apa saja? 

1. Gunakan shampoo sesuai permasalahan rambut

Selain fokus pada perawatan rambut rontok, penting untuk diketahui adalah apa akar permasalahan yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Apakah kulit kepala lembap? kulit kepala berminyak? kulit kepala kering hingga berketombe? Ketiga faktor tersebut adalah penyebab mengapa akar rambut rapuh dan rambut pun mundah rontok. 

Saran FIMELA, pilihlah shampoo berbahan natural, tanpa kandungan SLS. Misal, yang mengandung minyak zaitun, minyak kelapa, aloe vera,--dimana ketiga jenis tumbuhan alami ini bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Last but not least, jangan lupa untuk selalu mengakhiri ritual keramas dengan kondisioner sejenis ya. 

Our Suggested Shampoo: Petal Fresh Shampoo - Grape Seed & Olive Oil

2. Vitamin rambut itu wajib!

Sama seperti kulit wajah dan tubuh, kulit kepala pun memerlukan asupan vitamin. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam vitamin rambut bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala, seperti menguatkan akar rambut, dan melindungi kulit kepala dari radikal bebas. Untuk perempuan hijab, asupan nutrisi untuk akar rambut sangat dibutuhkan untuk melindungi rambut dari kelembapan akibat keringat yang dapat memicu munculnya bakteri di kulit kepala. 

Our Suggested Product: SENSATIA BOTANICALS Argan Rose & Jasmine Nurturing Hair Oil

3. Gunting rambut minimal 3 bulan sekali

Jika tidak ingin mengganti model potongan rambut saat ini, itu tidak masalah. Namun, untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap sehat dari akar hingga ujung, gunting lah rambut minimal 3 bulan sekali,--paling tidak membuang ujung rambut yang mulai rapuh, kering, atau bercabang. 

Our suggestes salon for hair cut: Tony and Guy, Colony, Kemang, Jakarta Selatan 

 

4. Manjakan rambut dengan perawatan rambut salon kecantikan

Creambath, hair mask, masker, dan masih banyak perawatan rambut yang bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit kepala, yang bisa kita dapatkan di salon kecantikan. Ragam perawatan rambut itu pun menyediakan khusus untuk masalah rambut yang sedang kita alami, seperti rambut rontok. Selanjutnya, terapis salon akan mencari akar permasalahan rambut rontok kita, dan mulai mengatur tahapan perawatan rambut apa saja yang dibutuhkan, agar rambut rontok dapat diatasi. 

Jenis perawatan rambut bermasalah ini pun memiliki durasi waktu. Ada yang harus dilakukan selama sebulan 2 kali, atau 1 kali dalam seminggu. Untuk hasil terbaik, kita dapat melakukan konsultasi dulu ya. Salon kecantikan yang biasanya menyediakan service konsultasi ini, biasanya adalah salon-salon yang terdapat produk perawatan shampoo L'Oreal, Matrix, Shiseido, dan Kerastase. 

Our suggested salon for hair treatment: Irwan Team Salon 

5. Pakailah hijab yang dapat menyerap keringat

Untuk kesehatan kulit kepala dan rambut, bahan hijab yang kita gunakan sehari-hari, pun mempengaruhi. Pilihlah bahan hijab yang dapat menyerap keringat. Voal, adalah bahan hijab yang sedang tren saat ini. Bahan hijab dengan tekstur yang lembut, tidak panas, dan paling penting dapat menyerap keringat hingga tidak membuat kulit kepala dan rambut lembap dan beraroma tidak sedap.

Our suggested hijab: JENAHARA PLAIN SCARF 

6. Sesuaikan sisir sesuai tipe rambut 

Tidak semua sisir baik digunakan untuk semua jenis rambut. Sisir untuk rambut halus, kurang baik digunakan untuk rambut bergelombang. Sisir untuk rambut keriting berbeda dengan sisir untuk rambut lurus tebal. Jika kita salah memilih sisir,  akar rambut akan mudah rapuh hingga rambut bisa tercabut dan rontok. Amannya, pilihlah sisir dengan tekstur sikat yang lembut. 

Our suggested hair-brushes: Tangle Teezer Brush 

Penulis: Arisa

SumberL Fimela.com

Artikel Selanjutnya
Rambut Sehat dan Berkilau dengan Minyak Lavender
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Daun Jelatang dari Obati Jerawat Sampai Usir Ketombe