Sukses

Cara Terbaik Melakukan Eksfoliasi untuk Setiap Jenis Kulit

Liputan6.com, Jakarta Banyak mitos tentang perawatan kulit, termasuk masalah eksfoliasi. Beberapa orang percaya bahwa eksfoliasi hanya boleh dilakukan oleh Anda yang memiliki kulit kering dan dehidrasi.

Faktanya, eksfoliasi seharusnya menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan kulit setiap orang. Eksfoliasi tidak hanya akan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, namun juga memperkecil tampilan pori-pori.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah cara terbaik melakukan eksfoliasi untuk setiap jenis kulit. Penasaran?

1. Kulit kering

Cobalah lotion AHA atau asam alfa hidroksi sangat efektif untuk eksfoliasi kulit kering, karena dapat melarutkan lem yang mengikat sel-sel mati di permukaan kulit.

Campuran antioksidan anti penuaan dan minyak tumbuhan bergizi dalam lotion ini dapat menenangkan dan melembapkan kulit, membuatnya lebih halus, lembut, dan cerah. Pijatkan lotion ini ke wajah dua kali dalam sehari untuk mendapatkan kulit bercahaya yang diinginkan, kemudian lapisi dengan pelembap atau serum.

2. Kulit kombinasi

Cobalah 2% cairan BHA. BHA adalah singkatan dari beta hydroxy acid atau lebih dikenal sebagai asam salisilat yang ideal untuk kulit dengan banyak masalah.

BHA dapat bekerja cepat untuk mengatasi masalah pori-pori tersumbat dan memperbaiki tekstur keseluruhan kulit, serta menghidrasi di saat yang bersamaan. BHA adalah eksfoliator cair, sehingga cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan merendam kapas ke dalamnya dan tepuk-tepuk ke seluruh bagian kulit wajah.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Kulit berminyak dan aging

3. Kulit berminyak

Bagi kulit berminyak, melakukan eksfoliasi dengan 2% BHA juga sudah cukup. Eksfoliator cair dapat membersihkan pori-pori tersumbat, membuatnya terlihat lebih kecil.

BHA juga memiliki antioksidan yang melindungi kulit dari polusi yang memicu kelebihan produksi sebum dan membuat kulit terlihat berkilau. BHA ini dapat Anda aplikasikan semalaman tanpa perlu dibilas.

4. Kulit aging

Garis-garis halus, kusam, dan bintik-bintik gelap, beberapa tanda-tanda penuaan yang muncul ini bisa Anda atasi dengan 5% AHA. Formula ini dapat mempercepat pergantian sel tanpa sifat abrasif.

Selain itu, formula ini mengandung antioksidan yang membantu kulit cepat menyembuhkan dirinya sendiri dari bekas merah yang mungkin muncul akibat jerawat. Apapun yang Anda pilih, jangan lewatkan SPF setelah menggunakan produk ini.

3 dari 3 halaman

Kulit berjerawat dan sensitif

5. Kulit berjerawat

Gunakan larutan eksfoliasi dengan 2% asam salisilat ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Asam salisilat dapat masuk ke dalam pori-pori untuk mengurangi jerawat dan komedo, sementara bahan lainnya, seperti allantoin dapat menenangkan peradangan yang dapat memperburuk keadaan kulit Anda.

6. Kulit sensitif

Cobalah lotion 1% BHA untuk melakukan eksfoliasi yang ringan. Formula ini cukup untuk melembapkan kekeringan dengan perlahan, sementara ekstrak tumbuhan, seperti teh hijau dan ramuan willow dapat menenangkan iritasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.