Sukses

Memahami Manfaat Eksfoliasi untuk Kulit Lembut Bercahaya

Simak di sini panduan untuk memahami eksfoliasi lebih mendalam, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda ketahui tentang eksfoliasi? Apa Anda rutin melakukan eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah proses membuang sel-sel kulit mati, baik secara lembut, maupun lebih agresif untuk memunculkan kulit baru yang lebih lembut. Tahukah Anda bahwa tubuh sendiri sudah melakukan eksfoliasi secara rutin?

Dilansir dari sheknows.com, Senin (25/6/2018), kulit menghasilkan sel-sel kulit baru, bergerak dari lapisan terendah epidermis ke lapisan atas, kemudian melepaskan kulit mati. Pada dasarnya, proses eksfoliasi ini terjadi secara alami.

Sayangnya, proses ini akan melambat seiring bertambahnya usia. Keuntungan melakukan eksfoliasi adalah menghilangkan lapisan sel kulit mati, memungkinkan kulit untuk bernapas, dan membunuh bakteri yang mungkin terperangkap di bawah pori-pori tersumbat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panduan untuk memahami eksfoliasi lebih mendalam

Eksfoliasi juga meningkatkan produksi kolagen. Dengan menstimulasi sistem limfatik dengan eksfoliasi, darah meningkat di area tertentu, menghilangkan kotoran, dan mengurangi peradangan.

Eksfoliasi seringkali disamakan dengan proses yang kasar. Faktanya, eksfoliasi bisa dilakukan dengan lebih lebut dan melalui bahan kimia, seperti asam laktat.

Seiring waktu, eksfoliasi yang dilakukan dengan keras dan kasar hanya akan melemahkan fungsi kulit, menyebabkan lebih banyak peradangan. Jika fungsi penghalang kulit rusak, kulit akan menjadi rentan terhadap infeksi dari mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur, menyebabkan iritasi.

3 dari 3 halaman

Panduan untuk memahami eksfoliasi lebih mendalam

Eksfoliasi fisik VS eksfoliasi kimia

Banyak cara untuk melakukan eksfoliasi. Jika Anda baru akan memulainya, maka cobalah dengan produk dan bahan yang diberikan oleh dokter kulit.

Secara umum, eksfoliasi kimia adalah pilihan terbaik untuk membersihkan kotoran, sedangkan pengelupasan fisik bertindak sebagai penyangga untuk melepas sel kulit mati. Jika kulit Anda rentan terhadap jerawat, eksfoliasi dapat membantu mengatasi jerawat dan membersihkan pori-pori.

Asam AHA dan BHA dapat melawan minyak dan menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Asam Alfa hidroksi melakukan eksfoliasi dari lapisan atas kulit, sedangkan asam beta hidroksi larut dalam minyak dan mampu menembus kulit lebih dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.