Sukses

Sadari, 5 Hal yang Membuat Kulit Semakin Berminyak

Simak lima faktor yang membuat kulit kian berminyak.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sering mengeluarkan banyak keringat dalam kondisi wajah yang dirias atau mudah berjerawat, kemungkinan Anda memiliki jenis kulit berminyak. Memiliki kulit yang berminyak bisa membuat orang stres karena harus diberikan perawatan ekstra. Umumnya, orang yang memiliki kulit berminyak, memiliki pori-pori kulit yang besar juga.

Tubuh kita pun menghasilkan minyak untuk menjaga kulit tetap lembut dan lentur. Namun terlalu banyak minyak yang diproduksi akan membuat tampilan wajah menjadi begitu oily. Anda bisa melakukan sejumlah perawatan wajah untuk mengurangi kulit berminyak. Sebelum menentukan perawatan kulit wajah, Anda harus tentukan apa yang menjadi faktor terbentuknya minyak pada wajah Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Fluktuasi hormonal

Salah satu penyebab kulit berminyak adalah konstitusi genetik seseorang. Kelebihan hormon dihidrotestosteron (DHT) dapat memicu kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum. Fluktuasi hormonal bisa menjadi salah satu penyebab utama produksi kelebihan minyak apda kulit. Kadar hormon androgenik yang lebih tinggi dari normal dapat menyebabkan minyak berlebih pada kulit.

2. Faktor lingkungan

Perubahan lingkungan yang ekstrem bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Selain itu, jika Anda tinggal di tempat-tempat dengan kelembapan yang berlebihan juga membuat kulit Anda berminyak. Itu sebabnya, pembersihan tempat tinggal wajib secara rutin dilakukan. Selama musim panas, pastikan Anda membersihkan wajah secara menyeluruh dan memurnikan pori-pori kulit dengan menghilangkan kotoran yang akan menghambat pori-pori.

3. Penggunaan bahan kimia berlebihan

Kosmetik dan bahan kimia lainnya juga memicu minyak pada kulit. Jika Anda memiliki kebiasaan menutupi jerawat dengan riasaan, sudah saatnya Anda menyadari bahwa Anda melakukan penggunakan kosmetik secara berlebihan. Karena ini akan merusak kulit Anda. Melakukan penggosokkan, pengeliupasan kulit dan menggunakan produk perawatan kulit berbahan kimia yang berlebihan juga dapat membahayakan kulit.

Jangan pernah sekali-kali untuk lupa membersihkan wajah dari makeup. keringat dan kotoran akan tetap menempel pada riasan Anda. Gunakan toner alami untuk membersihkan wajah. Seperti menggunakan air mawar.

3 dari 3 halaman

4. Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Ketika sedang stres, kulit kita menghasilkan hormon andorgen yanng dapat menyebabkan kulit berminyak. Anda bisa melakukan meditasi ataupun yoga untuk mengendalikan stres. Ketika Anda bahagia, maka kulit akan menyerap kelebihan minyak yang dihasilkan.

5. Diet

Penting untuk mengetahui apa yang harus Anda makan dan tidak untuk menghindari terjadinya produksi minyak berlebih pada kulit dalam jangka panjang. Beberapa makanan harus Anda pertimbangkan termasuk dalam diet jika Anda memiliki kulit berminyak adalah mentimun, kacang-kacangan, jeruk bali, buah-buahan mentah, air kelapa, biji-bijian, dan ikan.

Hindari makanan berminyak, pedas, gorengan, junk food, makanan olahan, dan makanan manis. Semua jenis makanan ini memiliki peran penting dalam menginduksi sifat berminyak pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.