Sukses

6 Cara Mudah Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Ramadan

Intip 6 cara mudah untuk menjaga kondisi kulit agar tetap prima selama ramadan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, tubuh akan kekurangan banyak cairan dan rentan mengalami dehidrasi. Namun tahukah Anda, dehidrasi tidak hanya dapat terjadi pada tubuh namun juga bisa terjadi pada kulit.  

Dehidrasi pada kulit tersebut akan menurunkan kadar kelembapan kulit sehingga kulit akan terasa kering, gatal, mengelupas, kusam dan terasa kasar. Lalu bagaimanakah cara mencegahnya?

Dilansir dari Moroccanladies, Rabu (30/05/18), berikut enam cara mudah agar kulit tetap terhidrasi selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Cukup Air

Biasakan untuk menjaga asupan air mineral selama bulan Ramadan. Ada baiknya untuk meminum setidaknya empat gelas pada saat berbuka dan empat gelas pada saat sahur sehingga asupan air pada tubuh tetap terpenuhi.

Hindari paparan sinar matahari

Selama berpuasa, cobalah untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada siang hingga sore hari. Jika Anda tetap harus berada diluar ruangan, maka usahakan untuk selalu berjalan di tempat teduh dan tidak lupa untuk menggunakan tabir surya pada kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari soda dan kafein

Minuman soda dan kafein dipercaya mampu menghisap mineral yang ada pada tubuh sehingga menyebabkan kulit mengering.

Konsumsi kacang-kacangan

Usahakan untuk mengkonsumsi kacang selama Anda berpuasa. Kacang almond dan mete dianggap efektif dalam menjaga kelembapan kulit karena mengandung asam lemak, serat dan protein yang sehat.

 

3 dari 3 halaman

Konsumsi Buah

Buah-buahan seperti stroberi dan bluberry memiliki anti oksidan yang sangat tinggi sehingga dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah kurma juga kaya akan vitamin A, zat besi, kalium, kalsium dan magnesium yang sangat baik bagi kulit.

Gunakan pelembap

Salah satu cara efektif untuk tetap menjaga kelembapan kulit adalah menggunakan pelembap sesering mungkin.

*(Latifah Gusri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.