Sukses

Ternyata Kebiasaan Kucek Mata Bikin Wajah Terlihat Lebih Lelah

jangan sering mengucek mata, pasalnya hal ini dapat membuat Anda jadi terlihat tua.

Liputan6.com, Jakarta Mata lelah bisa disebabkan oleh banyak hal. Selain kurang tidur, mata lelah juga bisa terjadi akibat terlalu lama menatap layar komputer. Biasanya, tanpa disadari kita jadi sering mengucek mata agar merasa untuk lebih baik. Nah ternyata, kebiasaan tersebut dapat berakibat buruk pada mata.

Menurut Anupama B. Horne, M.D., kepala bidang ophthalmologi komprehensif di Pusat Mata Duke. “Typically, we feel the urge to rub our eyes when they're itching or irritated—or simply because we're feeling stressed”. Ya, biasanya kita ingin menggosok mata saat merasa stress atau capek. Horne juga menambahkan, menggosok mata dapat merangsang produksi air mata yang dapat melembapkan mata kering atau kelelahan. Tapi jika kita menggosok mata terlalu keras dan terlalu sering dapat merusak mata dan struktur lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengucek Mata

Bila ada sesuatu yang menempel pada mata, seperti debu atau partikel asing. Otomatis membuat kita refleks untuk menggosoknya dan secara tidak sadar kornea mata robek, kemerahan dan lebih peka terhadap cahaya. Selain itu, terlalu sering menggosok mata menyebabkan kulit di sekitar mata lebih gelap dan membuat mata terlihat kuyu.

Lalu, apakah menggosok mata dapat menganggu penglihatan juga?

3 dari 3 halaman

Mengucek Mata

"On a deeper level, in some genetically or otherwise predisposed patients, excessive rubbing of itchy eyes can cause progressive thinning and shape change of the cornea, known as keratoconus,” jadi ada kemungkinan berpengaruh pada penglihatan jika secara genetis atau menggosok terlalu berlebihan hingga iritasi. Keratoconus dapat secara signifikan mengurangi penglihatan. Jika itu terjadi, kemungkinan perlu tindakan operasi agar mata normal kembali.

Bagi pengguna kontak lensa lebih berhati-hati saat menggosok mata, karena kontak lensa bisa menggores kornea. Solusinya, untuk mencegah hal-hal tersebut, teteskan obat mata untuk melembapkan mata saat terasa gatal. Coba juga teknik pernapasan agar terasa lebih rileks dan tidak lagi menggosok mata saat stress atau kelelahan. Agar lingkar hitam bawah mata berkurang, aplikasikan eye cream setiap malam dan lakukan massage secara perlahan.

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.