Sukses

Akankah Sepatu Canggih Film Back to the Future Jadi Tren Fesyen?

Nike wujudkan sepatu canggih di film Back to the Future, akankah sepatu tersebut menjadi tren fesyen di tahun 2015?

Liputan6.com, Amerika Serikat- Ingatkah Anda dengan film `Back to the Future`? Film yang rilis pada tahun 1989 ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Marty McFly, diperankan oleh Michael J. Fox. Dalam film tersebut, Marty berkelana ke masa depan bersama dengan kawannya Dr. Doc, yang diperankan oleh Christoper Lloyd.

Saat berkelana menggunakan mesin waktu tersebut, Marty Mcfly dan Dr.Doc singgah pertama kali pada 21 Oktober 2015. Ya, tahun baru yang akan segera kita sambut kedatangannya. Dalam film tersebut, perkembangan teknologi telah berkembang sangat pesat. Mobil terbang, stakeboard melayang, hologram, dan sebagainya.

Salah satu teknologi unik di film tersebut adalah Power-Lacing Shoes. Sepatu bermerek Nike ini bisa mengikat talinya sendiri. Bahkan, sepatu ini juga bisa menyesuaikan ukuran pergelangan kaki para penggunanya. 

Seperti yang dilansir dari DailyMailUK, Senin (29/12/2014), perusahaan sepatu bermerek Nike terinspirasi untuk membuat sepatu bertali listrik seperti dalam film tersebut. Kabarnya juga, sepatu ini akan dirilis pada tahun 2015.

Rumor mengenai perusaahaan Nike sedang menggeluti teknologi ini sebenarnya memang sudah beredar sejak tahun 2010 saat Nike mengajukan permohonan hak paten untuk `sepatu dengan pengikat tali otomatis`.

Sang penemu, Blake Bevin menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai sensor yang dipasang di bagian atas sepatu. Ketika seseorang berjalan, sensor akan membaca gaya tekanan kaki sehingga bisa melonggarkan atau mengetatkan tali sepatu.

Berminat untuk memiliki sepatu ini? Mungkinkah sepatu ini akan menjadi tren fesyen di tahun 2015? Namun sayangnya, baru sekitar 1.500 model yang dibuat dan dijual melalui eBay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.