Sukses

4 Kiat Tetap Awet Muda dan Sehat dari Dr. Martha Tilaar

Di usia yang sudah memasuki 77 tahun, Dr. (HA) Martha Tilaar, masih tetap terlihat ayu, sehat, dan segar. Wanita ini membagi kiatnya.

Liputan6.com, Jakarta Di usia yang sudah memasuki 77 tahun, pendiri perusahaan kosmetik Sari Ayu, Dr. (HA) Martha Tilaar, masih tetap terlihat ayu, sehat, dan segar.

Ketika ditemui oleh Liputan6.com dalam peluncuran Bali Pranaya, rangkaian produk terbaru Dewi Sri Spa dari Martha Tilaar di Museum Nasional jakarta, Senin (14/4/2014), wanita yang baru saja memperoleh penghargaan dari Sekjen PBB dalam UN Global Compact Leaders Summit di New York ini membagi rahasia sehat dan awet mudanya.

Yang pasti, kiat-kiat ini bukan hanya mudah untuk dijalankan, namun juga sudah terbukti keefektifannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hanya menggunakan bahan alami untuk perawatan kulit dan tubuh

Pengalamannya mempelajari bahan alami selama puluhan tahun ditambah dengan berbagai penelitian mengenai bahan alami dan kulit, membuat Martha Tilaar menyadari bahwa untuk perempuan Asia yang jenis kulitnya cenderung lebih tipis, seharusnya lebih berhati-hati dalam merawat kulit wajah.

“Perawatan wajah dan kulit dengan bahan alami dapat membuat kulit lebih terjaga kekenyalannya sehingga selalu sehat dan terlihat awet muda,” kata wanita kelahiran 4 September 1937 ini.

3 dari 5 halaman

Bangun pagi dan Menghirup Udara Segar

Setiap hari, istri dari Prof. Dr. H.A.R Alex Tilaar ini bangun pukul 4 atau 4.30 pagi. “Setelah itu, saya akan menjalani latihan pernapasan sebelum mulai menjalani aktifitas lainnya,” tuturnya. Latihan pernapasan dijalaninya secara rutin selama tiga kali dalam seminggu.

Di hari tanpa latihan, ia memilih untuk membaca di taman atau area dengan udara terbuka. “Menghirup udara pagi, sangat baik untuk kesehatan tubuh,” ungkapnya.

4 dari 5 halaman

Konsumsi sayur dan buah

Wanita anggun ini dengan terbuka mengatakan bahwa ia menjalani diet sayur dan diet buah, serta membatasi konsumsi daging-dagingan. “Di usia saya yang memasuki gracious age, saat ini saya lebih banyak mengonsumsi kecambah dan kedelai, ditambah dengan buah-buahan lainnya,” tuturnya.

5 dari 5 halaman

Selalu Berpikir Positif

Tidak ada yang dapat mengalahkan pikiran positif sebagai bagian dari hidup yang sehat. Dr. Martha Tilaar mengaku bahwa menjalani hidup dengan lebih banyak berpikir positif sangat membantu mengurangi beban hidup yang dapat menyebabkan stres dan penuaan dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.