Sukses

Efek Jangka Panjang Overdosis Demi Lovato Jadi Pengingat Hidup Lebih Baik

Demi Lovato mengungkapkan bahwa dia terus berjuang melawan masalah kesehatan karena "komplikasi" dari overdosis obat

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, Demi Lovato berbicara terus terang tentang tantangan kesehatannya di SiriusXM's Andy Cohen Live Wednesday. Penyanyi "Wouldn't Change a Thing" itu terbuka dalam membahas efek jangka panjang dari overdosis pada tahun 2018 yang hampir fatal itu.

Dilansir dari USA Today, penyanyi berusia 30 tahun itu mengungkapkan bahwa dia terus berjuang melawan masalah kesehatan karena "komplikasi" dari overdosis obat yang dilaporkan lima tahun lalu, yang membuatnya menderita tiga stroke dan serangan jantung. Namun juga menjadi alarm pengingat untuk tidak mabuk lagi.

Demi mengungkapkan masih merasakan efek tersebut yang membuatnya mengalami kerusakan otak dan gangguan pada penglihatan dan pendengarannya.

"Overdosis itu sebenarnya menyebabkan disabilitas, lho," katanya saat wawancara dengan Andy Cohen untuk acara SiriusXM-nya. "Saya memiliki gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran hingga hari ini... Itu hal yang paling harus saya sesali karena apa yang menyebabkan saya hari ini. Seperti, saya tidak bisa lagi mengemudi karena saya memiliki titik buta dalam penglihatan saya."

Demi sebelumnya mengungkapkan dalam serial dokumenter 2021 mereka "Demi Lovato: Dancing With the Devil" bahwa dia mengalami beberapa stroke, serangan jantung, radang paru-paru, dan kegagalan banyak organ akibat overdosis yang hampir fatal pada Juli 2018. Ini membuatnya tunanetra secara hukum ketika terbangun dan tidak bisa melihat, tetapi beruntung penglihatan dia kembali tak lama setelahnya. Makanya dia merasa sangat bersyukur karena itu bisa menjadi lebih buruk.

"Jadi itu adalah pengingat bahwa kondisi saya nyaris menjadi jauh lebih buruk, dan saya bersyukur bahwa itu hanya apa adanya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Overdosis Jadi Pelajaran Hidup

Sejak overdosis, Demi mampu menemukan rasa syukur atas apa yang sebelumnya dia sebut sebagai "titik tergelap dalam hidupku".

"Saya tidak akan mengubah jalan saya karena saya tidak menyesal," katanya. "Adapun hal yang paling saya sesali adalah ketika saya overdosis. Saya berharap saat itu ada orang yang mengatakan kepada saya, satu, bahwa saya cantik, karena saya tidak mempercayainya. Dan dua, saya berharap seseorang akan memberi tahu saya bahwa kalaupun Anda hanya duduk, rasa sakit itu akan berlalu, jadi Anda tidak perlu menggunakannya."

Meskipun dalam serial dokumenter Demi mengungkapkan bahwa dia minum dan menggunakan mariyuana dalam jumlah sedang, Demi menyadari bahwa tidak mabuk merupakan satu-satunya pencegahan masalah.

Penyanyi Skyscraper itu juga merefleksikan seberapa jauh dia berbuat sejak insiden itu, mengungkapkan apa yang telah dia pelajari dari pengalaman traumatis itu.

"Untungnya, dalam keadaan pikiran saya sekarang, yaitu sadar, memiliki pikiran jernih, saya hanya berpikir dalam ruang pikiran yang lebih positif dan saya tidak fokus pada rasa malu sama sekali karena saya tahu saya punya banyak simpati untuk posisi saya saat itu dan pilihan yang saya buat, dan saya mengerti mengapa itu terjadi dan apa yang terjadi," kata mereka kepada Cohen.

"Tapi tidak ada rasa malu yang menyertainya karena itu hanya pelajaran hidup yang harus saya pelajari."

Demi melanjutkan dengan menjelaskan bahwa masalah yang dia hadapi dengan penglihatannya berfungsi sebagai pengingat untuk tidak mabuk-mabukan lagi serta bagaimana dia ingin menjalani hidup ke depannya.

"Setiap kali saya melihat sesuatu - seperti, saya memiliki titik buta dalam penglihatan saya ketika saya melihat wajah Anda," Demi menjelaskan kepada pembawa acara Andy. “Jadi ini adalah pengingat terus-menerus untuk tetap berada di jalan yang benar, karena saya tidak ingin hal itu terjadi lagi.”

 

3 dari 3 halaman

Kehidupan Baru Bakal Dirilis dalam Album

> Album 'Revamped' Demi Lovato merupakan hasil evaluasi ulang segala sesuatu dalam hidupnya

Pada 14 Juli, Demi merilis ulang versi rock dari single 2017 mereka "Sorry Not Sorry," yang menampilkan Slash. Lagu ini akan menampilkan koleksi lagu hits mereka yang akan datang dari sepanjang karir mereka. Album, "Revamped", akan dirilis pada 15 September.

"Saya sadar, dan saya mengevaluasi kembali segala sesuatu dalam hidup saya, termasuk musik saya, dan saya berpikir, 'Apa yang membuat saya bahagia?'" katanya kepada Cohen. "Seperti, itu pertanyaan yang paling penting. Dan saya seperti, 'Yang membuat saya bahagia adalah mendengarkan musik rock dan menampilkan musik rock."

Dalam unggahan Instagram 14 Juli, Demi menulis, "Menghirup kehidupan baru ke dalam lagu-lagu yang memainkan peran besar dalam karier saya telah membuat saya merasa jauh lebih dekat dengan musik saya daripada sebelumnya."

Demi memberi tahu Cohen bahwa mereka tidak akan selalu menjauh dari musik pop selamanya.

"Saya tidak pernah mengatakan tidak pernah karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, tetapi saya benar-benar dipengaruhi oleh musik rock, dan itulah yang membuat saya senang tampil live. Seperti, saya tidak lagi senang menari di atas panggung."

Selama wawancara, Demi juga ditanya dengan siapa dia paling ingin berkolaborasi. Bintang itu mengungkapkan Kelly Clarkson berada di urutan teratas karena dia tumbuh dengan "mengidolakannya".

"Kita hanya harus menemukan lagu yang tepat," godanya.

Revamped juga akan menyertakan kolaborasi dengan gitaris Guns N Roses, Slash, dengan pasangan tersebut bekerja sama dalam lagu Sorry Not Sorry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.