Sukses

Sandang Disabilitas Netra Tak Bikin Putri Ariani Minder: Aku Sudah Senang Seperti Ini

Suara indah dipadukan dengan kemampuan apik bermain piano membuat Putri Ariani mendapat tepuk tangan meriah dari juri dan penonton America's Got Talent (AGT) Season 18.

Liputan6.com, Jakarta - Suara indah dipadukan dengan kemampuan apik bermain piano membuat Putri Ariani mendapat tepuk tangan meriah dari juri dan penonton America's Got Talent (AGT) Season 18. Tak cuma itu, salah satu juri, Simon Cowell, pun memberikan Golden Buzzer.

Tombol Golden Buzzer yang ditekan Simon Cowell ini berarti juri AGT yang terkesan dengan penampilan peserta, memungkinkan seorang penampil ke pertunjukan langsung.

Selain beri Golden Buzzer, juri yang terkenal dengan kritikan pedas itu memberi pujian berulang kali atas kemampuan Putri Ariani dalam America's Got Talent 2023 itu. 

“Dia brilian,” tutur Simon Cowell.

Pujian lain pun meluncur dari pria yang pernah membentuk One Direction itu. "Kamu, aku rasa salah satu penyanyi terbaik yang pernah kita miliki di acara ini," kata Simon ke Putri Ariani.

Penampilan apik remaja 17 tahun kelahiran Kampar, Riau, itu di ajang America's Got Talent juga jadi bukti sosok tunanetra seperti dirinya mampu memukau dunia.

Lahir Prematur

Putri Ariani lahir saat usia kandungan ibu belum cukup bulan. Ia lahir ketika usia kandungan baru enam bulan.

Saat lahir, tepatnya setelah berusia tiga bulan, baru diketahui ada gangguan pada penglihatan. Beragam upaya dilakukan orangtua, termasuk membawa ke Singapura, mencoba operasi serta tindakan lain. Namun, upaya itu tidak berhasil.

"Takdir Allah sudah seperti ini," begitu kata Ariani.

Menyandang disabilitas netra tidak membuatnya berkecil hati. Terbiasa tak bisa melihat membuat hal tersebut adalah normal bagi dirinya.

"Putri enggak ngerasa gimana-gimana sih, kan Putri enggak ada memori penglihatan ya. Jadi, menurut Putri ini normal-normal aja," tutur Putri ketika berbincang dengan Zaskia Sungkar diunggah ke akun Youtube The Sungkars.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putri: Aku Senang Seperti Ini

Putri pernah menyatakan kepada orangtuanya untuk berhenti mencari cara agar dirinya bisa melihat. Dengan kondisi tak bisa melihat, Putri sudah merasa senang.

"Jadi, umur tiga, Putri minta setop (melakukan pengobatan agar bisa melihat. Soalnya, Putri udah senang kayak gini. Enggak usah pakai obat macam-macam. Udah gini aja," katanya santai.

Jawaban bijak yang meluncur dari mulut Putri itu turut membuat Zaskia penasaran. Dari mana remaja tersebut bisa memiliki pemikiran seperti itu?

"Pengalaman saja, terus (bimbingan) orangtua juga."

Putri juga tak menampik kegemarannya membaca turut membuka mata tentang kekuatan seseorang meski punya kekurangan.

"Putri juga sering baca buku, pemikiran orang-orang hebat Putri dalami," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Dalami Flute di Sekolah

Saat menunjukkan bakatnya di America's Got Talent, Putri bernyanyi sambil memainkan piano secara apik. Namun, di sekolah ia tak mendalami vokal maupun piano, melainkan alat musik tiup flute.

Seperti diketahui hingga saat ini Putri masih menjadi siswa di SMKN 12 Bantul atau Sekolah Menengah Musik (SMM) Jogja.

4 dari 4 halaman

Kiprah Putri di Dunia Tarik Suara

 

Nama Putri sudah mencuat beberapa tahun lalu usai menjuarai ajang Indonesia's Got Talent 2014. 

Ia kembali ikut ajang pencarian bakat lewat The Voice Kids Indonesia pada 2017. Saat itu ia masuk tim Bebi Romeo tapi sayang tidak menjadi juara.

Setelah itu, Putri membuat kanal Youtube @putriarianiofficial yang kini telah memiliki 443 ribu subscribers.

Putri kerap meng-cover lagu di Instagram dan TikTok. Sembilan bulan yang lalu, Putri Ariani mengeluarkan single berjudul "Menantimu Kembali".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.