Sukses

Sama-Sama Aktif dan Sulit Fokus, Apa Beda Autisme dan ADHD?

Autisme dan ADHD adalah gangguan perkembangan saraf yang memiliki kesamaan yang sulit dibedakan. Karakteristik keduanya cenderung impulsif, hiperaktif, dan sulit fokus. Lantas, apa beda keduanya?

Liputan6.com, Jakarta Autisme dan ADHD adalah gangguan perkembangan saraf yang memiliki kesamaan yang sulit dibedakan. Karakteristik keduanya cenderung impulsif, hiperaktif, dan sulit fokus. Lantas, apa beda keduanya?

Sebelumnya, Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Frilya Rachma Putri mengatakan, untuk mendiagnosis autisme atau ADHD itu ada banyak faktor penentu.

"Seringkali gejala yang menyertainya itu sangat bervariasi sehingga misalnya pada saat anak dibawa yang menonjol manifestasi perilakunya, itulah yang kita amati. Tapi perilaku itu kan dinamis sehingga sering kali pada saat pertama kali diperiksa bisa berubah yang tadinya tenang kemudian jadi gelisah yang tadinya punya relasi dengan orang tuanya hangat terus kemudian nggak. Jadi banyak faktor," ujarnya dalam video Youtube Xabiru Indonesia dengan tema Mengapa Diagnosa Anakku Berubah-Ubah?, ditulis Selasa (6/6/2023).

Kriteria umum Autisme dan ADHD

Dikutip Verywell-mind, kriteria diagnostik Autisme biasanya ditandai dengan gaya dan perilaku komunikasi sosial yang tidak sesuai dengan norma neurotipikal . Contoh umumnya seperti:

- Tidak nyaman melakukan kontak mata langsung 

- Tidak merespons secara lisan saat dipanggil

- Kesulitan menafsirkan isyarat emosional orang 

- Menggunakan nada, ritme, atau volume suara yang tidak lazim

- Mengulangi kata atau frase tertentu

- Memiliki rutinitas tertentu

Tidak ada  penyebab tunggal autisme. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang autisme cenderung memiliki beberapa kelainan kromosom, seperti Sindrom Fragile X, dibandingkan dengan orang yang tidak autisme. Faktor risiko lain yang meningkatkan kemungkinan berkembangnya autisme meliputi genetik, komplikasi kehamilan dan terlahir dari ibu yang sudah tua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kriteria ADHD

- Mudah terdistraksi

- Kesulitan melakukan tugas dan kegiatan yang terorganisir 

- Sering lupa bahkan pada aktivitas sehari-hari 

- Berbicara berlebihan 

- Sering menginterupsi orang lain ketika sedang berbicara

- Mengalami kesulitan menunggu giliran

 

Meskipun  tidak jelas apa yang menyebabkan ADHD, hal-hal tertentu membuat orang lebih mungkin menderita ADHD. Peneliti menyebut seperti terlahir prematur, paparan dini terhadap racun lingkungan, penggunaan zat tertentu selama kehamilan, Berat lahir rendah, Kerusakan otak  

Seseorang dapat didiagnosis dengan autisme dan ADHD. Namun, tidak ada tes medis atau darah khusus yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis kedua gangguan tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Diagnosis Autisme

Ada acuan khusus yang digunakan psikolog maupun dokter spesialis untuk mendiagnosis autisme ataupun ADHD. Alat diagnostik manual ini disebut juga Statistik Asosiasi Psikiatri (DSM-5-TR).

Dalam tes tersebut, ada beberapa kategori gangguan seperti interaksi sosial, kesulitan komunikasi non-verbal, kurang sensitif terhadap rangsangan sensorik, memiliki rutinitas yang tidak fleksibel dan menjadi tertekan saat hal itu terganggu dan sebagainya.

 

Sejauh ini komunitas autisme mengidentifikasi kondisi gangguan spektrum ini bukan sebagai kecacatan. Sebab neurodivergen bukanlah hal yang buruk atau negatif. 

Diagnosis ADHD 

DSM-5-TR juga digunakan untuk membantu mendiagnosis ADHD pada anak-anak dan orang dewasa . Tes manual ini memberikan standar diagnostik untuk mencegah kesalahan diagnosis kondisi dan membantu memastikan orang dengan kondisi tersebut mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan sesegera mungkin.

Telah ditetapkan bahwa orang dengan ADHD menunjukkan gejala kurang perhatian, hiperaktif, dan impulsif. DSM-5-TR menetapkan bahwa anak-anak hingga usia 16 tahun diharuskan menunjukkan enam atau lebih gejala kurangnya perhatian. Lima atau lebih gejala kurangnya perhatian harus ada untuk anak di atas 17 tahun dan orang dewasa.

Aturan yang sama berlaku untuk gejala hiperaktif dan impulsif. Tanda-tanda itu juga harus terjadi di dua lokasi atau lebih. Misalnya, di rumah dan di sekolah, dan cukup parah hingga mengganggu fungsi sehari-hari. 8 

Sekali lagi, keragaman saraf menekankan bahwa ADHD dan autisme memiliki perbedaan neurotipe yang disertai dengan kekuatan dan kesulitan.

 

4 dari 4 halaman

Pengelolaan ADHD dan Autisme

Baik penyandang autisme maupun ADHD dapat memperoleh manfaat dari terapi kognitif-perilaku atau terapi lain untuk mengatasi kesulitan yang muncul akibat neurodivergen serta masalah kesehatan mental penyerta apa pun, seperti depresi atau kecemasan.

Namun, jika kondisi autisme atau ADHD sampai mengganggu kualitas hidupnya, maka dokter spesialis dapat memberikan obat stimulan dan non-stimulan yang dapat membantu mengelola neurodivergence. Obat ini dapat diberikan kepada anak-anak berusia enam tahun.

ADHD dan autisme keduanya neurotipe yang mempengaruhi perkembangan otak dan dapat menyebabkan gangguan. Namun, meskipun karakteristiknya tumpang tindih, mereka berbeda satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.