Sukses

Tren Kecantikan Adaptif untuk Penyandang Disabilitas Sepanjang 2023

Penulis dan juga aktivis disabilitas Lottie Jackson menggambarkan bagaimana industri kecantikan merancang gadget dan pengalaman yang memudahkan penyandang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Penulis dan juga aktivis disabilitas Lottie Jackson menggambarkan bagaimana tren kecantikan di antara penyandang disabilitas.

Lottie yang juga seorang jurnalis lepas untuk publikasi seperti The Sunday Times, The Guardian, British Vogue dan ELLE ini mengatakan, kecantikan adaptif yang memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas — adalah lambang inklusivitas.

"Penyandang disabilitas juga ingin merias wajah dengan lebih mandiri sehingga membuka peluang bagi industri kosmetik dalam menjanjikan perubahan bersejarah dalam cara kita mendefinisikan 'kecantikan'," katanya, dikutip Elle.

Merek seperti Guide dan Kohl Creatives bahkan sedang gencar-gencarnya menciptakan alat inovatif seperti kuas yang mudah digenggam dan aplikator eyeliner yang cerdik bagi mereka yang memiliki ketangkasan terbatas atau gangguan penglihatan.

Lottie menjelaskan dalam buku barunya, See Me Rolling tentang jenis desain yang penuh gaya dan inklusif. Hal ini menandai era baru kesetaraan disabilitas — di mana keterbatasan fisik tidak lagi menjadi penghalang bagi hak pilihan atau pemberdayaan seseorang.

Pada tahun 2023, hal-hal meningkat sekali lagi berkat munculnya 'smart beauty' - perpaduan teknologi dengan kecantikan - dari robot manikur dan make-up metaverse, hingga alis tanpa cela hanya dengan menekan satu tombol.

Tren Kecantikan Adaptif Ramah Disabilitas

Dilansir dari Elle, berikut ini beberapa tren kecantikan adaptif 2023.

1. AI Make-Up Assistants

Awal tahun ini, Estée Lauder meluncurkan aplikasi baru yang membantu pecinta make-up tunanetra mengaplikasikan produk favorit mereka. Dari foundation hingga feline flicks, Voice-Enabled Make-Up Assistant (atau VMA) memandu individu melalui proses aplikasi — menawarkan umpan balik apakah riasan diterapkan dengan tepat. Didukung oleh AI (kecerdasan buatan), asisten virtual itu menganalisis wajah pengguna dan memberikan umpan balik audio di area mana yang dapat disentuh atau dibaurkan.

Untuk mengembangkan teknologinya, Estée Lauder bekerja sama dengan konsumen tunanetra. Dengan lebih dari 2 juta orang yang hidup dengan kehilangan penglihatan di Inggris Raya, aplikasi VMA sekarang memberi banyak orang kepercayaan diri untuk merias wajah secara mandiri. Ini sepenuhnya gratis untuk diunduh dan digunakan, dan akan mendeteksi produk apa pun, bukan hanya merek Estée Lauder.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perapih Alis dengan Satu Sentuhan Tombol

Untuk mencapai alis yang Anda inginkan bisa menjadi upaya yang memakan waktu — dengan gel volumising, pomade, wax, pensil, dan tint semuanya secara bergantian.

Tetapi bagaimana jika Anda memiliki alat yang dapat memberikan alis sempurna — secara harfiah — dengan satu sentuhan tombol? Akhir tahun ini, L'Oréal akan meluncurkan Brow Magic. Ini adalah mesin genggam ringan yang mencetak tato alis tidak permanen di wajah Anda.

Begini cara kerjanya: pertama, pengguna memindai wajah mereka dengan aplikasi seluler Brow Magic. Setelah bentuk, ketebalan, dan efek alis yang diinginkan dipilih, Anda akan diminta untuk menggesek gadget di seluruh area alis dengan satu gerakan menyapu. Menggunakan 2.400 nozel kecil dan teknologi pencetakan, mesin ultra-presisi menerapkan jumlah produk yang tepat — yang dapat dengan mudah dihilangkan dengan penghapus make-up standar. Itu artinya meminimalkan sejumlah alat kecantikan alis dan menggantinya hanya dengan satu tongkat ajaib.

3. Aplikasi Lipstik

Bagi 50 juta orang di seluruh dunia yang mengalami penurunan keterampilan motorik halus (seperti penderita penyakit Parkinson), proses ini dapat terasa sangat menantang karena keterbatasan dalam mencengkeram dan melakukan gerakan tangan yang terkontrol. Sekarang, Lancôme telah merekayasa solusi inovatif yang menjanjikan untuk mengurangi hambatan aksesibilitas ini.

‘HAPTA’ adalah aplikator make-up terkomputerisasi pertama di dunia. Dikembangkan dalam kemitraan dengan Google, perangkat ini menggunakan sensor real-time dan teknologi self-leveling untuk memberikan pengaplikasian lipstik tanpa cela setiap saat. Alat genggam tidak hanya memberi pengguna rentang gerak yang lebih baik, tetapi juga membedakan getaran tangan dari gerakan yang disengaja. Ini diluncurkan akhir tahun ini.

 

3 dari 4 halaman

3. Smart Nail Salon

Bagi banyak penyandang disabilitas, perawatan kuku seperti manicure bisa terasa sangat tidak terjangkau karena kesulitan fisik dalam mengaplikasikan cat kuku secara mandiri. Jadi bisakah sekelompok fisikawan, insinyur, pembuat kode, dan penggemar kecantikan terkemuka menemukan solusi?

Tentu, perkenalkan Masuki Nimble, Smart Nail Salon di rumah pertama di dunia. Direkayasa dengan cermat untuk menghasilkan manikur sempurna dalam 40 menit, Nimble menggunakan AI dan lengan robotik untuk memindai, mengecat, dan mengeringkan kuku Anda dalam satu perangkat di atas meja. Setelah mempelajari bentuk kuku Anda, aplikasikan lapisan dasar, dua lapis warna, dan lapisan atas untuk manikur berkilau yang tetap bebas pecah selama seminggu. Semuanya bisa Anda dapatkan ditambah kenyamanan di rumah Anda sendiri.

4. Aplikasi Tata Rias AR

Sekarang, AR (Augmented Reality) adalah penyelamat bagi penyandang disabilitas yang ingin menguji produk make-up baru tetapi tidak dapat dengan mudah pergi ke toko. Teknologi kamera seluler memadukan video real-time pengguna dengan overlay virtual interaktif dari segala sesuatu mulai dari eyeshadow, kontur dan perona pipi, hingga concealer dan lip gloss.

Elle memfavoritkan aplikasi Chanel's LipScanner, M.A.C dan E.L.F Cosmetics Virtual Try On. Untuk pengalaman yang lebih personal, ByTerry dan Space NK menawarkan konsultasi kecantikan virtual gratis — janji temu online di mana para ahli berbagi saran tentang pencocokan warna, perawatan kulit, dan lainnya.

 

4 dari 4 halaman

5. Virtual Beauty Playground

Internet telah merevolusi hidup kita, menghadirkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya bagi penyandang disabilitas. Sekarang, metaverse berjanji untuk mempercepat cara kita berinteraksi dengan dunia virtual — menghadirkan pengalaman yang lebih imersif langsung ke individu. Merek kecantikan sangat ingin menaklukkan Web 3.0. Clinique, misalnya, meluncurkan laboratorium virtual pertamanya. Di sini, pembeli dapat berkeliling sebagai avatar, menjelajahi produk perawatan kulit merek tersebut, dan berinteraksi dengan konsultan Clinique. Di tempat lain, Elizabeth Arden, Charlotte Tilbury, Burberry, dan NARS sepenuhnya tenggelam dalam NFT, parfum virtual, dan kosmetik.

Dengan Metaverse Beauty Week pertama yang hadir pada 12 Juni (menampilkan sejumlah pengalaman digital seperti NFT yang dapat dikenakan dan game interaktif), jelas bahwa dalam hal kecantikan, kemungkinannya tidak terbatas dan inklusif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.