Sukses

Penyandang Disabilitas di Temanggung Donor Darah

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah penyandang disabilitas dan pegawai Sentra Terpadu Kartini Temanggung (sebelumnya bernama Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual/BBRSPDI) mengikuti donor darah yang diselenggarakan lembaga tersebut.

Pekerja Sosial Madya Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Jawa Tengah, Ambarina Murdiyati di Temanggung, Selasa, mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 35 orang.

"Kegiatan donor darah hari ini sesuai dengan arahan Menteri Sosial RI kaitannya dengan semakin melonjaknya kasus demam berdarah," katanya, dikutip Antaranews, Kamis (25/5/2022).

Selain itu, juga merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Lanjut Usia Nasional 2022.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Saling membantu

Kegiatan donor darah ini selain diikuti penyandang disabilitas dan pegawai Sentra Terpadu Kartini Temanggung juga diikuti para penyandang disabilitas netra dari Panti Penganthi Temanggung.

"Kami berharap melalui bakti sosial donor darah ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Kasi pelayanan Unit Donor Darah PMI Temanggung Awada Juli Hariaya menyampaikan bahwa kegiatan donor darah sempat 10 hari tidak ada kegiatan berkaitan dengan Lebaran 2022.

"Alhamdulillah stok darah selama bulan Ramadhan untuk PMI Kabupaten Temanggung mencukupi meskipun mendekati Lebaran stok darah menipis, sehingga beberapa rumah sakit menyarankan dari keluarga pasien untuk mendonorkan darahnya sebagai pendonor darah pengganti," katanya.

Ia menuturkan setelah libur Lebaran 2022 kegiatan donor darah berjalan normal kembali. Hari ini ada dua kegiatan, pertama di Sentra Terpadu Kartini Temanggung dan kedua di Kantor Lazizmu di Kowangan.