Sukses

Bentuk Klub Sepak Bola untuk Anak Down Syndrome, Pria Ini dapat Penghargaan di Inggris

Liputan6.com, Jakarta Seorang ayah yang mendirikan klub sepak bola untuk anak-anak dengan Down Syndrome di Cheshire, Inggris menerima penghargaan.

Dilansir dari BBC, Andy Duff membentuk klub sepak bola Down Syndrome di Cheshire tujuh tahun lalu, setelah putranya ditolak untuk ikut bermain sepak bola. Duff dianugerahi BBC North West Unsung Sports Hero for 2021 (Pahlawan Olahraga Tanpa Tanda Jasa dari BBC North West untuk tahun 2021).

Duff awalnya membentuk klub sepak bola tersebut untuk putranya yang memiliki Down Syndrome. Itupun karena keluarganya tidak menemukan satupun klub yang menginginkannya ikut serta.

"Kami sudah membentuk ini (klub sepak bola disabilitas) sejak enam tahun yang lalu," kata salah satu ibu murid Duff, dikutip dari BBC.

"Ini lebih dari sekadar sepak bola. Melainkan lebih tentang mendengarkan skill, tentang mengikuti instruksi, sekaligus fitness fisik," tambahnya.

 

2 dari 4 halaman

Coach yang baik

"Peran saya pada beberapa orang ini menjadi benar-benar penting atau bahkan menjadi tanggung jawab. Kemudian saya menyadari hal yang belum saya sadari hingga lockdown, karena seperti halnya pelatih sepak bola lainnya, Anda berhasil disini, melakukan pekerjaan Anda, Anda menjadi sangat sibuk. Lalu saat Anda pulang ke rumah dan meyakinkan diri 'OKE, itu luar biasa', tapi saya telah menjadi orang penting bagi kehidupan orang-orang ini selama 6-7 tahun. Itulah realita dan tanggung jawab yang muncul di benak saya pada April, Mei tahun lalu," kata Duff.

"Ia (Duff) adalah coach yang sangat baik, juga sangat sopan," aku salah satu muridnya.

"Ia agak bossy," kata murid lainnya.

"Andy itu luar biasa. Ia memiliki semangat yang tak tergoyahkan," ujar murid lainnya.

"Ia adalah pria yang spesial. Ia hanya tersenyum sepanjang melaluinya," komentar murid lainnya.

"Pria seperti Andy berhak atas semua penghargaan yang bisa mereka terima karena apa yang ia kerjakan ini mengisi celah yang besar," ujar salah satu sayah murid Duff.

"Anda bisa lihat kebahagiaan terpancar dari matanya saat ia melatih," ujar salah satu orang tua lainnya.

"Memiliki seorang anak dengan Down Syndrome bisa agak terasa terasingkan," ujar orang tua lainnya.

"Itu hal yang sulit untuk diatasi jika Anda mencoba melakukannya sendirian. Ada banyak hal positif disekitar kelompoknya," ujar orang tua lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Disambut meriah

Hingga baru-baru ini, usaha Duff terbayarkan dengan meraih penghargaan BBC North West Unsung Sports Hero for 2021, yang segera mendapat tepuk tangan meriah dari murid-muridnya di lapangan.

"Semakin kita membahas kemampuan mereka maka semakin kita menghighlight betapa luar biasanya komunitas ini. Lebih baik lagi, itu tidak hanya bermanfaat bagi mereka tetapi juga untuk generasi kedepannya juga," kata Julie Duff, istri Andy.

"Tidak ada alasan kenapa mereka tidak boleh bermain sepak bola. Tidak ada alasan pula bahwa mereka tidak boleh melakukan dance, drama, gimnastik. Saya sangat percaya bahwa olahraga memiliki peran yang luar biasa pada kelompok pertemanan, pada aktivitas fisik juga. Sehingga kami memempersiapkannya untuk memberi kesempatan pada kelompok besar orang-orang untuk bermain sepak bola. Se-simple itu," ujar Duff.

4 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas