Sukses

Jabar Targetkan Juara Umum Angkat Berat Peparnas XVI Papua

Liputan6.com, Bandung - Kontingen angkat berat Provinsi Jawa Barat menargetkan menjadi juara umum pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI di Papua 2021.

Menurut manajer kontingen angkat berat National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Barat Suhendar, target memperoleh lima medali emas dan masing - masing empat medali perak dan perunggu sudah mencukupi untuk target juara umum.

"Kalau keluarnya sih target kita juara umum dengan lima emas dari 20 nomor putra - putri yang dipertandingkan kita ambil lima emas. Berarti kita ambil 25 persennya, ya selebihnya mangga buat yang lain saja. Tapi target kita tetap juara umum untuk angkat berat," ujar Suhendar kepada Liputan6.com, Bandung, Selasa, 12 Oktober 2021. 

Suhendar mengatakan dari 20 nomor pertandingan angkat berat terdiri masing - masing 10 nomor pertandingan untuk putra dan putri.

Namun kontingen angkat berat Provinsi Jawa Barat hanya mengikuti 13 nomor. Terdiri dari sembilan atlet putra dan empat atlet putri.

"Awalnya seluruhnya 14 atlet, tapi satu orang mengundurkan diri karena dipanggil oleh timnas yang ikut kejuaraan di China. Penginnya seluruh nomor ada perwakilannya namun terkendala oleh dana saat pandemi ini," kata Suhendar.

 

2 dari 3 halaman

Saingan Terberat Jabar

Suhendar menuturkan nantinya nomor pertandingan yang diikuti oleh atlet putra yaitu 49 kg 1 orang, 54 kg 1 orang, 59 kg 1 orang, 65 kg 2 orang, 80 kg 1 orang, 88 kg 1 orang, 97 kg 1 orang dan 107 kg 1 orang.

Sedangkan untuk atlet putri meliputi nomor 45 kg 1 orang, 55 kg 1 orang, 67 kg 1 orang dan 86 kg 1 orang.

"Kini tengah dilakukan pemantapan guna menjaga kebugaran dan antisipasi cidera sebelum pertandingan. Kalau pelatihan sudah dilakukan sebelumnya," ucap Suhendar.

Saingan terberat kontingen angkat berat Provinsi Jawa Barat pada Peparnas XVI Papua 2021 yaitu Kalimantan, Bali, Lampung, Jawa Tengah dan tuan rumah Papua.

Gelaran olahraga empat tahunan bagi kelompok disabilitas ini akan mempertandingan 12 cabang olahraga antara lain tenis lapangan kursi roda, tenis meja, catur, Boccia, sepakbola cp, angkat berat, atletik, bulutangkis, judo tunanetra, panahan dan menembak. (Arie Nugraha)

3 dari 3 halaman

Infografis