Sukses

Parkir di Zona Merah, Berikut Kinerja Kripto ZIL Coin Hari Ini 24 Mei 2024

Token kripto utilitas asli Zilliqa, ZIL Coin, digunakan untuk memproses transaksi di jaringan dan menjalankan kontrak pintar.

Liputan6.com, Jakarta Koin Zilliqa (ZIL Coin) diluncurkan pada 2017 adalah token utilitas asli dari jaringan kripto Zilliqa. Koin Zilliqa adalah komponen penting. Zil Coin juga digunakan untuk pemeliharaan dan operasi jaringan kripto Zilliqa. Namun, itu juga dapat digunakan untuk mempertahankan, mengirim, dan mempertaruhkan koin.

Dilansir dari Coinmarketcap, Zilliqa berusaha untuk memecahkan masalah skalabilitas dan kecepatan blockchain dengan menggunakan sharding sebagai solusi peningkatan skala lapisan kedua. 

Zilliqa adalah rumah bagi banyak aplikasi terdesentralisasi, dan pada Oktober 2020, platform ini juga memungkinkan untuk melakukan fitur staking dan yield farming. 

Pekerjaan pengembangan secara resmi dimulai di Zilliqa pada Juni 2017, dan jaringan mulai hidup pada Maret 2018. Lebih dari setahun kemudian, pada Juni 2019, platform ini meluncurkan jaringan utamanya. 

Token kripto utilitas asli Zilliqa, ZIL Coin, digunakan untuk memproses transaksi di jaringan dan menjalankan kontrak pintar.

Harga ZIL Coin

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (24/5/2024) ZIL Coin melemah 2,61 persen dalam 24 jam terakhir. Harga ZIL Coin saat ini berada di level Rp 382,30 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 474,3 miliar.

ZIL Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 7,03 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 18,09 miliar ZIL Coin dari maksimal suplai 21 miliar ZIL Coin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Saja Pendiri Zilliqa?

Zilliqa pertama kali oleh Prateek Saxena, seorang asisten profesor di National University of Singapore School of Computing. Saxena dan beberapa siswa di School of Computing ini menerbitkan sebuah makalah pada 2016 yang menguraikan bagaimana blockchain yang berfokus pada sharding dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan jaringan.

Pada sekitar waktu yang sama, Saxena mendirikan Anquan Capital bersama Max Kantelia, seorang pengusaha keuangan dan teknologi seumur hidup, dan Juzar Motiwalla, mantan presiden Singapore Computer Society. 

Perusahaan ini menggabungkan Zilliqa Research pada Juni 2017 untuk mengembangkan jaringan Zilliqa, dengan mengangkat Dong Xinshu CEO-nya, Yaoqi Jia sebagai direktur teknologinya, dan Amrit Kumar sebagai direktur ilmiahnya. Ketiganya bekerja sebagai peneliti di NUS School of Computing sebelumnya.

Apa yang Membuat Zilliqa Unik?

Zilliqa mengklaim sebagai blockchain publik pertama di dunia yang sepenuhnya mengandalkan pada suatu sharding jaringan. Ini mendukungnya untuk mencapai hasil produksi tinggi dan tingkat transaksi tinggi per detik, yang memecahkan masalah skalabilitas. 

Karena setiap shard memproses transaksi secara individual, seiring dengan pertumbuhan jaringan dan jumlah shard yang meningkat, jumlah transaksi yang dapat dilayani per detik pun meningkat. 

Zilliqa berusaha menjadi blockchain pilihan untuk penggunaan perusahaan skala besar, termasuk di antara industri periklanan, game, hiburan, dan keuangan serta pembayaran. Dalam makalah posisi 2018, menyatakan platform ini bertujuan untuk menyaingi metode pembayaran hak tradisional seperti VISA dan MasterCard.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini