Sukses

Bukan Pakai Baking Soda, Ini Trik Empukkan Kacang Merah dengan 1 Alat

Merebus kacang sampai empuk tidak selalu memerlukan baking soda. Ini dia cara yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Olahan kacang merah sangatlah beragam mulai dari sop, bubur sampai es susu kacang merah. Tidak hanya enak, kacang merah juga sangat kaya akan serat baik yang larut atau tidak larut.

Meski demikian, kacang merah biasanya harus direbus dua kali supaya empuk. Bahkan jika ada sedikit saja kesalahan pada cara atau waktu perebusan, hasilnya bisa sangat berbeda. Hal itu pula yang menyebabkan orang-orang menambah baking soda saat merebus kacang merah.

Padahal, tanpa baking soda sekalipun kacang merah tetap bisa empuk. Pemilik kanalĀ  YouTube Sajian Bunda memiliki cara khusus untuk mengempukkan kacang merah, yang dirangkum pada Minggu (16/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Rebus Kacang Selama 30 Menit

Pertama-tama, siapkan kacang merah kering pada mangkuk yang sudah dicuci bersih. Rebus kacang merah pada panci yang tertutup sampai mendidih. Setelah mendidih, setel waktu selama setengah jam untuk menunggu rebusan kacang merah.

3 dari 11 halaman

Tunggu Sampai Hangat

Jika sudah tiga puluh menit, matikan kompor lalu tunggu sampai hangat selama beberapa menit. Pada tahap ini, jika diperiksa kacang merah sudah agak empuk. Namun, akan lebih baik jika direbus lagi.

4 dari 11 halaman

Rebus Sekali Lagi

Agar tingkat keempukan kacang merah bisa maksimal, rebus sekali lagi selama kurang lebih dua puluh menit terhitung dari air mendidih. Sesudah dua puluh menit, matikan kompor dan tunggu lagi sampai hangat.

5 dari 11 halaman

Kacang Merah Jadi Sangat Empuk

Sekarang, kacang merah sudah sangat empuk maksimal dan bahkan cukup lumer. Begitu pula dengan warna air rebusan yang terlihat lebih pekat. Dengan begitu, kacang merah siap untuk diolah lebih lanjut.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kacang Merah

7 dari 11 halaman

Apakah Kacang Merah Mengandung Protein Tinggi?

Walau kecil, kacang merah memiliki banyak nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Kacang ini kaya akan protein dan sering digunakan sebagai alternatif protein rendah lemak untuk orang vegetarian.

8 dari 11 halaman

Apakah Kacang Merah Bagus untuk Hipertensi?

Bekatul dan kacang merah adalah makanan yang kaya serat pangan dan kalium, yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah.

9 dari 11 halaman

Apakah Air Rebusan Kacang Merah Harus Dibuang?

Sebaiknya tidak mengonsumsi air rebusan kacang merah. Hal ini disebabkan oleh kandungan lectin dan oligosakarida di dalam kacang merah, yang dapat mengganggu pencernaan serta menyebabkan perut kembung setelah dikonsumsi.

10 dari 11 halaman

Apakah Kacang Merah Bisa Menaikkan HB?

Kacang merah dalam jumlah 10 gram atau satu porsi cangkir kacang merah mengandung zat besi, tembaga, dan seng yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

11 dari 11 halaman

Kacang Merah Rasanya Gimana?

Rasa kacang merah cenderung hambar namun sedikit manis, sementara kacang azuki memiliki rasa yang lebih manis daripada kacang merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini