Sukses

Inggris Izinkan Pembekuan Cepat Kripto Terkait Kasus Pidana

Mulai akhir April, otoritas Inggris akan memiliki wewenang, sebagaimana diuraikan dalam dokumen Instrumen Hukum baru-baru ini.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris telah mengambil langkah tegas terhadap regulasi mata uang kripto dengan memberikan kewenangan kepada penegak hukum untuk segera membekukan aset digital yang terlibat dalam aktivitas kriminal. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Senin (4/3/2024), langkah ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk membangun kerangka hukum yang komprehensif untuk kripto di seluruh dunia dan meningkatkan kemampuan penegakan hukum di bidang ini.

Mulai akhir April, otoritas Inggris akan memiliki wewenang, sebagaimana diuraikan dalam dokumen Instrumen Hukum baru-baru ini, untuk membekukan mata uang kripto dengan cepat dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan kegiatan kriminal tanpa memerlukan hukuman sebelumnya. 

Perubahan tersebut merupakan hasil dari amandemen Undang-Undang Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Perusahaan tahun 2023, yang memperkuat kapasitas Badan Kejahatan Nasional untuk menyita dan menahan mata uang kripto yang terkait dengan dugaan perilaku melanggar hukum.

Langkah-langkah ini memungkinkan pejabat negara untuk memindahkan aset kripto dari bursa atau dompet yang ditahan untuk mengamankan lokasi dan mengizinkan penghancuran token jika dianggap perlu. Pembakaran token menghilangkan aset dari peredaran dengan mentransfernya ke alamat pembakaran.

Selain itu, proses hukum yang disederhanakan akan memberdayakan penegak hukum untuk merespons kejahatan terkait cryptocurrency dengan lebih efektif.

Kebijakan yang diberlakukan pada September 2022 ini ditujukan untuk membatasi penggunaan mata uang digital dalam kejahatan dunia maya, penipuan, dan perdagangan narkoba. Peraturan tersebut rencananya akan diterapkan pada 26 April.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korea Selatan Tunda Pelonggaran Regulasi Kripto dan ETF Bitcoin Spot

Sebelumnya diberitakan, Korea Selatan telah menunda upayanya untuk melonggarkan peraturan kripto dan ETF Bitcoin Spot. Perkembangan ini mengikuti pertimbangan Partai Kekuatan Rakyat untuk menghapus peraturan tertentu dan larangan ETF sebelum dimulainya pemilihan umum Korea Selatan.

Menyusul persetujuan luas AS terhadap beberapa ETF bitcoin spot, juru bicara Komisi Jasa Keuangan Korea Selatan (FSC) mengumumkan kepada media larangan tersebut akan tetap berlaku.

Selanjutnya, Komite Urusan Politik Majelis Nasional bermaksud untuk melonggarkan peraturan dan berpotensi mencabut larangan ETF sebelum pemilu April.

Kabar terkini mengenai penundaan ini diliput oleh Chosun Biz, sumber berita Korea Selatan, yang menyampaikan Partai Kekuatan Rakyat pada awalnya mempertahankan koordinasi kebijakan yang memadai diperlukan.

Para pembuat kebijakan menekankan mengkonfirmasi kejadian-kejadian penipuan dalam kerangka teori kehati-hatian juga memainkan peran penting.

“Daripada mengumumkan janji-janji tambahan, kepemimpinannya berfokus pada pencalonan daerah pemilihan dan pemilihan personel untuk Masa Depan Rakyat, sebuah partai satelit yang proporsional,” kata seorang pejabat yang mengetahui masalah tersebut, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (1/3/2024).

Pengumuman dari regulator muncul di tengah peningkatan signifikan dalam nilai pasar kripto, bersamaan dengan volume besar dan arus masuk ke ETF bitcoin spot.

Harga BTC telah mencapai USD 64.000, dengan sebagian besar volume perdagangan kripto spot berasal dari Korea Selatan.

 

 

3 dari 4 halaman

Harga BTC Menguat di Atas 40 Persen Sepanjang Februari 2024

Sebelumnya, harga bitcoin (BTC) mencapai USD 64.000 atau sekitar Rp 1 miliar (asumsi kurs Rp 15.721 per dolar AS) pada Rabu, 28 Februari 2024 untuk  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha, menjelaskan, kenaikan Bitcoin ini sekaligus memperpanjang reli lebih dari 40% sepanjang Februari. Adapun, Ethereum (ETH) juga mengalami hal yang serupa dengan kenaikan mencapai 46% sepanjang Februari.

Panji mengungkapkan reli pekan ini bertepatan dengan arus masuk besar ke ETF Bitcoin spot yang diperdagangkan di AS, dengan dana baru menambahkan lebih dari 12.000 Bitcoin pada Selasa setelah menambahkan sekitar 10,000 pada Senin.

“Kenaikan Bitcoin juga dilatarbelakangi menjelang peristiwa penting yang disebut sebagai halving bitcoin pada April, peristiwa yang terjadi sekitar empat tahun sekali dan biasanya disertai dengan kenaikan yang kuat seiring dengan melambatnya penerbitan Bitcoin baru,” kata Panji dalam siaran persnya, dikutip Jumat (1/3/2024).

Lebih lanjut, Panji menjelaskan, bitcoin halving dimaksudkan untuk memastikan kelangkaan penerbitan BTC dari waktu ke waktu. Dengan semakin menipisnya BTC yang diterbitkan, harga Bitcoin telah melonjak dibandingkan halving sebelumnya yang terjadi pada tahun 2020, 2016, dan 2012.

Adapun Ethereum dan sebagian besar altcoin lainnya juga mengikuti jejak Bitcoin. Pergerakan Ethereum terjadi sekitar dua minggu sebelum peningkatan yang disebut Dencun, yang diharapkan membuat blockchain lebih murah dan lebih cepat.

4 dari 4 halaman

Inggris Bakal Loloskan Aturan Kripto Sebelum Pemilu

Sebelumnya diberitakan, dengan Partai Konservatif yang berkuasa tertinggal dalam jajak pendapat, pemerintah Inggris bergegas untuk meloloskan undang-undang kripto sebelum pemilihan umum berikutnya. 

Menteri Ekonomi Inggris, Bim Afolami mengatakan, pemerintah bertujuan memberlakukan undang-undang tentang stablecoin dan staking kripto dalam waktu 6 bulan.

"Kami mendorong dengan sangat keras undang-undang tersebut dan melihatnya sebagai dapat dilakukan dalam jangka waktu yang dipercepat,” kata Afolami, dikutip dari Coinmarketcap, Rabu (21/2/2024).

Pernyataannya muncul setelah Bank of England dan Financial Conduct Authority mengumumkan rencana pengawasan terkoordinasi pada Oktober lalu.

Dorongan terhadap peraturan kripto berupaya untuk memenuhi janji bertahun-tahun untuk menjadikan Inggris sebagai pusat kripto global. Ini merupakan janji yang pertama kali dibuat oleh Perdana Menteri Rishi Sunak pada 2022. 

Namun, kemajuan nyata masih tertinggal hingga sekarang, bahkan setelah Komisi Hukum Inggris mengeluarkan beberapa peraturan. rekomendasi utama pada Juli lalu. Hal ini termasuk menciptakan kategori hukum baru untuk aset digital.

Dengan Partai Buruh yang saat ini diunggulkan untuk memenangkan pemilu mendatang, peluang bagi konservatif untuk menetapkan visi mereka terhadap kripto mungkin akan segera berakhir. 

Afolami mengakui dia tidak dapat menentukan batas waktu undang-undang kripto yang komprehensif mengingat luasnya cakupan masalah yang terlibat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini