Sukses

Kripto PEPE Coin Meroket 120% dalam Sepekan

PEPE juga berhasil menjadi peraih keuntungan tertinggi hari ini di antara 100 mata uang kripto teratas dalam sepekan terakhir

Liputan6.com, Jakarta - PEPE, koin meme berbasis ethereum, telah menguat lebih dari 120% dalam seminggu terakhir, termasuk 65% dalam 24 jam terakhir dengan harganya mencapai harga tertinggi harian di kisaran Rp 0,02528 pada Rabu, 28 Februari 2024.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (28/2/2024), reli token terjadi di tengah kenaikan pasar yang lebih luas, yang menyebabkan total kapitalisasi pasar mata uang kripto keseluruhan melonjak menjadi USD 2,25 triliun atau setara Rp 35.230 triliun (asumsi kurs Rp 15.68 per dolar AS) untuk pertama kalinya sejak April 2022, menurut data CoinGecko.

PEPE adalah peraih keuntungan tertinggi hari ini di antara 100 mata uang kripto teratas. Mata uang kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, Bitcoin, telah diperdagangkan di zona hijau selama tujuh hari terakhir dengan kenaikan 11%.

Proyek PEPE Coin bertujuan untuk memanfaatkan popularitas koin meme, seperti Shiba Inu dan Dogecoin, dan berusaha untuk memantapkan dirinya sebagai salah satu cryptocurrency berbasis meme teratas. 

PEPE mengimbau komunitas cryptocurrency dengan melembagakan kebijakan tanpa pajak, sistem redistributif yang memberi penghargaan kepada pemegang saham jangka panjang, dan mekanisme pembakaran untuk mempertahankan kelangkaan koin PEPE.

Peta jalan PEPE menampilkan tiga fase, di mana fase pertama termasuk daftar di CoinMarketCap, dan mendapatkan trending $PEPE di Twitter, sementara fase dua termasuk daftar di bursa terpusat (CEX) dan fase tiga termasuk daftar pertukaran tingkat 1.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reli Bitcoin Picu Kenaikan Pepe Coin hingga 2 Digit

Sebelumnya diberitakan, reli terbaru bitcoin telah membuka jalan bagi kebangkitan memecoin. Kenaikan ini dipimpin oleh Pepe Coin, token bertema katak kartun yang baru-baru ini melonjak dua digit.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (31/10/2023), mata uang kripto paling populer di dunia, Bitcoin sempat mengalami penurunan baru-baru ini, setelah menembus USD 35.000 atau setara Rp 554,8 juta (asumsi kurs Rp 15.853 per dolar AS) pada minggu lalu dan mencapai level tertinggi dalam lebih dari setahun.

Kinerja luar biasa tersebut sebagian disebabkan oleh meningkatnya optimisme investor Komisi Sekuritas dan Bursa akan segera menyetujui ETF Bitcoin spot pertama di AS, yang dapat menyebabkan banyaknya arus masuk kripto.

Lonjakan yang dipimpin oleh Bitcoin telah menyadarkan para investor meme coin yang melemah selama beberapa bulan terakhir karena harga kripto yang tertinggal. 

Pemimpin kenaikan yaitu, Pepe Coin, telah melonjak 57 persen selama tujuh hari terakhir, mencapai level tertinggi sejak Agustus. Lainnya seperti Dogecoin dan Shiba Inu juga memperoleh keuntungan.

Dogecoin, mata uang kripto bertema meme anjing yang disukai oleh Elon Musk, naik 8 persen selama tujuh hari terakhir dan lebih dari 1 persen pada Senin. Shiba Inu, koin berbasis Ethereum yang didirikan pada 2020, melonjak 10 persen selama tujuh hari terakhir dan diperdagangkan pada level tertinggi sejak Agustus pada Senin.

Jika Bitcoin terus naik, meme coin mungkin akan terbiasa dengan tren tersebut, tetapi karena token sering kali hanya memiliki nilai yang kecil, berita buruk apa pun dapat mendorong harga kembali turun.

 

3 dari 4 halaman

Bos Fintech Inggris Dituduh Curi Kripto Untuk Gembong Narkoba Brasil

Sebelumnya diberitakan, pemilik perusahaan teknologi keuangan di London, Caio Marchesani diduga membantu pengedar narkoba mencuci ratusan juta euro melalui platform pertukaran kripto.

Dilansir dari Coinmarketcap, Sabtu (9/9/2023), perusahaan fintech Marchesani diatur oleh Financial Conduct Authority dan disebut Trans-Fast Remittance, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman uang lintas batas.

Pihak berwenang di Belgia mengejar Marchesani sebagai bagian dari upaya mereka untuk membongkar geng kejahatan transnasional ini. Pihak berwenang menuduh Marchesani secara sadar dan sengaja mengubah sejumlah besar uang menjadi Bitcoin untuk penjahat Brasil bernama Sergio Roberto De Carvalho. 

De Carvalho adalah subjek dari Pemberitahuan Merah Interpol terkait kasus perdagangan narkoba, pencucian uang, dan pembunuhan. Menurut laporan, kasus ini dapat merugikan industri fintech Inggris dan menimbulkan kekhawatiran akan pergerakan dana gelap di seluruh dunia. 

Pihak Belgia mulai melakukan penyelidikan tiga tahun lalu setelah pejabat Belanda menyita lebih dari 12 ton kokain, yang bernilai lebih dari USD 283 juta atau setara Rp 4,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.381 per dolar AS). 

Kokain itu telah ditelusuri dan kembali ke De Carvalho. Setelah pihak berwenang memecahkan kode pesan terenkripsi, Marchesani juga dapat terlibat.

 

4 dari 4 halaman

Kelola 14 Akun Binance

Marchesani dilaporkan mengelola 14 akun Binance dan menyimpan uang tunai untuk De Carvalho, yang karenanya dia mengenakan tarif tinggi untuk mentransfer dana. 

Terduga penjahat ini ditangkap pada Mei 2023 di Bandara Heathrow di Inggris, dan keputusannya akan diambil pada September. Mengenai penyelidikan tersebut, juru bicara Binance menyampaikan pertukaran tersebut memberikan bantuan operasional praktis kepada penegak hukum.

Para penjahat tersebut diduga menggabungkan teknologi baru dengan Hawala, sistem pengiriman uang yang dikenal di Timur Tengah. Setelah pandemi COVID, penggunaan kripto meningkat karena pengiriman uang tunai menjadi lebih sulit, menurut jaksa Belgia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.