Sukses

Harga Kripto Hari Ini 21 Januari 2024: Bitcoin Menguat Terbatas

Harga bitcoin menguat tipis pada perdagangan Minggu, 21 Januari 2024. Pergerakan bitcoin itu terjadi di tengah harga kripto jajaran teratas yang beragam.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas terpantau bervariasi pada perdagangan Minggu (21/1/2024). Harga bitcoin menguat terbatas pada akhir pekan ini.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (btc) naik 0,06 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga bitcoin merosot 2,75 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 41.654,29 atau sekitar Rp 650,54 juta (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.617).

Harga Ethereum (ETH) anjlok 0,80 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga Ethereum merosot 4,05 persen. Kini, harga Ethereum berada di posisi USD 2.469,15 atau sekitar Rp 38,56 juta.

Harga binance coin (BNB) naik 0,83 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB bertambah 4,96 persen. Saat ini, harga binance coin berada di posisi USD 316,96.

Di sisi lain, harga kripto solana (SOL) terpangkas 0,50 persen selama 24 jam terakhir. Akan tetapi, harga solana terperosok 3,23 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 92,80.

Harga XRP naik 1,84 persen selama 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga XRP tergelincir 3,75 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,5534.

Harga cardano (ADA) bertambah 2,52 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga ADA melemah 5,98 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,5161.

Harga dogecoin melesat 13,13 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga dogecoin (DOGE) naik 10,19 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,08896.

Harga avalanche (AVAX) melejit 0,68 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga avalanche terpangkas 10,33 persen. Kini, harga avalanche berada di posisi USD 32,77.

Harga kripto hari ini seperti stablecoin tether USDT (USDT) naik 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDT turun 0,06 persen. Saat ini, harga USDT berada di posisi USD 0,9993.

Harga USDC menguat tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC melemah 0,01 persen. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global naik 0,11 persen menjadi USD 1,64 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CEO JPMorgan Wanti-wanti Investor Jauhi Aset Kripto

Sebelumnya diberitakan, CEO JPMorgan Chase, Jamie Dimon, kembali menyarankan investor untuk menjauhi Bitcoin. Komentarnya muncul di tengah meningkatnya minat institusional terhadap kripto dan persetujuan ETF Bitcoin Spot oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

“Saran pribadi saya adalah jangan terlibat. Tetapi saya tidak ingin memberi tahu siapapun apa yang harus dilakukan. Ini adalah negara bebas,” kata Dimon, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (20/1/2024).

Eksekutif tersebut menambahkan dia juga tidak peduli dengan Blackrock, manajer aset terbesar di dunia, yang menggunakan bitcoin. Dimon tetap bersikeras kasus penggunaan cryptocurrency adalah aktivitas terlarang.

CEO JPMorgan Chase, Jamie Dimon, kembali menyarankan investor untuk menjauhi Bitcoin. Komentarnya muncul di tengah meningkatnya minat institusional terhadap kripto dan persetujuan ETF Bitcoin Spot oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

“Saran pribadi saya adalah jangan terlibat. Tetapi saya tidak ingin memberi tahu siapapun apa yang harus dilakukan. Ini adalah negara bebas,” kata Dimon, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (20/1/2024).

Eksekutif tersebut menambahkan dia juga tidak peduli dengan Blackrock, manajer aset terbesar di dunia, yang menggunakan bitcoin. Dimon tetap bersikeras kasus penggunaan cryptocurrency adalah aktivitas terlarang.

 

3 dari 4 halaman

Sinyal Pro Kripto, Trump Berjanji Lindungi Warga dari CBDC Jika Terpilih

Sebelumnya diberitakan, Mantan Presiden AS yang saat ini kembali mencalonkan diri sebagai Presiden AS, Donald Trump telah melakukan kampanye pemilu di Portsmouth, New Hampshire.

Dalam pidato kampanyenya, ia menyampaikan pandangannya tentang ketidaksetujuan terhadap Central Bank Digital Currency/CBDC) di AS.

Central Bank Digital Currency adalah uang digital yang diterbitkan dan peredarannya dikontrol oleh bank sentral, dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah untuk menggantikan uang kartal.

“Malam ini, saya juga membuat janji lain untuk melindungi orang Amerika dari pemerintah, dan sebagai Presiden, saya tidak akan pernah mengizinkan CBDB,” kata Trump, mengutip The Coin Republic, Sabtu (20/1/2024).

Trump dengan sangat baik menyampaikan dasar penolakannya karena ia tidak ingin pemerintah yang memegang kendali mempunyai akses terhadap uang warga.

Pemerintah akan memiliki akses untuk mengambil uang dari rekening warga dan mereka bahkan tidak akan mengetahuinya.

Trump menekankan potensi ancaman terhadap kebebasan atas pembentukan CBDC, dan berjanji untuk melindungi warga negara Amerika dari ancaman tersebut.

“Ini akan menjadi ancaman berbahaya terhadap kebebasan, dan saya akan mencegahnya terjadi di Amerika.”

Penggemar dan investor kripto tidak perlu khawatir dengan ketidaksetujuannya terhadap CBDC. Pernyataan Trump itu tidak boleh dianggap sebagai perlawanan terhadap cryptocurrency, mengingat sebelumnya dia telah menunjukkan minat investasi yang signifikan dalam mata uang kripto.

Selain itu, dia juga memiliki portofolio di Ethereum. Sesuai dengan laporan pengungkapan yang diperbarui pada CREW di Washington, Trump memegang investasi di semua bisnis utama berbasis Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Laporan tersebut terakhir kali diungkapkan oleh Citizens for Responsibility and Ethics pada 14 Agustus 2023 dengan kepemilikan di ETH saat itu berjumlah USD 2,8 juta.

 

 

4 dari 4 halaman

Kontribusi ke Kampanye

Selain investasi pribadi, Trump bahkan mendorong para pendukungnya untuk berkontribusi pada kampanye pemilunya dengan memanfaatkan mata uang kripto.

Sebelumnya, pada 2023 lalu Gubernur dan Calon Presiden Florida Ron DeSantis juga melontarkan komentar serupa. Rival lain dalam nominasi Partai Republik, Vivek Ramaswamy bahkan telah mengusulkan kerangka politik seputar cryptocurrency. Dia dikenal sebagai kritikus vokal terhadap CBDC.

Selain itu, Presiden AS saat ini, Joe Biden dan anggota partai oposisi telah banyak mengatur ruang kripto. Di sisa masa jabatannya, Bidden berdedikasi untuk berupaya menghilangkan celah perpajakan yang menguntungkan investor kripto.

Robert F. Kennedy Junior, anggota Partai Demokrat lainnya juga terpikat dengan crypto. Dia berkata mengatakan bahwa Bitcoin mewujudkan dua cita-cita tertingginya, yaitu transparansi dan kepercayaan.

Menurut dia, penting tidak hanya bagi bitcoin tetapi juga bagi demokrasi untuk didesentralisasi. Robert F. Kennedy Junior memiliki investasi pribadi di Bitcoin dan dia mengatakan dia akan mengecualikan investasi tersebut dari pajak keuntungan modal yang berlaku jika terpilih. Di sisi lain, dia juga menentang penerapan CBDC di AS.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.