Sukses

GameStop Bakal Hentikan Operasi Pasar NFT

Dalam sebuah pernyataan di situs web GameStop, mereka memberi tahu pengguna mereka hanya memiliki waktu dua minggu tersisa untuk mengakses platform NFT-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan retail game, GameStop telah memperingatkan penggunanya mereka akan menghentikan pasar Non Fungible Token (NFT) secara bertahap bulan depan karena ketidakpastian peraturan.

Dalam sebuah pernyataan di situs web GameStop, mereka memberi tahu pengguna mereka hanya memiliki waktu dua minggu tersisa untuk mengakses platform NFT-nya. 

Namun, perusahaan meyakinkan pemegang NFT bahwa keputusan untuk mengurangi hubungannya dengan kripto tidak akan berdampak pada NFT mereka.

“Efektif mulai 2 Februari 2024, pelanggan tidak dapat lagi membeli, menjual, atau membuat NFT. NFT Anda ada di blockchain dan akan tetap dapat diakses dan dijual melalui platform lain,” kata Gamestop dalam pengumumannya, dikutip dari Cointelegraph, Selasa (16/1/2024).

Perusahaan game tersebut menyebutkan kurangnya regulasi sebagai penyebab semakin berkurangnya layanan kripto-nya.

“GameStop telah memutuskan untuk menghentikan pasar NFT kami karena ketidakpastian peraturan yang terus berlanjut di ruang kripto,” kata pernyataan itu.

GameStop berkantor pusat di Amerika Serikat. Sementara banyak pemimpin di industri kripto menganjurkan peningkatan kejelasan peraturan, keputusan baru-baru ini oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk menyetujui 11 ETF Bitcoin Spot dipandang sebagai indikasi positif regulator menjadi lebih baik menerima peraturan lebih lanjut di ruang tersebut.

Pada bulan Desember 2022, GameStop mengindikasikan mereka akan beralih dari fokusnya pada kripto setelah membukukan kerugian bersih USD 94,7 juta atau setara Rp 1,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.538 per dolar AS) pada kuartal ketiga dan memberhentikan staf dari departemen aset digitalnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjualan NFT Turun 63,35% Sepanjang 2023

Sebelumnya diberitakan, menurut data terbaru dari cryptoslam, penjualan token non-fungible (NFT) selama 2023 mencapai USD 8,70 miliar atau setara Rp 134 triliun (asumsi kurs Rp 15.413 per dolar AS). 

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (4/1/2024), angka ini menunjukkan penurunan penjualan NFT sebesar USD 15,04 miliar, sekitar Rp 321,8 triliun atau 63,35% dibandingkan tahun sebelumnya. 2023 juga menjadi angka penjualan terendah sejak 2019.

Meskipun pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah penjual dibandingkan 2022, tetapi jumlah tersebut tidak melampaui 5.420.925 pembeli yang tercatat pada tahun sebelumnya. 

Terlepas dari dominasi Ethereum di pasar, Bitcoin dan Solana mengalami peningkatan besar dalam penjualan NFT menjelang akhir 2023, dengan Bitcoin mengungguli Ethereum pada November dan Desember.

Dalam skema besar, penjualan NFT yang berfokus pada Bitcoin telah naik ke peringkat keempat dengan total penjualan USD 1,83 miliar atau setara Rp 28,2 triliun. Ethereum terus memimpin dengan USD 42,12 miliar atau setara Rp 649,3 triliun.

Meskipun ada lonjakan NFT terkait BTC, koleksi Axie Infinity mempertahankan posisinya sebagai penjual teratas secara keseluruhan.

Penjualan NFT meskipun secara keseluruhan mengalami penurunan yang signifikan, peningkatan aktivitas dan diversifikasi platform dan koleksi menggarisbawahi sektor yang tangguh dan berkembang. 

Pergeseran demografi pembeli dan penjual, ditambah dengan kebangkitan NFT yang berpusat pada Bitcoin, mengisyaratkan pasar yang jauh dari stagnan. Meskipun Ethereum terus memimpin, munculnya pesaing baru menandakan perluasan cakrawala bagi ekosistem NFT.

 

 

3 dari 4 halaman

Penjualan NFT Berbasis Bitcoin Sentuh Rp 13,1 Triliun pada Desember 2023

Sebelumnya diberitakan, pada November 2023, bitcoin meraih posisi terdepan dalam penjualan bulanan non-fungible token (NFT), dan yang menarik, pada Desember Bitcoin terus mempertahankan status teratasnya, mengumpulkan total penjualan sebesar USD 853 juta atau setara Rp 13,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.390 per dolar AS).

Dilansir dari Bitcoin.com, Minggu (31/12/2023), ini menandai peningkatan lebih dari 69% dibandingkan angka pada November, dengan Bitcoin terus mendominasi penjualan NFT di seluruh blockchain. Penjualan NFT yang berfokus pada BTC melampaui ETH, menjadi 2,34 kali lebih besar pada Desember. 

Solana mengamankan tempat ketiga dengan penjualan NFT sekitar USD 325,14 juta atau setara Rp 5 triliun, mengalami peningkatan 312% dari angka NFT yang berpusat pada Solana pada November. Mengikuti tiga teratas, Polygon dan Arbitrum menjadi blockchain terkemuka berikutnya dalam penjualan NFT.

Dari sepuluh koleksi NFT teratas dalam hal penjualan, tujuh di antaranya berasal dari blockchain Bitcoin. Tensorian Solana mengambil posisi kelima dalam hal penjualan dan koleksi Mad Lads dari jaringan tersebut menempati posisi kedelapan. 

Koleksi Sentry Node Arbitrum menempati posisi kesembilan bulan lalu. Pada Desember terdapat 11.290.812 transaksi NFT antara 469.389 penjual dan 600.744 pembeli NFT.

Ketika Bitcoin mengamankan posisi teratas dalam penjualan NFT untuk November dan Desember, mengumpulkan angka-angka yang mengesankan, komunitas kripto menyaksikan dengan antusias.

 

4 dari 4 halaman

Bukan OpenSea, Blur Dominasi 80 Persen Perdagangan NFT

Sebelumnya diberitakan, pasar NFT mengalami lonjakan aktivitas beberapa waktu lalu, dengan sebagian besar peningkatan volume perdagangan terjadi di pasar Blur.

Mengutip The Block, Senin (25/12/2023), volume perdagangan pada November mencapai USD 605 juta dalam perdagangan NFT berbasis Ethereum.

Jumlah tersebut naik dari volume perdagangan bulanan sebesar USD 306 juta pada Oktober, meningkat hampir 100 persen mtm.

Sejak Februari tahun ini, sektor NFT telah mencatatkan pergeseran pangsa pasar yang signifikan dari OpenSea ke Blur, dengan pasar selanjutnya kini mendominasi hampir 80 persen dari total volume perdagangan di pasar NFT berbasis Ethereum.

OpenSea, pasar NFT yang dulunya dominan, telah menyerah dan saat ini hanya memiliki sekitar 17 persen volume perdagangan NFT.

Meskipun pasar lain seperti LooksRare dan X2Y2 ada di ekosistem NFT, mereka hanya mengumpulkan sebagian kecil dari volume perdagangan bulanan pasar, terutama jika dibandingkan dengan influencer utama Blur dan OpenSea, yang terus menguasai bagian terbesar perdagangan NFT.

Menurut data The Block, ada juga peningkatan dalam perdagangan di pasar NFT berbasis Solana. Pada 30 November, total volume perdagangan di pasar NFT berbasis Solana mencapai USD 9,3 juta, angka tertinggi yang belum pernah terlihat sejak April tahun ini. Mayoritas volume ini berasal dari Tensor, dengan lebih dari USD 5 juta dalam perdagangan harian.

Di berbagai blockchain (Ethereum, Solana, dll.), proyek NFT seperti Pudgy Penguins, Milady Makers, dan Mad Lads menjadi ujung tombak kenaikan pasar NFT saat ini.

Tak berhenti sampai di situ, perkembangan yang sedang berlangsung di ranah NFT akan terus menghadirkan perjalanan yang menarik baik bagi pemula maupun pemain NFT yang sudah mapan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.