Sukses

Deretan Santa dan Grinch di Dunia Kripto pada 2023

Berikut daftar Santa dan Grinch di dunia kripto

Liputan6.com, Jakarta Merujuk pada legenda natal, Santa dan Grinches, yang rupanya juga ada di dunia kripto. Banyak pihak yang mendukung perkembangan kripto dan ekosistemnya. Sebaliknya, ada beberapa pihak yang gigih menolak kehadiran kripto apapun bentuknya.

Sebagai gambaran, jika Santa merupakan tokoh yang digambarkan membawa hadiah dan dibagikan kepada orang-orang pada Malam Natal.

Dalam menyalurkan kado-kado itu, Santa mendapat bantuan para peri Natal, yang membuat mainan di bengkelnya di Kutub Utara, dan dengan bantuan rusa terbang yang menarik kereta luncurnya ke udara. Sementara Grinch adalah sosok yang digambarkan sangat membenci Natal.

Banyak individu tahun ini yang tanpa kenal lelah berkontribusi untuk meningkatkan industri kripto. Mulai dari komitmen, dampak sosial hingga pemberdayaan individu dan mendorong inklusivitas keuangan.

Orang-orang ini memberikan contoh potensi mata uang kripto untuk menjadi kekuatan demi kebaikan dalam konteks global yang lebih luas.

Sementara beberapa pihak, termasuk regulator dan institusi tradisional, terus bertaruh melawan kripto. Meskipun hanya sedikit yang menyebutkan potensi risiko seperti volatilitas pasar dan kerentanan keamanan.

Melansir Cointelegraph, Selasa (26/12/2023), berikut daftar Santa dan Grinch di dunia kripto:

Santa kripto

- Larry Fink

Tahun ini, BlackRock milik Larry Fink telah melawan Komisi Sekuritas dan Bursa dalam upaya mendapatkan persetujuan untuk spot ETF Bitcoin, membuat dia dan perusahaannya disayangi oleh cryptosphere dengan cara yang jarang dikelola oleh keuangan institusional.

ETF Bitcoin spot BlackRock mungkin belum disetujui, tetapi perasaan umum adalah bahwa ETF sekarang tidak bisa dihindari, berpotensi menyediakan bahan bakar roket yang akan mendorong kenaikan kripto berikutnya.

- ZachXBT

ZachXBT membuat sebuah daftar pergerakan kripto dan memeriksanya dua kali. ZachXBT akan mencari tahu siapa yang nakal dan baik, tapi kebanyakan adalah yang nakal. Selama beberapa tahun terakhir, ZachXBT telah menunjukkan nilainya kepada komunitas kripto dengan mengungkap banyak penipu yang beroperasi di lapangan.

Tahun ini, ZachXBT juga gencar meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan pertukaran SIM, yang semakin umum terjadi di Amerika Serikat. Kesimpulan utamanya adalah jauh lebih aman menggunakan aplikasi autentikator dibandingkan mengandalkan autentikasi dua faktor SMS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lainnya

- Vivek Ramaswamy

Vivek Ramaswamy adalah kandidat presiden Partai Republik tahun 2024 dengan kampanye yang disukai banyak penggemar kripto.

Jika terpilih, Vivek Ramaswamy akan memecat separuh SEC. Sedangkan bagi mereka yang tetap tinggal, mereka akan diminta untuk memberikan kelonggaran pada industri kripto.

Ramaswamy juga meluncurkan kerangka kebijakan positif kripto bertajuk “The Three Freedoms of Crypto,” menjadikannya salah satu pendukung terbesar industri kripto dalam politik AS.

- Robert F.Kennedy, Jr

Jika Ramaswamy adalah Santa kepresidenan dari kelompok kanan, maka Robert F. Kennedy, Jr., adalah penyeimbangnya yang lebih condong ke arah kiri.

Mantan kandidat presiden dari Partai Demokrat yang sekarang mencalonkan diri sebagai seorang Independen itu mengatakan akan mendukung dolar AS dengan Bitcoin jika dia berhasil mencapai Gedung Putih.

Sebenarnya, Ramaswamy dan Kennedy, Jr. adalah calon presiden jangka panjang, dan kecil kemungkinannya mereka akan mampu mewujudkan daftar keinginan mereka. Tapi, seperti kata pepatah Natal, yang penting adalah pemikirannya.

- Casey Rodarmor

Ordinal adalah hadiah yang diberikan oleh artis dan programmer Casey Rodarmor kepada Bitcoin tahun ini. Rodarmor memperkenalkan token nonfungible (NFT) ke blockchain Bitcoin pada Januari, membuka pintu bagi proyek Bitcoin NFT seperti Taproot Wizards.

Tidak semua orang senang dengan Ordinal, tetapi NFT telah membantu menaikkan biaya transaksi Bitcoin tahun ini, memberikan keuntungan besar bagi para penambang.

- Samson Mow

Melalui karyanya di Jan3, Samson Mow berfokus pada hiperbitcoinisasi dan adopsi Bitcoin di negara-negara. Tahun ini, Mow mendorong Suriname untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Suriname mungkin bukan negara yang menjadi perbincangan setiap Bitcoiner pada awal tahun ini, namun berkat upaya Mow dan lainnya, negara kecil itu kini bergabung dengan El Salvador di peta Bitcoin.

- Michael SaylorBitcoin naik? Beli Bitcoin. Bitcoin turun? Beli Bitcoin. Apakah Bitcoin tidak berbuat banyak? Beli lebih banyak Bitcoin, dan teruslah membeli. Selama beberapa tahun terakhir, Michael Saylor telah menjadi salah satu pendukung terbesar Bitcoin, dan hal itu tidak berhenti pada tahun ini saja. Jangan pernah berubah, Michael.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Grinch kripto

- Gary Gensler

Ketua SEC Gary Gensler adalah Grinch yang sempurna untuk komunitas kripto. Selama bertahun-tahun, SEC Gensler telah mengajukan gugatan terhadap proyek kripto.

Gensler menolak semua upaya untuk memperjelas pedoman tersebut tetapi selalu cepat menuntut karena melanggar aturan yang dia simpan sendiri.

- Elizabeth Warren

Elizabeth Warren salah satu pengkritik paling gigih terhadap kripto dan tidak membiarkan fakta menghalangi kritiknya.

Serangan terbarunya terhadap industri ini datang dalam bentuk Undang-Undang Anti Pencucian Uang Aset Digital. Sebuah undang-undang yang ia harap dapat disahkan oleh Kongres.

 

4 dari 4 halaman

Siapa Lainnya?

- Jamie Dimon

CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon tidak diragukan lagi adalah salah satu Grinch kripto terbesar. Kepala JPMorgan memiliki sejarah panjang dalam mengecam Bitcoin, dan temperamennya tidak mereda belakangan ini. “Jika saya adalah pemerintah, saya akan menutupnya,” kata Dimon tentang crypto dalam sidang kongres pada awal Desember.

- Ben McKenzie

Ben McKenzie adalah aktor yang terkenal karena membintangi acara televisi The O.C. Dia juga seorang aktivis dan juru kampanye politik. Dia gigih untuk menunjukkan kepada dunia betapa buruknya Bitcoin.

- Nouriel Roubini

Ekonom Nouriel Roubini dijuluki Dr. Doom atas serangan pedasnya terhadap Bitcoin dan pasar yang lebih luas. Roubini baru-baru ini mengumumkan bahwa dia akan menunjukkan kebenciannya yang mendalam terhadap semua hal tentang blockchain dengan menerbitkan stablecoinnya sendiri, flatcoin.

Perusahaan manajemen aset Roubini, Atlas Capital, akan menerbitkan Atlas Climate Token, sebuah stablecoin yang dipatok ke portofolio aset likuid dunia nyata yang dipilih dengan cermat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini