Sukses

Wajib Tahu, Ini Dia 5 Kripto Teratas Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

berikut 5 kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah aset kripto di dunia terus bertambah seiring waktu. Saat ini ada lebih dari 23 ribu aset kripto di dunia berdasarkan data dari Coinmarketcap.

Walaupun banyak kripto beredar, tetapi tidak semua aset kripto memiliki keamanan yang kuat. Selain itu, Dari puluhan ribu koin kripto tersebut masing-masing memiliki keunikan, harga, dan jenisnya masing-masing.

Meskipun begitu, ada beberapa kripto yang berada di jajaran teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Deretan kripto ini selalu dicermati proyek hingga pergerakan harganya. Dilansir dari Coinmarketcap, berikut 5 kripto teratas berdasarkan kapitalisasi pasarnya:

Bitcoin (BTC)

Bitcoin adalah kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Bitcoin juga menjadi kripto pertama yang muncul di dunia.

Selain itu pergerakan Bitcoin seringkali menjadi patokan dari pergerakan harga kripto lainnya. Sepanjang 2023, harga Bitcoin telah menguat sekitar 124 persen 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, saat ini kapitalisasi pasar Bitcoin berada di angka Rp 10.375  triliun atau sebesar 51,1 persen dari keseluruhan kapitalisasi aset kripto.

Ethereum (ETH)

Kripto kedua terbesar di dunia adalah Ether (ETH). Ethereum merupakan sistem blockchain sumber terbuka terdesentralisasi yang memiliki mata uang kriptonya sendiri, Ether.

ETH berfungsi sebagai platform untuk banyak mata uang kripto lainnya, serta untuk pelaksanaan kontrak pintar terdesentralisasi.

Ethereum memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 3.679 triliun atau menguasai 17,7 persen kapitalisasi pasar kripto keseluruhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kripto Lainnya

Tether (USDT)

Tether (USDT) adalah aset kripto yang harganya dipatok dengan dolar AS atau sering disebut Stablecoin. USDT diluncurkan pada 2014, ide di balik Tether adalah untuk menciptakan mata uang kripto yang stabil yang dapat digunakan seperti dolar digital. 

Tether saat ini menduduki posisi kripto terbesar ketiga berdasarkan kapitalisasi pasar di dunia. Kapitalisasi pasar Tether saat ini sebesar Rp 1.368 triliun.

Binance Coin (BNB Coin)

BNB Coin adalah koin milik pertukaran kripto terbesar di dunia, Binance. BNB diluncurkan melalui penawaran perdana koin pada 2017, 11 hari sebelum bursa mata uang kripto Binance online.

Binance bertujuan untuk membawa pertukaran cryptocurrency ke garis depan aktivitas keuangan secara global. Ide di balik nama Binance adalah untuk menunjukkan paradigma baru ini dalam keuangan global yaitu Binary Finance, atau Binance.

Jaringan Binance mencakup Binance Chain, Binance Smart Chain, Binance Academy, Trust Wallet, dan proyek Penelitian, yang semuanya menggunakan kekuatan teknologi blockchain untuk menghadirkan keuangan zaman baru ke dunia. 

Saat ini BNB Coin menjadi kripto terbesar keempat di dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 578,05 triliun.

 

3 dari 3 halaman

XRP Coin

XRP adalah aset digital yang dibangun untuk pembayaran global yang diciptakan oleh perusahaan induknya, Ripple. Ripple berencana untuk menyaingi transfer uang yang biasanya dilakukan oleh sistem perbankan.

Saat ini Ripple menduduki posisi kelima sebagai aset kripto terbesar dengan kapitalisasi pasarnya yang menyentuh Rp 526,74 triliun. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini