Sukses

Kripto Asli Binance Kembali Melemah, Berikut Kinerjanya Hari Ini 13 November 2023

Selain sebagai pertukaran kripto terbesar secara global, Binance telah meluncurkan seluruh ekosistem fungsi untuk penggunanya

Liputan6.com, Jakarta - Diluncurkan pada Juli 2017, Binance adalah pertukaran cryptocurrency terbesar secara global berdasarkan volume perdagangan harian. Kripto asli jaringan Binance yaitu BNB Coin jadi kripto 10 teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Binance bertujuan untuk membawa pertukaran cryptocurrency ke garis depan aktivitas keuangan secara global. Ide di balik nama Binance adalah untuk menunjukkan paradigma baru ini dalam keuangan global yaitu Binary Finance, atau Binance.

Selain sebagai pertukaran kripto terbesar secara global, Binance telah meluncurkan seluruh ekosistem fungsi untuk penggunanya. Jaringan Binance mencakup Binance Chain, Binance Smart Chain, Binance Academy, Trust Wallet, dan proyek Penelitian, yang semuanya menggunakan kekuatan teknologi blockchain untuk menghadirkan keuangan zaman baru ke dunia. 

Binance memiliki token kripto utilitasnya sendiri yang disebut Binance Coin atau BNB Coin. Kripto ini menjadi salah satu deretan kripto teratas dan pergerakan harganya selalu diperhatikan investor. Berikut, kinerja BNB Coin pada perdagangan hari ini, Senin (13/11/2023).

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, BNB Coin melemah 0,18 persen dalam 24 jam terakhir. Harga BNB Coin saat ini berada di level Rp 3,92 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 11,2 triliun.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 4. BNB Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 594,6 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 159,9 juta BNB Coin dari maksimal suplai 200 juta BNB Coin.

Siapa Pendiri BNB?

Changpeng Zhao adalah pendiri dan CEO Binance. Pada 2001, Zhao bergabung dengan Bloomberg sebagai kepala pengembangan perdagangan berjangka. Dia menghabiskan empat tahun dengan perusahaan dan kemudian bergabung dengan Fusion Systems sebagai mitra.

Sejak 2013, Changpeng Zhao telah aktif terlibat dengan teknologi blockchain dan cryptocurrency. Dia menjadi kepala pengembangan di Blockchain, dan pada 2015 dia mendirikan BijieTech. Pada 2017, Zhao secara resmi meluncurkan Binance, dan dia telah menjadi CEO perusahaan sejak saat itu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penasihat FTX Bagikan Data Pelanggan dengan FBI

Sebelumnya diberitakan, penasihat pertukaran kripto FTX yang bangkrut telah mengungkapkan data dari transaksi pelanggan dan akun di Biro Investigasi Federal (FBI), menurut dokumen pengadilan yang dilihat oleh Bloomberg.

Melansir Cointelegraph, Sabtu (4/11/2023), menanggapi panggilan pengadilan yang dikeluarkan oleh beberapa kantor lapangan FBI selama beberapa bulan terakhir, konsultan FTX menyerahkan catatan penegakan hukum tentang perdagangan pelanggan tertentu di bursa kripto yang bangkrut.

Permintaan FBI diungkapkan dalam catatan penagihan dari Alvarez dan Marsal, sebuah konsultan yang bertindak sebagai penasihat keuangan untuk FTX. Selama beberapa bulan terakhir, staf perusahaan tersebut mengumpulkan informasi dari perdagangan beberapa pelanggan di kantor FBI di Portland, Philadelphia, Oakland, Minneapolis, dan Cleveland.

Catatan penagihan tidak mengungkapkan jenis investigasi apa yang dilakukan FBI atau siapa targetnya, meskipun panggilan pengadilan grand jury disebutkan dalam salah satu catatan.

Dalam pengajuan pengadilan, Alvarez dan Marsal melaporkan berbagi data transaksi dari penyedia komputasi awan FTX pada September sebagai tanggapan atas panggilan pengadilan yang dikeluarkan oleh kantor FBI di Philadelphia.  

Mereka juga menyelidiki rekening dan transaksi pelanggan pada bulan Juli, menyusul permintaan dari kantor FBI di Oakland.  

 

 

3 dari 4 halaman

Ekstrasi Informasi Pelanggan

Selain itu, pada Agustus, perusahaan tersebut mengekstraksi informasi pelanggan terkait dengan transaksi tertentu, sesuai dengan panggilan pengadilan dari kantor FBI di Portland.

Pelanggan FTX pada akhirnya akan membayar pekerjaan tersebut. Menurut Bloomberg, pada Juli, Agustus, dan September, dua penasihat menagih lebih dari USD 21.000 untuk layanan terkait FBI. Secara total, Alvarez dan Marsal telah mengenakan biaya hampir USD 100 juta dari FTX sejak November 2022, menurut catatan pengadilan. Uang tersebut akan dikurangi dari pemulihan untuk pelanggan FTX.

CEO baru FTX, John J. Ray III, baru-baru ini mengungkapkan pelanggan bursa dapat menerima lebih dari 90 persen aset mereka pada akhir 2024 sebagai hasil dari usulan penyelesaian antara kreditur dan debitur FTX.

 

4 dari 4 halaman

Regulator Inggris Peringatkan Masalah Umum saat Pemasaran Kripto

Sebelumnya diberitakan,  Coinbase Global (COIN), bursa kripto terbesar di Amerika Serikat (AS), membukukan kerugian kuartalan ketujuh berturut-turut karena volume perdagangan dan jumlah pelaku pasar yang berdagang di platformnya menurun.

Coinbase alami kerugian sebesar USD 2 juta atau setara Rp 31,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.852 per dolar AS) pada kuartal ketiga melampaui ekspektasi Wall Street. 

“Di tengah tingkat volatilitas yang rendah selama beberapa tahun, kami senang dengan hasil keuangan kami,” kata Coinbase dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (3/11/2023). 

Coinbase masih berada di tengah perselisihan hukum dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), yang menggugat bursa tersebut pada Juni karena diduga mengoperasikan bursa, pialang, dan lembaga kliring sekuritas kripto yang tidak berlisensi, sehingga membahayakan pendapatan masa depannya.

Perusahaan memilih untuk membela diri di pengadilan dan CEO-nya Brian Armstrong sangat vokal mengenai ketidaksetujuannya dengan SEC. Argumen lisan akan disidangkan pada 17 Januari di ruang sidang Manhattan.

Perusahaan juga secara aktif melobi Washington untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana dunia kripto diatur.

“Meskipun pembuatan undang-undang bisa berjalan lambat dan tidak dapat diprediksi, kami masih optimis AS akan melakukan hal ini dengan benar,” lanjut perusahaan tersebut. 

Terlepas dari tantangan hukum dan peraturan, saham Coinbase naik 128 persen sejak awal tahun. Sahamnya mendapat keuntungan dari reli bitcoin dan aset digital lainnya. 

Selama setahun di tengah spekulasi SEC mungkin memberikan persetujuan untuk ETF bitcoin spot, yang akan memungkinkan investor mendapatkan eksposur terhadap mata uang kripto tanpa harus memilikinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini