Sukses

Robinhood Siap Luncurkan Perdagangan Kripto di Eropa

CEO Robinhood Vlad Tenev terus mempersiapkan ekspansi lebih lanjut.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto Robinhood baru-baru ini mengumumkan kinerja perusahaan yang menunjukkan hasil kinerja perusahaan yang tidak cukup baik. Jumlah kripto yang disimpan atas nama pelanggan menurun sekitar 11 persen sejak kuartal terakhir, angka saat ini sebesar USD 10,2 miliar atau setara RP 160,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.710 per dolar AS).

Meskipun kinerja perusahaan tidak cukup baik, CEO Robinhood Vlad Tenev terus mempersiapkan ekspansi lebih lanjut. Salah satu ekspansi ini adalah rencana Robinhood untuk mengaktifkan perdagangan kripto di Uni Eropa, yang akan dilakukan dalam beberapa minggu ke depan.

“Ke depan, kami tetap fokus untuk menyediakan produk-produk terdepan di industri yang melayani lebih banyak kebutuhan finansial nasabah, memperoleh pangsa pasar, berekspansi secara internasional, dan terus mengubah industri menjadi lebih baik,” kata Tenev, dikutip dari Crypto Potato, Jumat (10/11/2023).

Lingkungan Peraturan yang Lebih Baik

Hingga saat ini, perdagangan kripto di Robinhood hanya dapat dilakukan di AS. Namun, hanya beberapa bulan setelah perusahaan tersebut mengumumkan rencana untuk mengakuisisi perusahaan di Inggris sebelum jadwal ekspansi ke luar negeri, Robinhood akan membawa kemampuan perdagangan kripto ke Eropa.

Menurut Tenev, lingkungan peraturan di Eropa mengizinkan serangkaian aset yang berbeda dari yang tersedia di AS kemungkinan merujuk pada keputusan untuk menghapus ADA, SOL, dan MATIC setelah SEC menggugat Binance dan Coinbase karena mengizinkan token tersebut menjadi diperdagangkan.

“Kejelasan peraturan (di UE) akan memungkinkan Robinhood menawarkan serangkaian aset yang berbeda dibandingkan dengan AS. Akan sangat disayangkan jika inovasi di pasar mata uang kripto dikooptasi di luar negeri,” jelas Tenev.

Ark Invest, eToro, dan Galaxy Digital juga mengumumkan rencana untuk beralih ke Eropa dalam beberapa bulan terakhir, karena SEC terus menuntut perusahaan yang dianggap melanggar hukum keuangan Amerika.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

New York Bakal Perketat Proses Listing Koin Kripto Baru

Sebelumnya, proses listing kripto baru di New York menghadapi pembatasan yang lebih ketat dari Departemen Layanan Keuangan New York, terutama jika mereka menargetkan klien ritel, menurut usulan pedoman terbaru yang dikeluarkan oleh regulator pada Senin, 18 September 2023.

Penerima lisensi perlu menilai risiko hukum, reputasi, dan pasar dari setiap koin baru, dan mereka juga harus menetapkan bagaimana mereka akan membalikkan proses tersebut dengan membatalkan pencatatan token, menurut konsultasi, yang diusulkan oleh Inspektur Departemen Jasa Keuangan New York (DFS) Adrienne Harris.

"Sejak bergabung dengan DFS, saya menjadikannya prioritas untuk memastikan kemampuan re2023).

Harris menambahkan, mengutip tim yang terdiri lebih dari 60 staf dan lebih dari USD 132 juta atau setara Rp 2 triliun (asumsi kurs Rp 15.382 per dolar AS) di DFS. denda yang dikenakan pada perusahaan mata uang virtual.

Pada April, regulator yang sebelumnya telah memberikan sanksi kepada perusahaan seperti Coinbase dan Robinhood menetapkan bagaimana perusahaan kripto akan dianalisis ber gulasi dan operasional Departemen sejalan dengan perkembangan industri untuk melindungi konsumen dan pasar,” kata Harris, dikutip dari CoinDesk, Kamis (21/9/2023).

Berdasarkan norma pencucian uang dan keamanan siber. Sebagai bagian dari langkah pada September, regulator juga memperbarui daftar koin yang masuk daftar hijau yang dapat didaftarkan atau disimpan oleh pemegang lisensi tanpa hambatan peraturan lebih lanjut dan sekarang mencakup bitcoin (BTC), ether (ETH), dan stablecoin yang diterbitkan oleh PayPal dan Gemini.

New York telah menjadi pionir AS dalam mengatur kripto, meskipun beberapa pihak menyambut baik kejelasan peraturan tersebut, perusahaan seperti Kraken telah menarik diri sebagai bentuk protes. 

 

3 dari 4 halaman

Pengawasan SEC Makin Ketat, Kini Targetkan Pertukaran Kripto Robinhood

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto, Robinhood mengungkapkan perusahaan dipanggil oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Perusahaan mengungkapkan penyelidikan dalam pengajuan terbarunya dengan SEC. 

Di dalamnya, perusahaan mencantumkan di antara berbagai pengungkapan potensi risiko terhadap bisnisnya sebuah panggilan pengadilan dari SEC terkait mata uang kripto yang didukung, penyimpanan mata uang kripto, dan operasi platform Robinhood.

Robinhood saat ini mencantumkan 18 cryptocurrency di platform perdagangannya, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin. Investor dapat membeli paling sedikit USD 1 atau setara Rp 15.210 untuk mulai berinvestasi kripto.

Panggilan dari SEC mengharuskan seseorang untuk hadir di hadapan pengadilan untuk bersaksi atau memberikan dokumentasi saat penyelidikan aktif. 

Robinhood mengatakan menerima permintaan panggilan pengadilan serupa dari kantor Kejaksaan Agung California terkait platform perdagangannya, penyimpanan aset pelanggan, pengungkapan pelanggan, dan daftar koin. 

 

 

4 dari 4 halaman

Tindakan Keras

“Kami tidak memiliki tambahan apa pun untuk dibagikan di sini selain yang ada dalam pengajuan,” kata juru bicara Robinhood dikutip dari Decrypt, Selasa (28/2/2023). 

Perusahaan melewati periode "pertumbuhan besar" selama pandemi COVID-19, berkat suku bunga rendah, pemeriksaan stimulus, dan kemudahan aplikasinya yang memungkinkan investor ritel untuk membeli dan menjual saham dan mata uang kripto seperti Bitcoin.

Langkah dari SEC kepada Robinhood adalah yang terbaru dalam tindakan keras terhadap industri cryptocurrency menyusul runtuhnya aset digital mega exchange FTX tahun lalu.

Pengetatan Pengawasan SECKetua SEC Gary Gensler ingin menindak semua koin dan token yang dia yakini sebagai sekuritas yang tidak terdaftar dan menjelaskan dia percaya pada dasarnya semua yang ada di pasar kripto kecuali Bitcoin adalah sekuritas tak terdaftar.

Pada Januari 2023, SEC memukul Genesis dan Gemini dengan tuduhan menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar dan awal Februari SEC mendenda pertukaran kripto Amerika Kraken USD 30 juta atau setara Rp 456,3 miliar karena melanggar undang-undang sekuritas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.