Sukses

Harga Bitcoin Pulih, 3 Saham Kripto Ini Dapat Dicermati Investor

Di tengah menguatnya harga Bitcoin, berikut beberapa saham terkait kripto yang dapat dicermati investor

Liputan6.com, Jakarta- Bitcoin (BTC) kembali pulih setelah sempat melemah selama beberapa bulan terakhir. Reli dimulai pada 16 Oktober setelah Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) memutuskan untuk tidak mengajukan banding atas kerugiannya terhadap Grayscale Investments di pengadilan.

Hal ini menghidupkan kembali optimisme bahwa persetujuan ETF bitcoin mungkin akan segera terjadi. Hal ini membuat Bitcoin dan mata uang kripto utama lainnya seperti Ethereum (ETH), Cardano (ADA), Dogecoin (DOGE), dan BNB (BNB) mengalami reli.

Harga Bitcoin sempat menyentuh USD 35.000 atau setara Rp 556,2 juta (asumsi kurs Rp 15.878 per dolar AS). Di tengah kondisi penguatan kembali pasar kripto, ada beberapa saham terkait kripto yang dapat dicermati investor. Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (26/10/2023), berikut daftarnya:

NVIDIA Corporation

NVIDIA Corporation (NVDA) adalah pemain utama dalam industri semikonduktor dan telah menjadi salah satu kisah sukses yang menonjol pada 2023. Sebagai perancang unit pemrosesan grafis (GPU) terkemuka, nilai saham NVDA cenderung melonjak di pasar kripto yang berkembang. 

Hal ini terutama disebabkan oleh peran penting GPU dalam pusat data, kecerdasan buatan, dan penambangan atau produksi mata uang kripto. Tingkat pertumbuhan pendapatan yang diharapkan NVIDIA untuk tahun ini adalah 221,6 persen.

Coinbase Global

Coinbase Global (COIN), menawarkan infrastruktur dan teknologi keuangan untuk mendukung ekonomi mata uang kripto global. Tingkat pertumbuhan pendapatan yang diharapkan Coinbase Global untuk tahun ini adalah 85.2 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Block Inc

COIN menyediakan akun keuangan utama bagi konsumen di ruang kripto, pasar dengan likuiditas untuk transaksi aset kripto institusional, dan teknologi serta layanan bagi pengembang untuk membangun aplikasi berbasis kripto dan menerima mata uang kripto dengan aman sebagai pembayaran.

Block Inc

Block adalah platform pembayaran digital dan seluler online untuk konsumen dan pedagang dan merupakan perusahaan induk dari Square dan Cash App. Block memiliki tingkat pertumbuhan pendapatan yang diharapkan sebesar 69 persen untuk tahun ini.

Pengguna Aplikasi Tunai dapat membeli, menjual, mengirim dan menerima Bitcoin. Selain itu, platform tbd terdesentralisasi SQ memungkinkan pengembang membangun aplikasi keuangan terdesentralisasi untuk dijalankan pada blockchain yang dapat diprogram. SQ juga merupakan salah satu investor Bitcoin terbesar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Melonjak Bikin Likuidasi Rp 6,3 Triliun di Pasar Kripto

Sebelumnya diberitakan, lonjakan harga besar-besaran untuk Bitcoin dan mata uang kripto utama lainnya telah mengakibatkan likuidasi senilai hampir USD 400 juta atau setara Rp 6,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.864 per dolar AS) bagi pedagang dengan leverage selama 24 jam terakhir.

Likuidasi mengacu pada saat bursa menutup paksa posisi leverage pedagang karena hilangnya sebagian atau seluruh margin awal pedagang. Hal ini terjadi ketika seorang trader tidak mampu memenuhi persyaratan margin untuk posisi leverage gagal memiliki dana yang cukup untuk menjaga perdagangan tetap terbuka.

Dilansir dari Coinmarketcap, Rabu (25/10/2023), sebagian besar posisi yang dilikuidasi adalah posisi short, karena pasar kripto membuat banyak pedagang lengah dengan momentum kenaikan yang tiba-tiba.

Menurut data dari CoinGlass, short Bitcoin (BTC) mengalami likuidasi sebesar USD 177,15 juta atau setara Rp 2,8 triliun, sedangkan short Ethereum (ETH) memiliki posisi senilai USD 42.23 juta atau setara Rp 670,6 miliar yang dilikuidasi.

Secara total di pasar kripto, 94.168 pedagang dilikuidasi dalam 24 jam terakhir, dengan perintah likuidasi BTC tunggal terbesar senilai USD 9,98 juta atau setara Rp 158,4 miliar pada pasangan perdagangan BTCUSDT.

Likuidasi terjadi ketika Bitcoin melonjak melewati USD 34.900 atau setara Rp 554,2 juta untuk pertama kalinya sejak Mei 2022, naik lebih dari 10 persen dalam 24 jam terakhir. Ether, Chainlink, dan altcoin besar lainnya juga membukukan keuntungan signifikan.

4 dari 4 halaman

Terungkap, Tesla Absen dari Transaksi Bitcoin Sejak Pertengahan 2022

Sebelumnya diberitakan, Perusahaan pembuat mobil listrik, Tesla (TSLA) diketahui tidak melakukan transaksi Bitcoin selama dua kuartal berturut-turut.

Berdasarkan laporan keuangan terbaru perusahaan, menunjukkan bahwa Tesla memiliki aset digital senilai USD 184 juta pada 30 Juni, jumlah yang sama dengan posisi akhir Maret 2023 dan Desember 2022.

Perubahan signifikan terakhir Tesla dalam kepemilikan aset digital terjadi pada kuartal terakhir tahun lalu, ketika kepemilikannya turun dari USD 218 juta menjadi USD 184 juta.

Sebelumnya, pada Juli 2022, perusahaan mengatakan menjual sebagian dari Bitcoin-nya seharga USD 936 juta. Penjualan itu berjumlah sekitar tiga perempat dari Bitcoin yang awalnya dibeli perusahaan pada awal 2021.

Pada akhir kuartal kedua tahun ini, harga bitcoin kira-kira USD 30.400, naik dari sekitar USD 28.500 pada akhir kuartal pertama. Namun, aturan akuntansi saat ini tidak mengizinkan penilaian aset digital dinaikkan saat harga naik, kecuali jika aset tersebut dijual, tetapi dapat dikurangi saat harga turun, bahkan sebelum penjualan.

Melansir Coindesk, Kamis (20/7/2023), Tesla belum membeli atau menjual bitcoin apa pun sejak kuartal kedua tahun lalu.

Perusahaan awalnya membeli bitcoin senilai USD 1,5 miliar pada awal 2021, dengan CEO Elon Musk memberikan dorongan pada harga bitcoin, juga mengatakan Tesla akan menerima bitcoin sebagai pembayaran untuk mobilnya, yang akhirnya ditarik kembali oleh Musk.

Kabar nihilnya transaksi Bitcoin Tesla datang bersamaan dengan laporan keuangan perusahaan kuartal II 2023. Pada periode tersebut, Tesla melaporkan laba per saham yang disesuaikan sebesar USD 0,91, dibandingkan perkiraan analis konsensus sebesar USD 0,80, menurut FactSet.

Pendapatan Tesla pada kuartal II tercatat sebesar USD 24,9 miliar, melampaui perkiraan analis sebesar USD 24,2 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini