Sukses

Cadangan Bitcoin Coinbase Sentuh Rp 383,9 Triliun

Pengungkapan ini menempatkan Coinbase di garis depan lanskap Bitcoin, memposisikannya sebagai entitas Bitcoin terbesar di dunia

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah penemuan penting, platform intelijen blockchain terkemuka Arkham Intel telah mengidentifikasi cadangan Bitcoin (BTC) senilai USD 25 miliar atau setara Rp 383,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.357 per dolar AS) yang disimpan oleh Coinbase, bursa mata uang kripto terkemuka yang berbasis di AS.

Dilansir dari NewsBTC, Senin (25/9/2023), pengungkapan ini menempatkan Coinbase di garis depan lanskap Bitcoin, memposisikannya sebagai entitas Bitcoin terbesar di dunia bersama Satoshi Nakamoto. Cadangan yang ditemukan berjumlah hampir 5 persen dari total pasokan Bitcoin.

Coinbase Sebagai Pemegang Bitcoin Teratas

Analisis komprehensif Arkham Intel telah berhasil menandai lebih dari 36 juta deposit Bitcoin dan alamat penyimpanan yang terkait dengan Coinbase. Hebatnya, cold wallet terbesar Coinbase saja berisi sekitar 10.000 BTC, yang menjadi bukti skala kepemilikan mereka.

Namun, Arkham Intel mengatakan cadangan Bitcoin Coinbase yang sebenarnya mungkin melebihi alamat yang teridentifikasi.

Berdasarkan laporan keuangan Coinbase baru-baru ini, kemungkinan besar bursa tersebut memiliki ribuan BTC lagi yang belum dilacak dan diberi label.

Selain itu, platform Arkham Intel mengungkapkan Coinbase menyimpan sejumlah besar kripto selain Bitcoin. Pertukaran yang berbasis di AS dilaporkan memiliki sekitar 1,68 juta ETH (Ethereum) senilai USD 2,69 miliar atau setara Rp 41,3 triliun. 

Selain itu, Coinbase memegang 68,59 juta token LINK (Chainlink), diperkirakan bernilai USD 471 juta atau setara Rp 7,2 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadapi Pengawasan Regulator, Volume Perdagangan Bitcoin Binance Turun 57 Persen

Volume perdagangan bitcoin (BTC) di Binance anjlok bulan ini karena tuntutan hukum dan pengawasan peraturan yang meningkat di bursa kripto terbesar di dunia. 

Menurut K33 Research, rata-rata volume spot BTC 7 hari Binance turun 57 persen sejak awal September dibandingkan pembacaan yang rata-rata datar di sejumlah bursa lainnya. Volume di pesaing Coinbase yang berbasis di AS lebih tinggi sebesar 9 persen selama periode ini.

Penurunan dramatis ini terjadi ketika Binance berada di bawah pengawasan regulator di seluruh dunia menyusul serangkaian tuntutan hukum, penolakan lisensi, dan penarikan sukarela. 

Jaksa di Departemen Kehakiman AS (DOJ) dilaporkan sedang mempertimbangkan tuntutan terhadap perusahaan tersebut, sementara Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) tiga bulan lalu menggugat Binance, entitas bursa AS Binance US dan pendiri Changpeng Zhao, dengan tuduhan berulang kali undang-undang sekuritas federal.

“Kasus DOJ dan SEC yang sedang berlangsung dengan Binance mungkin telah menghalangi para pembuat pasar untuk berdagang di Binance, yang menjelaskan sebagian dari penurunan tersebut,” kata analis senior K33 Research, Vetle Lunde dikutip dari CoinDesk, Minggu (23/9/2023).

Lunde menambahkan, beberapa perkembangan pasar mungkin telah bocor ke bursa lain, tetapi hampir dapat dipastikan kesengsaraan Binance berdampak negatif pada volume pasar.

Binance pada 7 September membatasi promosi tanpa biaya untuk perdagangan BTC dengan stablecoin TrueUSD (TUSD), salah satu pasangan perdagangan paling likuid di platform, yang mungkin berkontribusi terhadap penurunan tersebut.

Binance US juga mengalami penurunan dalam aktivitas perdagangan. Data dari perusahaan analisis kripto Kaiko menunjukkan keseluruhan volume perdagangan mingguan pada platform tersebut turun menjadi USD 40 juta atau setara Rp 615,2 miliar (asumsi kurs Rp 15.381 per dolar AS) dari hampir USD 5 miliar atau setara Rp 76,9 triliun pada awal tahun ini, penurunan sekitar 99 persen.

3 dari 3 halaman

Harga Bitcoin Diprediksi Sentuh Rp 568 Juta pada Akhir 2023

Sebelumnya, kuartal terakhir setiap tahun secara historis merupakan yang terkuat bagi bitcoin (BTC) dalam hal kinerja, dengan pengembalian rata-rata lebih dari 35 persen selama sembilan tahun terakhir.

Dalam laporan terbaru penyedia layanan kripto Matrixport, Rabu, 20 September 2023 memprediksi harga Bitcoin dapat menyentuh USD 37.000 atau setara Rp 568,5 juta (asumsi kurs Rp 15.368 per dolar AS). 

“Jika sejarah adalah panduan, bitcoin bisa mencapai USD 37,000 pada akhir tahun,” tulis kepala penelitian Matrixport, Markus Thielen dalam laporannya, dikutip dari CoinDesk, Kamis (21/9/2023).

Thielen menjelaskan, Oktober juga menjadi bulan yang sangat kuat, dengan pengembalian bitcoin yang positif dalam tujuh dari sembilan tahun terakhir, dengan pengembalian rata-rata 20 persen.

Analisis teknis Matrixport menunjukkan bitcoin baru-baru ini membuat sinyal terobosan baru. Sepuluh kali terakhir model ini dipicu, harganya naik rata-rata lebih dari 9 persen dalam waktu singkat.

Katalis potensial lainnya pada bulan Oktober adalah tenggat waktu kedua untuk pengajuan dana yang diperdagangkan di bursa spot (ETF) bitcoin, ketika Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) harus mengumumkan atau menunda keputusannya untuk menyetujui ETF ini, tambah laporan itu.

Regulator mengatakan pada Agustus mereka menunda keputusannya apakah akan menyetujui semua aplikasi ETF bitcoin spot atau tidak hingga Oktober.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini