Sukses

Thailand Bakal Tutup Facebook, Buntut Iklan Penipuan Kripto

Pada 21 Agustus 2023, Kementerian Ekonomi Digital dan Masyarakat menyatakan lebih dari 200.000 orang telah ditipu oleh iklan Facebook yang menggembar-gemborkan penipuan kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Thailand sedang mengupayakan perintah penutupan oleh pengadilan terhadap Facebook karena iklan penipuan kripto dan investasi yang ditampilkan di platformnya. Pada 21 Agustus 2023, Kementerian Ekonomi Digital dan Masyarakat (Ministry of Digital Economy and Society/MDES) menyatakan lebih dari 200.000 orang telah ditipu oleh iklan Facebook yang menggembar-gemborkan penipuan kripto, berinvestasi dalam bisnis palsu, dan lembaga pemerintah palsu seperti Komisi Sekuritas dan Bursa.

Taktik populer yang digunakan oleh para penipu termasuk investasi kripto dan penipuan perdagangan. Beberapa iklan juga diduga menggunakan gambar selebritas dan tokoh keuangan terkenal, komplit dengan janji imbal hasil hingga 30 persen setiap hari untuk menjaring orang ikut ke dalam skema tersebut.

Melansir Cointelegraph, Selasa (22/8/2022), Menteri MDES Chaiwut Thanakamanusorn mengatakan pihaknya telah berbicara dan mengirim surat ke platform milik Meta mengenai masalah tersebut. Kementerian saat ini sedang mengumpulkan bukti iklan penipuan, yang disebut mencapai lebih dari 5.300 iklan. Pada akhir bulan, pihaknya siap meminta pengadilan untuk menutup Facebook dalam waktu tujuh hari.

"MDES sedang dalam proses mengumpulkan bukti dari pelanggar di platform Facebook untuk mengirim ke pengadilan agar menutup Facebook pada akhir bulan ini dan meminta pengadilan untuk memerintahkan penutupan wilayah Facebook dalam waktu 7 hari karena pelanggaran Facebook,".

Menteri menegaskan jika Facebook ingin berbisnis di Thailand, harus menunjukkan tanggung jawab kepada masyarakat Thailand.

Di sisi lain, Kementerian memperingatkan tentang bagaimana penipuan semacam itu biasanya beroperasi. Sekaligus, mengimbau agar konsumen waspada terhadap janji pengembalian imbal hasil yang tinggi dan iklan yang biasanya menggunakan gambar tokoh terkenal.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi di Kanada Pakai Teknologi Blockchain untuk Berantas Kejahatan Kripto

Sebelumnya, Polisi di Kanada mengungkapkan telah melakukan penyidikan menggunakan perangkat lunak pengawasan blockchain Chainalysis Reactor untuk memberantas kejahatan kripto.

Pihak kepolisian membahas situasi tersebut dengan sersan Kevin Talbot dari Unit Kejahatan Ekonomi Lethbridge Police Service (LPS). Talbot telah dilatih dalam analisis blockchain, yang dianggap sebagai kemajuan signifikan untuk kekuatan yang lebih kecil seperti LPS.

Laporan tersebut mencatat teknologi memungkinkan LPS untuk melacak transaksi, mengidentifikasi tersangka, dan menentukan di mana dana telah disimpan, meskipun menuntut para penipu masih menjadi tantangan. 

Talbot mengungkapkan itu memungkinkan kepolisian untuk menulis perintah produksi untuk mengumpulkan informasi tentang pemegang akun.

"Kami akan sampai pada titik di mana kami memiliki data transaksi tetapi kami tidak dapat melacaknya karena memerlukan pemrograman khusus untuk melakukan hal-hal dan pelatihan ini. Di Kanada, kami membuat kemajuan,” kata Talbot, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (21/8/2023).

Talbot menambahkan, akan menggunakan program Reaktor Rantai untuk melakukan pelacakan ke pertukaran. Informasi tersebut kemudian dibagikan kepada penyelidik yang kemudian akan menulis perintah produksi untuk mendapatkan informasi tentang pemegang akun, apakah ada dana di akun tersebut dan ke mana dana tersebut telah ditransfer.

“Fokus saat kami melakukan penyelidikan ini ada dua. Kami ingin mengadili seseorang tetapi sering kali meskipun individu yang terlibat berada di luar negeri yang membuatnya sedikit lebih sulit untuk dituntut, tetapi tidak selalu ada kesempatan di mana mereka lokal atau setidaknya di Amerika Utara,” pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini