Sukses

Ketahui Apa Itu Istilah Moon Bitcoin dan Pengertiannya

Beberapa pihak beranggapan bahwa istilah mooning dalam crypto asalnya dari sebuah kalimat “Bitcoin to the moon”

Liputan6.com, Jakarta Moon bitcoin merupakan istilah yang sering dipakai dalam dunia altcoin yang mempunyai arti kenaikan atau penurunan secara dignifikna, merujuk pada kata 'mooning'.

Peningkatan atau penurunan harga bitcoin yang signifikan ini bisa digunakan oleh investor untuk memperoleh keuntungan.

Sebagai contoh, saat harga bitcoin tinggi, investor bisa menjualnya. Sebaliknya, ketika harga bitcoin turun, investor bisa masuk kembali untuk mengoleksinya.

Perlu dicatat bahwa banyak penggemar cryptocurrency dan influencer menggunakan ungkapan tersebut dalam upaya untuk meyakinkan orang lain di media sosial, menyatakan bahwa koin atau token tertentu akan segera meroket alias 'to the moon'.

Namun nyatanya, kebanyakan dari mereka hanya “menghamburkan uang mereka sendiri”, yaitu mencoba mempengaruhi pasar untuk mendukung kepemilikan mereka sendiri.

Fenomena seperti itu sangat jelas selama pasar bull 2017, ketika pedagang, investor, dan bahkan media arus utama mendapat euforia tentang harga Bitcoin dan pasar cryptocurrency yang meningkat.

Melansir berbagai sumber, beberapa pihak beranggapan bahwa istilah mooning dalam crypto asalnya dari sebuah kalimat “Bitcoin to the moon”, sehingga acap digunakan untuk menggambarkan keyakinan bahwa suatu aset akan mengalami kenaikan signifikan.

Kalimat tersebut pertama kali terdengar pada tahun 2017. Saat itu nilai Bitcoin mengalami lonjakan menjadi USD 20 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ungkapan Jadi Lebih Luas

Ungkapan to the moon pada saat itu mengacu pada kemampuan Bitcoin dalam meningkatkan nilainya di pasar. Tetapi seiring waktu, ungkapan tersebut justru diperluas untuk menggambarkan aset cryptocurrency lain yang akan memiliki potensi kenaikan di masa mendatang.

Selain mooning Bitcoin pada tahun 2017, fenomena crypto to the the moon sebetulnya cukup sering terjadi. Misalnya seperti Dogecoin (DOGE) yang mengalami to the moon ketika nilainya USD 0,01 pada Januari 2021 menjadi lebih dari USD 0,70 pada Mei 2021.

Ethereum (ETH) juga mengalami mooning berupa kenaikan signifikan selama 2021. Di mana nilainya meningkat dari USD 1.000 menjadi hampir USD 5.000 antara Januari dan Oktober 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.