Sukses

Harga Kripto Hari Ini 30 April 2023: Bitcoin Lesu, Ethereum Melesat

Harga kripto jajaran teratas yang menghijau dan memerah hampir berimbang. Namun, bitcoin bergerak di zona merah pada perdagangan Minggu, 30 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas terpantau bergerak beragam pada perdagangan Minggu (30/4/2023). Harga kripto jajaran teratas yang menguat dan melemah hampir berimbang. Namun, bitcoin bergerak di zona merah.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) melemah 0,36 persen dalam 24 jam. Meski demikian, harga bitcoin menguat 5,69 persen dalam 24 jam terakhir. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 29.247,87 atau sekitar Rp 430,27 juta (asumsi kurs Rp 14.711 per dolar Amerika Serikat).

Sementara itu, harga ethereum (ETH) bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga ethereum naik 0,45 persen. Selama sepekan terakhir, harga ethereum bertambah 1,7 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.905,01 atau sekitar Rp 28,02 juta.

Harga kripto lainnya yakni binance coin (BNB) melemah 0,65 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB terpangkas 2,83 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 322,17.

Sementara itu, harga XRP naik 0,08 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga XRP menguat 1,7 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,4792.

Harga cardano (ADA) melemah dalam 24 jam terakhir. Harga cardano tergelincir 0,43 persen. Dalam sepekan terakhir, harga cardano melesat 2,15 persen.Saat ini, harga ADA berada di posisi USD 0,4036.

Harga dogecoin (DOGE) naik 1,62 persen dalam 24 jam terakhir.  Demikian juga selama sepekan terakhir, harga dogecoin menguat 1,71 persen. Kini,harga dogecoin berada di posisi USD 0,08165.

Selain itu, harga polygon (MATIC) naik 0,65 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga polygon merosot 1,7 persen. Saat ini, harga polygon berada di posisi USD 1,01.

Sementara itu, harga solana (SOL) terpangkas 0,95 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga solana melonjak 5,42 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 23,04.

Harga kripto hari ini seperti tether (USDT) turun 0,03 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tether naik 0,02 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) turun tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDC susut 0,03 persen. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 0,9999.

Adapun kapitalisasi pasar kripto global naik 0,05 persen menjadi USD 1,21 triliun dalam satu hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usai Digugat Coinbase, Ketua SEC Tegaskan Regulasi Kripto di AS Sudah Jelas

Sebelumnya, Ketua SEC Gary Gensler baru-baru ini mengeluarkan pernyataan untuk Coinbase dan pertukaran kripto lainnya. Gensler menyebut aturan kripto sudah jelas dan harus dipatuhi.

Dalam video yang diposting di Twitter pada Kamis, 27 April 2023, Gensler mengatakan pertukaran kripto harus memperlakukan cryptocurrency seperti sekuritas dan berhenti bertindak seolah-olah peraturannya ambigu.

Gensler memberi judul videonya, "Jam Kantor," dan mencoba menunjukkan apa yang dilakukan pertukaran kripto adalah pemasaran dan penjualan sekuritas yang sangat jelas, bahkan jika perdebatan tentang topik tersebut telah dikaburkan.

“Hukumnya jelas. Jika Anda adalah bursa sekuritas, lembaga kliring, pialang, atau dealer, Anda harus patuh, mendaftar dengan kami, dan menangani konflik kepentingan dan mengungkapkan informasi penting. Selama 90 tahun, undang-undang ini telah membantu melindungi investor seperti Anda,” kata Gensler, dikutip dari CNBC, Jumat (28/4/2023). 

Komentar regulator datang beberapa hari setelah pertukaran kripto Coinbase menggugat SEC, meminta agar agensi tersebut dipaksa untuk secara terbuka membagikan jawabannya atas petisi yang telah berumur berbulan-bulan tentang apakah itu akan memungkinkan industri kripto diatur menggunakan kerangka kerja SEC yang ada.

Coinbase, yang menerima pemberitahuan Wells pada Maret 2023 menunjukkan tindakan penegakan hukum dapat diharapkan, berpendapat SEC tidak konsisten dalam cara memperlakukan cryptocurrency dan industri kripto membutuhkan kejelasan peraturan.

Sejak Januari, SEC telah mengambil tindakan terhadap pertukaran kripto seperti Bittrex, Gemini, pemberi pinjaman kripto Genesis, dan sejumlah aktor individu yang dituduh memanipulasi aset kripto, termasuk pengusaha kripto Justin Sun dan pendiri Terraform Labs, Do Kwon.

Gensler mengatakan dengan tidak mematuhi peraturan SEC, platform tersebut tidak memiliki perlindungan investor dasar, yang menyebabkan klien tidak dapat mengakses dana mereka saat ada masalah, termasuk kebangkrutan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

3 dari 4 halaman

Akibat Regulasi Kripto di AS Tak Jelas, Coinbase Gugat SEC

Pertukaran cryptocurrency Coinbase telah mengajukan tindakan pengadilan untuk menekan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) tentang petisi Juli 2022 yang meminta panduan peraturan.

Dalam pengumuman pada Senin, 24 April 2023 kepala petugas hukum Coinbase, Paul Grewal, menekankan lebih dari 1.700 entitas dan individu mengirimkan komentar untuk mendukung permintaan kejelasan.

Perusahaan percaya kejelasan peraturan di ruang kripto sudah lama tertunda. Meskipun regulator sekuritas memulai serangkaian tindakan penegakan peraturan yang potensial, perusahaan kripto belum diberi tahu tentang bagaimana SEC percaya undang-undang tersebut berlaku untuk bisnis mereka.

“Dari pernyataan publik SEC dan aktivitas penegakan hukum di industri kripto, sepertinya SEC telah memutuskan untuk menolak petisi kami. Tapi mereka belum memberitahu publik. Jadi tindakan yang diajukan Coinbase hari ini hanya meminta pengadilan untuk meminta SEC membagikan keputusannya,” tulis Grewal, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (28/4/2023).

Grewal menambahkan, tidak biasa bagi suatu lembaga untuk melakukan tindakan penegakan hukum berdasarkan pandangan hukum yang belum dibagikan secara formal kepada publik. 

“Sekali lagi, Coinbase tidak meminta Pengadilan untuk menginstruksikan agensi bagaimana menanggapinya. Kami hanya meminta agar Pengadilan memerintahkan SEC untuk menanggapi sama sekali, yang secara hukum wajib mereka lakukan,” lanjut Grewal.

 

4 dari 4 halaman

Hal Disoroti

Perusahaan tersebut mencatat dalam pengumumannya pada Senin tindakan hukum yang diajukan adalah bagian dari permohonan berkelanjutan selama bertahun-tahun kepada para pemimpin di Washington untuk aturan jalan yang jelas.

Coinbase mengakui peraturan diperlukan dan menyoroti bagaimana perusahaan telah meminta pihak berwenang untuk menetapkan pedoman semacam itu untuk kejelasan yang lebih baik. 

Coinbase mencari “pembuatan peraturan dasar,” dan sementara tindakan pengadilan federal berusaha untuk mengatasi kebuntuan terkait petisi tersebut, perusahaan mengatakan akan dikejar sampai akhir.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.