Sukses

Yuga Labs Dominasi Pasar Global NFT, Sumbang 35 Persen Volume Perdagangan

Proyek yang dibuat atau dimiliki Yuga secara kolektif menghasilkan volume perdagangan senilai lebih dari USD 2 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Yuga Labs, pencipta koleksi NFT Bored Ape Yacht Club, terus mendominasi pasar NFT dan menyumbang hampir 35 persen pangsa dari semua volume perdagangan NFT selama enam bulan terakhir, menurut laporan baru oleh DappRadar.

Dilansir dari Decrypt, Jumat (28/4/2023), selain Bored Ape Yacht Club dan koleksi terkaitnya, termasuk Mutant Ape Yacht Club dan akta tanah game metaverse Otherside, Yuga Labs juga memperoleh hak intelektual dari proyek NFT CryptoPunks dan Meebits NFT dari pencipta asli Larva Labs pada 2022.

Proyek yang dibuat atau dimiliki Yuga secara kolektif menghasilkan volume perdagangan senilai lebih dari USD 2 miliar atau setara Rp 29,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.693 per dolar AS) selama gabungan dua kuartal terakhir, menurut laporan tersebut. Ini mewakili 34,6 persen dari total volume pasar selama rentang tersebut.

Bored Ape Yacht Club memimpin pasar gambar profil NFT (PFP) dengan harga dasar 51,45 ETH, atau sekitar USD 99.000, setara Rp 1,4 miliar diikuti oleh CryptoPunks dengan harga 49,49 ETH atau sekitar USD 95.150, setara Rp 1,3 miliar.

Diluncurkan pada April 2021, Bored Ape Yacht Club (BAYC) adalah kumpulan 10.000 gambar profil yang dicetak sebagai NFT di blockchain Ethereum. Ini dengan cepat mendapatkan popularitas.

Tidak puas dengan jaringan Ethereum, pada Februari, Yuga Labs juga meluncurkan TwelveFold, kumpulan 300 “NFT” generatif di jaringan Bitcoin menggunakan Ordinals Inscription. 

Kemenangan Yuga Labs dari Peniru Koleksi NFT

Sementara Yuga Labs dikenal karena mengizinkan pemegang NFT untuk membuat dan bahkan menjual proyek dan produk turunan, perusahaan juga telah membela kekayaan intelektualnya (IP) di pengadilan.

Minggu lalu, Yuga Labs memenangkan apa yang oleh perusahaan disebut sebagai "kemenangan hukum penting untuk Web3" ketika seorang hakim federal memutuskan mendukung artis Ryder Ripps dan sekutunya Jeremy Cahen. 

Pasangan ini telah meluncurkan koleksi peniru dari Bored Ape Yacht Club bernama RR/BAYC yang mereka sebut sebagai parodi dari proyek Yuga.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini