Sukses

Bittrex Keluar dari Pasar Kripto AS Akibat Ketidakpastian Peraturan

Pertukaran cryptocurrency Bittrex menutup operasi di Amerika Serikat karena ketidakpastian peraturan yang berkelanjutan di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran cryptocurrency Bittrex mengumumkan penutupan operasi di Amerika Serikat (AS) pada Jumat, 31 Maret 2023. Sebab, terdapat ketidakpastian peraturan yang berkelanjutan di AS.

"Karena ketidakpastian peraturan yang berkelanjutan, kami telah mengambil keputusan yang sulit untuk menghentikan operasi kami di AS mulai berlaku 30 April 2023. Semua dana aman dan dapat segera ditarik sepenuhnya," tulis Bittrex melalui akun Twitter-nya, dikutip dari Bitcoin, Minggu (2/4/2023).

Bittrex menekankan, penutupan itu tidak memengaruhi pelanggan non-AS yang menggunakan platform global Bittrex. CEO Bittrex Richie Lai menjelaskan, tidaklah layak secara ekonomi bagi kami untuk terus beroperasi di lingkungan peraturan dan ekonomi AS saat ini.

"Sembilan tahun kemudian, ekosistem kripto sangat berbeda. Persyaratan peraturan seringkali tidak jelas dan ditegakkan tanpa diskusi atau masukan yang tepat, sehingga menghasilkan lanskap persaingan yang tidak merata," kata Lai.

Bittrex mencatat, pengguna hari penuh terakhir dapat menarik cryptocurrency mereka pada 29 April. Selain itu, hari terakhir untuk mengajukan penarikan fiat adalah 24 April pukul 5 sore PDT untuk wire dan 27 April pukul 5 sore PDT untuk ACH.

Sementara itu, di AS perusahaan cryptocurrency menghadapi peningkatan pengawasan peraturan, karena Securities and Exchange Commission (SEC) memprioritaskan upaya penegakan hukum. SEC telah menargetkan beberapa perusahaan kripto, seperti mengeluarkan pemberitahuan Wells ke Coinbase dan mengajukan tuntutan terhadap Kraken atas program taruhan bursa.

Ketua SEC Gary Gensler baru-baru ini meminta lebih banyak dana untuk agensinya untuk memerangi pelanggaran di ruang kripto. Dia mengklaim, semua token kripto, kecuali bitcoin, adalah sekuritas. Selain itu, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) telah mengajukan keluhan terhadap Binance dan CEO-nya, Changpeng Zhao (CZ).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kerugian dari Pencurian Kripto Susut pada Kuartal I 2023

Sebelumnya, peretas dan scammer crypto menghasilkan USD 452 juta pada kuartal I 2023, menurut laporan yang dirilis oleh penyedia antivirus dan aplikasi De.Fi. Pengumuman ini menjadi kabar baik sekaligus buruk. Kerugian kripto ini turun dari USD 1,3 miliar pada kuartal pertama 2022.

Namun, bersamaan dengan itu, tingkat pemulihan juga turun. Menurut laporan tersebut, hampir setengah dari kerugian kuartal ini atau sekitar USD 215 juta terjadi dalam tiga minggu pertama Maret 2023. Eksploitasi Euler Finance dan Bonq DAO memimpin kerugian kuartal ini masing-masing sebesar USD 196 juta dan USD 120 juta.

CoinDeal menyusul dengan kerugian USD 45 juta di tempat ketiga, dan penipu phishing Monkey Drainer berada di urutan keempat senilai USD 16,5 juta. Dari 49 kasus yang diperiksa dalam laporan tersebut, enam serangan flash loan menyumbang kerugian terbesar lebih dari USD 200 juta, dengan Euler Finance mewakili sebagian besar dari total kerugian. Eksploitasi kontrak pintar (smart contract exploits) adalah jenis yang paling umum atau sebanyak 17 insiden.

Keuangan terdesentralisasi (DeFi) hanya menyumbang lima insiden, tetapi mengalami kerugian terbesar hingga USD 336 juta. Melansir Cointelegraph, Minggu (2/4/2023), sebesar USD 130 juta diperoleh kembali dari eksploitasi pada kuartal pertama lalu. Semua uang itu dipulihkan pada Maret dan hampir semuanya atau senilai USD 129 juta dikembalikan oleh peretas Euler Finance.

Pada kuartal pertama tahun lalu, terdapat USD 520 juta yang telah dikembalikan dari USD 1,3 miliar yang hilang, atau 40 persen dari dana yang dicuri, dibandingkan dengan dana kembali yang hanya 28,7 persen pada 2023.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

3 dari 5 halaman

Perusahaan Dana Ventura di Hong Kong Bakal Kumpulkan Rp 1,5 Triliun untuk Investasi Kripto

Sebelumnya, perusahaan modal ventura yang berbasis di Hong Kong ,Plutus VC berencana untuk mengumpulkan USD 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.041 per dolar AS) pada akhir 2023 untuk mendanai investasi di pasar cryptocurrency.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (30/3/2023), penggalangan dana dilakukan saat Hong Kong bergerak untuk mendapatkan kembali statusnya sebagai pusat keuangan dan kripto internasional.

Dana tersebut, bernama ProDigital Future, akan berinvestasi di berbagai aset digital, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan altcoin lainnya, yang menargetkan perusahaan Web 3.0 tahap awal.

Plutus VC berharap dapat menarik investor institusional, individu berpenghasilan tinggi, dan kantor keluarga yang tertarik untuk berinvestasi di kripto. 

Investor teknologi lama Curt Shi yang memimpin pendanaan bersama Ben Ng, mitra ventura di perusahaan ekuitas swasta Asia SAIF Partners, mengatakan ProDigital Future akan merangkul Hong Kong dan kebijakannya tetapi juga akan hadir di Australia dan Singapura, serta di Eropa dan AS. 

Penggalangan dana sejauh ini relatif lancar, kata Shi. Pendukung dana sejauh ini termasuk perusahaan jasa keuangan yang berbasis di Hong Kong Sunwah Kingsway Capital Holdings dan perusahaan hubungan masyarakat global Golin International Group.

Keputusan Plutus VC untuk meluncurkan dana kripto muncul di tengah meningkatnya minat terhadap aset digital di antara investor institusional, dengan lebih dari 80 perusahaan asing dan Tiongkok Daratan menyatakan minat untuk mendirikan perusahaan Web3 di Hong Kong.

 

4 dari 5 halaman

Survei JPMorgan: 72 Persen Pedagang Institusional Tak Punya Rencana Berdagang Kripto

Sebelumnya, Bank investasi global JPMorgan Chase menerbitkan hasil survei tahunan pada Kamis. 2 Februari 2023. Dilakukan pada Januari 2023, survei tersebut memberikan wawasan tentang prediksi untuk 2023. Survei ini dilakukan kepada 835 pedagang institusional di 60 lokasi global.

Survei JPMorgan menanyakan pedagang institusional tentang rencana mereka untuk berinvestasi dalam cryptocurrency. Terungkap, 72 persen pedagang institusional yang disurvei tidak memiliki rencana untuk berdagang kripto. 

Sebanyak 14 persen responden memperkirakan mereka saat ini tidak berdagang tetapi berencana untuk berdagang dalam 5 tahun ke depan.

Adapun 8 persen responden saat ini memperdagangkan kripto dan 6 persen saat ini tidak, tetapi memiliki rencana untuk masuk ke kripto dalam 1 tahun.

Selain itu, pedagang institusional memperkirakan cryptocurrency dan koin digital akan memiliki peningkatan terbesar dalam volume perdagangan elektronik selama tahun depan. 

“Selain itu, 100 persen dari pedagang yang merespons memperkirakan mereka akan meningkatkan aktivitas perdagangan elektronik,” catat hasil laporan JPMorgan, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (30/3/2023).

5 dari 5 halaman

Pedagang Institusional tentang Resesi dan Inflasi

Survei tersebut juga menanyakan pedagang institusional tentang prospek ekonomi mereka. Pedagang memperkirakan risiko resesi akan memiliki dampak terbesar pada pasar pada 2023, diikuti oleh inflasi dan konflik geopolitik.

Sementara sebagian besar pedagang institusional yang disurvei oleh JPMorgan tidak berencana untuk berinvestasi di kripto, beberapa survei lain menunjukkan ketertarikan institusional yang lebih kuat pada kelas aset. 

Sebuah survei oleh perusahaan manajemen aset Devere Group menemukan 82 persen jutawan telah bertanya kepada penasihat keuangan mereka tentang menambahkan cryptocurrency, termasuk bitcoin, ke dalam portofolio mereka.

Selain itu, 58 persen pedagang yang disurvei berbasis di Amerika Serikat memperkirakan tingkat inflasi AS akan turun dan 41 persen pedagang yang disurvei berbasis di Inggris memperkirakan inflasi akan menurun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.