Sukses

Menguat Dua Digit dalam Sepekan, Tengok Gerak Kinerja Kripto XRP Coin

XRP adalah teknologi sumber terbuka, tanpa izin, dan terdesentralisasi.

Liputan6.com, Jakarta Diluncurkan pada 2021, XRP Ledger (XRPL) adalah teknologi sumber terbuka, tanpa izin, dan terdesentralisasi. Manfaat XRP Ledger termasuk biaya rendah, kecepatan menyelesaikan transaksi dalam 3-5 detik, skalabilitas (1.500 transaksi per detik) dan atribut ramah lingkungan. 

XRP Ledger juga menampilkan pertukaran terdesentralisasi (DEX) pertama dan kemampuan tokenisasi khusus yang dibangun ke dalam protokol. Sejak 2012, Buku Besar XRP telah beroperasi dengan andal, setelah menutup 70 juta buku besar.

Pendiri XRP Ledger

Pada 2012, David Schwartz, Jed McCaleb dan Arthur Britto meluncurkan XRP Ledger dengan mata uang asalnya XRP sebagai alternatif yang lebih cepat dan hemat energi dari blockchain Bitcoin. Pada September tahun itu, bersama Chris Larsen, mereka mendirikan perusahaan yang sekarang dikenal sebagai Ripple.

Keunikan XRP Ledger

XRP Ledger menyajikan berbagai macam aplikasi dan kasus penggunaan yang terkait dengan pembayaran termasuk pembayaran mikro, DeFi, dan, segera, NFT. Diterapkan pada 2012, XRPL mendukung perusahaan dan pengembang Python, Java dan JavaScript dengan utilitas dan fleksibilitas yang kuat. 

Di situs web XRP, pengembang dapat mengakses berbagai tutorial untuk membantu mereka mulai menggunakan berbagai bahasa pengkodean, membuat aplikasi, mengelola akun, dan lainnya.

Harga XRP Coin

Koin kripto asli jaringan XRP Ledger, XRP Coin mencatatkan kinerja apik pada perdagangan Kamis (30/3/2023). 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, XRP Coin menguat 4,46 persen dalam 24 jam terakhir dan 29,24 persen sepekan. Harga XRP Coin saat ini berada di level Rp 8.194 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 62,5 triliun.

Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 6. XRP Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 425,2 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 51,6 miliar XRP Coin dari maksimal suplai 100 miliar koin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • XRP Coin

  • Ripple