Sukses

Tengok Harga Bitcoin Hari Ini Senin 27 Maret 2023

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto jajaran teratas bitcoin (BTC) melambung 0,53 persen dalam 24 jam terakhir. Tengok harga bitcoin hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Awal pekan pada Senin 27 Maret 2023, harga kripto jajaran teratas mayoritas menghijau. Lantas, bagaimana pegerakan harga bitcoin hari ini?

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto jajaran teratas bitcoin (BTC) melambung 0,53 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga bitcoin melemah tipis 0,02 persen.

Kemudian, harga bitcoin saat ini berada di posisi Rp 423,45 juta. Adapun, kapitalisasi pasar Bitcoin berada di angka Rp 8.185 triliun atau sebesar 46,4 persen dari keseluruhan kapitalisasi aset kripto.
 
Sebagaimana diketahui, Bitcoin menjadi kripto terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Bitcoin adalah mata uang kripto terdesentralisasi yang awalnya dijelaskan dalam whitepaper (buku putih) oleh seseorang, atau sekelompok orang, yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin diluncurkan tak lama setelahnya, pada Januari 2009.
 
Sebelumnya, momen kenaikan harga yang dialami oleh Bitcoin sudah berlangsung sejak minggu lalu setelah pengumuman kasus Silicom Valley Bank yang menggemparkan dunia perbankan Amerika. Kenaikan harga Bitcoin ini tentu sangat disambut baik oleh para investor kripto.
 
CEO Indodax Oscar Darmawan menyoroti kenaikan harga Bitcoin ditengarai masih disebabkan oleh kasus SVB, Silvergate dan Signature Bank yang jatuh beberapa minggu terakhir. Ditambah kabar mengenai Kasus Credit Suisse yang diambil alih oleh UBS juga sedikit banyak berpengaruh pada harga Bitcoin.
 
Bagi para investor kripto pemula yang hendak berinvestasi kripto pada tahun ini, Oscar merasa tahun ini merupakan tahun yang tepat karena sebentar lagi Bitcoin akan masuk pada fase halving day, di mana fase ini sangat amat berpengaruh terhadap kenaikan harga Bitcoin. 
 
Setelah Bitcoin Halving, kenaikan harga BTC akan terjadi secara perlahan dan pada akhirnya akan mencapai puncaknya. Setelah mencapai puncaknya, harga akan turun dan membentuk level support baru yang biasanya lebih tinggi dari level support sebelum halving
 
Terkait hal ini, dalam bertransaksi Bitcoin agar mendapatkan keuntungan yang ada penting sekali untuk mengetahui tips untuk berinvestasi Bitcoin dengan benar. 
 
 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih Exchange Crypto Legal

 
Sebagai pelaku industri, Oscar menyarankan investor perlu memilih crypto exchange yang legal dan terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Indodax merupakan salah satu crypto exchange tersebut.
 
Oscar juga menuturkan, penting bagi investor untuk memakai uang dingin untuk berinvestasi pada Bitcoin. Uang dingin adalah uang yang tidak dipakai untuk kepentingan sehari hari dan kepentingan mendesak.
 
“Para investor pemula perlu paham bahwa investasi pada Bitcoin dan aset kripto memiliki risiko yang tinggi. Oleh karenanya, dengan memakai uang dingin untuk berinvestasi pada Bitcoin, investor tidak akan terburu buru untuk menjual apabila harga sedang turun dan bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan," jelas oscar dalam siaran pers, dikutip Sabtu (25/3/2023). 
 
Pentingnya Do Your Own Research (DYOR)
Oscar mengungkapkan sering menemui investor pemula yang FOMO dan hanya ikut saja untuk membeli tanpa mempertimbangkan plan trading yang telah dibuat. Menurut Oscar penting sekali bagi investor untuk melakukan Do your Research, belajar terlebih dahulu teknik trading yang benar.
 
“Penting mempertimbangkan timeframe trading, analisis fundamental dan analisis teknikal yang benar agar bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli serta menjual sehingga bisa memaksimalkan keuntungan yang ada," ujar Oscar.
 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.