Sukses

El Salvador Sahkan RUU Penerbitan Obligasi Bitcoin

Rencana tersebut telah dikritik oleh lembaga pemeringkat kredit dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Liputan6.com, Jakarta - Kongres El Salvador menyetujui undang-undang sekuritas digital yang akan memungkinkan negara untuk mengumpulkan dana melalui obligasi blockchain pertama di dunia.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (12/1/2023), kongres menyetujui RUU tersebut dengan 62 suara berbanding 16. RUU itu akan dikirim ke Presiden Nayib Bukele untuk ditandatangani. RUU tersebut menciptakan kerangka hukum yang akan mendukung rencana Bukele untuk menjual obligasi yang didukung Bitcoin. 

Sekuritas tersebut dimaksudkan untuk mengumpulkan USD 500 juta atau setara Rp 7,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.434 per dolar AS) untuk membantu membangun kota pantai bebas pajak yang dikenal sebagai Kota Bitcoin, yang akan memiliki energi panas bumi dari gunung berapi terdekat untuk menambang koin digital.

Adapun, USD 500 juta lainnya akan dialokasikan untuk membeli Bitcoin, dengan apresiasi apa pun dalam mata uang digital yang pada akhirnya dibagikan kepada pemegang obligasi, menurut proposal pemerintah.

Rencana tersebut telah dikritik oleh lembaga pemeringkat kredit dan Dana Moneter Internasional (IMF), sementara obligasi negara diperdagangkan dengan diskon besar karena harga investor dalam risiko gagal bayar.

El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang membuat Bitcoin menjadi alat pembayaran sah pada tahun 2021 dan Bukele mengumumkan rencana untuk apa yang disebut obligasi gunung berapi selama presentasi kepada para penggemar Bitcoin di sebuah kota pantai di El Salvador pada November 2021. 

Di bawah proposal awal pemerintah, tokenized obligasi akan berdenominasi dolar AS dan membayar 6,5 persen per tahun selama 10 tahun. 

Pemerintah awalnya berjanji untuk menjual obligasi tersebut pada kuartal pertama 2021, tetapi menunda penerbitan beberapa kali karena penurunan harga Bitcoin melukai sentimen investor, menurut Menteri Keuangan Alejandro Zelaya.

Administrasi Bukele telah membeli 2.381 Bitcoin hingga Juni 2021, menurut pengumumannya di Twitter. Pada 16 November, dia mengatakan pemerintah akan membeli satu Bitcoin setiap hari.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden El Salvador Nayib Bukele Digugat Terkait Bitcoin, Ada Apa?

Sebelumnya, sebuah organisasi nirlaba hak asasi manusia, Cristosal mengumumkan telah mengajukan tiga tuntutan hukum yang berbeda pada 17 November 2022 terhadap Presiden El Salvador Nayib Bukele. Organisasi tersebut berusaha mengklarifikasi asal dan informasi transaksi dari dana yang digunakan untuk membeli bitcoin di El Salvador. 

Juru bicara anti korupsi kelompok tersebut, Ruth Lopez menyatakan, salah satu tuntutan hukum berkaitan dengan ilegalitas reformasi yang telah dibuat Bukele terhadap undang-undang terkait pengeluaran ini.

Lopez menuturkan, USD 750 juta (Rp 11,8 triliun) dikelola oleh Bukele sebagai bagian dari kepercayaan bitcoin yang didirikan oleh bank sentral negara dengan cara yang tidak konstitusional. Lopez menyatakan undang-undang yang memungkinkan presiden untuk mengelola dana tersebut tidak berlaku.

Dengan cara yang sama, gugatan kedua berkaitan dengan kurangnya investigasi yang dilakukan oleh Pengadilan Akun Republik, organisasi kontrol, atas biaya yang berasal dari penerapan Undang-Undang Bitcoin, termasuk pembangunan, akuisisi ATM, pemasangan platform, dan aplikasi untuk konversi dan pengelolaan bitcoin.

“Tidak ada kontrol pada platform atas identitas yang membeli dan menjual Bitcoin. Hingga saat ini, semua orang Salvador memiliki praduga tentang cara kerjanya dan berapa banyak yang telah dihabiskan,” ujar Lopez dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (30/11/2022).

Tuntutan ketiga akan diajukan ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Inter-Amerika dan terkait dengan pencurian identitas yang dihadapi lebih dari 200 warga Salvador saat mengirimkan data mereka ke sistem Dompet kripto negara, Chivo.

 

3 dari 4 halaman

Skeptimisme Bitcoin

Sementara Presiden Nayib Bukele baru-baru ini mengumumkan negara tersebut akan membeli bitcoin setiap hari, menandakan keyakinannya pada mata uang kripto, Lopez yakin penduduk masih skeptis tentang bitcoin. Baginya, pengeluaran tersebut berlebihan dan tidak menjawab kebutuhan mendesak masyarakat.

“Penduduk Salvador tidak merasa teridentifikasi dengan bitcoin, tetapi juga tidak berguna bagi mereka, karena bukan penduduk yang berinvestasi, karena hampir tidak cukup bagi mereka untuk makan,” jelas Lopez.

Beberapa survei menunjukkan Presiden Bukele sangat populer di negara ini, bitcoin adalah isu yang berbeda. Sebuah survei yang dilakukan oleh Universitas Amerika Tengah Jose Simeon Canas pada Juni mengungkapkan lebih dari 70 persen orang Salvador menganggap bitcoin tidak membawa manfaat bagi mereka.

 

4 dari 4 halaman

Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.