Sukses

Dampak Bangkrutnya FTX, Kanada Perketat Pengawasan Kripto

Kanada akan memperluas persyaratan yang ada untuk platform kripto yang saat ini beroperasi di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Administrator Sekuritas Kanada (CSA) akan memperkuat pendekatannya terhadap pengawasan kripto menyusul peristiwa baru-baru ini di pasar kripto akibat runtuhnya FTX. Hal itu disampaikan CSA dalam sebuah pernyataan.

Badan tersebut, yang terdiri dari regulator sekuritas dari masing-masing 10 provinsi dan tiga wilayah di Kanada, mengatakan akan memperluas persyaratan yang ada untuk platform yang saat ini beroperasi di negara tersebut. 

Pada Agustus 2022 telah diumumkan regulator mengharapkan perusahaan kripto yang tidak terdaftar di negara tersebut untuk melakukan pra-pendaftaran (PRU) sementara aplikasi mereka disetujui.

"Jika platform yang saat ini tunduk pada undang-undang sekuritas di Kanada tidak mengirimkan PRU ke regulator utamanya atau berhenti beroperasi, CSA akan mempertimbangkan semua opsi peraturan yang berlaku,” kata CSA, dikutip dari CoinDesk, Sabtu, 17 Desember 2022.

CSA menambahkan hal itu dilakukan untuk membuat platform mematuhi undang-undang sekuritas, termasuk tindakan penegakan hukum.

Regulator di seluruh dunia telah melihat kripto dengan lebih kritis sejak FTX, yang merupakan pertukaran terbesar ketiga berdasarkan volume pada satu titik, menyatakan bangkrut dan telah menyalahgunakan dana pelanggan. Mantan CEO-nya, Sam Bankman-Fried, ditangkap pada Senin setelah AS mengajukan tuntutan pidana.

Peristiwa baru-baru ini, di mana beberapa perusahaan kripto dan koin terbesar telah runtuh termasuk Celsius Network dan algoritmik stablecoin terraUSD (UST) dari Terra, telah menyebabkan miliaran terhapus dari pasar kripto dalam setahun.

Platform perdagangan kripto yang terdaftar sebagai sekuritas atau telah mengajukan PRU dilarang mengizinkan klien Kanada untuk berdagang atau mendapatkan eksposur ke sekuritas atau turunan kripto, pernyataan itu mengingatkan perusahaan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Terkuak, Manajemen Buruk Jadi Penyebab Kebangkrutan FTX

Sebelumnya, CEO baru FTX, John Jay Ray III  mengatakan kepada anggota parlemen Amerika Serikat (AS), praktik manajemen yang buruk dan pemimpin yang tidak berpengalaman menyebabkan kebangkrutan FTX. 

Hal itu diungkapkan Ray pada Selasa, 13 Desember 2022, tak lama setelah regulator AS menuduh pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF) menipu investor. 

"Kehancuran grup FTX tampaknya berasal dari konsentrasi kendali mutlak di tangan sekelompok kecil individu yang sangat tidak berpengalaman dan tidak canggih," kata John Ray, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (17/12/2022). 

Ray juga mengatakan hampir tidak ada perbedaan antara operasional FTX dan Alameda Research, firma perdagangan kripto Bankman-Fried, yang mempertahankan hubungan dekat dengan pertukarannya.

"Saya belum pernah melihat kurangnya pencatatan sama sekali, sama sekali tidak ada kontrol internal apa pun," kata Ray kepada Komite Layanan Keuangan DPR AS.

Ray terkejut mengetahui FTX menggunakan Quickbooks, perangkat lunak yang ditujukan untuk bisnis kecil dan menengah  untuk akuntansi dan menyetujui faktur melalui pesan Slack.

Ditanya mengapa dia bersaksi dia tidak percaya laporan keuangan yang diaudit dapat diandalkan, Ray berkata, telah kehilangan USD 8 miliar uang pelanggan. Jadi menurut definisinya dia tidak mempercayai selembar kertas pun di FTX.

 

 

3 dari 6 halaman

Bakal Diektradisi ke AS

"Diperlukan waktu berminggu-minggu, mungkin berbulan-bulan, untuk mengamankan semua aset grup. Pada akhirnya, kami tidak akan dapat memulihkan semua kerugian di sini,” kata Ray, mengingatkan ini akan menjadi proses yang panjang.

Bankman-Fried ditangkap Senin malam di Bahama dan muncul di hadapan hakim pada Selasa. Jaksa federal AS pada Selasa menuduh dia melakukan penipuan dan melanggar undang-undang dana kampanye. Mantan CEO bursa juga menghadapi biaya tambahan oleh regulator AS.

Kejaksaan Agung Bahama memperkirakan Sam Bankman-Fried akan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Selama sidang pada Selasa, Bankman-Fried mengindikasikan kepada hakim di Bahama bahwa dia akan melawan ekstradisi, menurut seorang saksi Reuters.

Ray mengatakan FTX akan bekerja sama dalam menyerahkan informasi kepada pihak berwenang dan bahwa dia telah membagikan beberapa temuan penyelidikan internalnya atas keruntuhan perusahaan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dan jaksa federal.

4 dari 6 halaman

Otoritas AS Tuduh Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried Pakai Dana Pelanggan untuk Sumbangan Politik

Sebelumnya, Otoritas federal AS pada Selasa, 13 Desember 2022 menuduh salah pendiri FTX Sam Bankman-Fried menggunakan apa yang mereka katakan sebagai puluhan juta dolar dana pelanggan yang disalahgunakan untuk memberikan sumbangan politik ilegal kepada kandidat Demokrat dan Republik.

Jaksa mengatakan salah satu alasan dia memberikan kontribusi tersebut adalah untuk mempengaruhi arah kebijakan dan undang-undang yang mempengaruhi industri kripto.

Bankman-Fried juga mengalihkan aset pelanggan yang dipegang oleh FTX, bursa mata uang kripto utama, ke dana lindung nilai kripto miliknya yang terpisah, Alameda Research.

Dia kemudian menggunakan dana itu untuk membuat sumbangan politik yang besar untuk melakukan investasi dan membeli real estat mewah, menurut dugaan regulator sekuritas AS (SEC).

“Bankman-Fried juga menggunakan Alameda sebagai celengan pribadinya untuk tujuan itu,” kata SEC, dikutip dari CNBC, Rabu (14/12/2022).

Dakwaan pidana federal yang terpisah tetapi terkait menuduh Bankman-Fried dan lainnya melanggar banyak undang-undang keuangan kampanye federal dengan, antara lain, memberikan kontribusi minimal USD 25.000 untuk kampanye dan komite aksi politik "atas nama orang lain".

Dalam sebuah surat Selasa kepada Hakim Ronnie Abrams, seorang jaksa penuntut di kantor Williams menulis, pemerintah berharap bukti akan menunjukkan terdakwa menipu pelanggan FTX dengan menyalahgunakan dana mereka untuk penggunaan pribadinya, termasuk untuk berinvestasi untuk akunnya sendiri, untuk memberikan puluhan juta dolar kontribusi politik.

5 dari 6 halaman

SEC Sebut Pendiri FTX Sam Bankman-Fried Menipu Investor

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS pada Selasa mengumumkan tuduhan terhadap pendiri pertukaran cryptocurrency FTX, Sam Bankman-Fried, menuduhnya menipu investor dalam apa yang disebut regulator sebagai “rumah kartu”.

Dalam sebuah pernyataan, SEC mengatakan akan mencari perintah untuk mencegah Bankman-Fried dari perdagangan sekuritas di masa depan kecuali untuk akun pribadinya dan hukuman perdata, di antara tindakan lainnya.

"Tuduhan terpisah juga akan diumumkan oleh Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Selatan untuk New York dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas pada Selasa, kata SEC, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (14/12/2022).

Bankman-Fried muncul di pengadilan pada Selasa di Bahama, tempat FTX bermarkas dan di mana dia ditangkap di komunitasnya yang terjaga keamanannya di ibu kota, Nassau.

Pria berusia 30 tahun itu tampak santai saat tiba di pengadilan Bahama yang dijaga ketat. Itu adalah penampilan publik pertamanya secara langsung sejak runtuhnya bursa mata uang kripto. Dia mengatakan kepada pengadilan bahwa dia bisa melawan ekstradisi ke Amerika Serikat.

Selain itu, SEC juga menuduh Bankman-Fried menggunakan apa yang mereka katakan sebagai puluhan juta dolar dana pelanggan yang disalahgunakan untuk memberikan sumbangan politik ilegal kepada kandidat Demokrat dan Republik.

Jaksa mengatakan, salah satu alasan dia memberikan kontribusi tersebut adalah untuk mempengaruhi arah kebijakan dan undang-undang yang mempengaruhi industri cryptocurrency.

Bankman-Fried juga mengalihkan aset pelanggan yang dipegang oleh FTX, bursa mata uang kripto utama, ke dana lindung nilai kripto miliknya yang terpisah, Alameda Research.

Dia kemudian menggunakan dana itu untuk membuat sumbangan politik yang besar untuk melakukan investasi dan membeli real estat mewah, menurut dugaan regulator sekuritas AS (SEC).

6 dari 6 halaman

Sam Bankman-Fried Ajukan Permohonan Jaminan pada Hakim Bahama

Sebelumnya, Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried telah mengajukan permohonan jaminan baru kepada hakim di Bahaman pada Kamis (15/12/2022), setelah seorang hakim hakim pada Selasa menolak permintaan jaminan SBF sebelumnya. 

Bankman-Fried dikirim ke pusat penahanan Bahama setelah Kepala Hakim JoyAnn Ferguson-Pratt menolak permintaannya untuk tetap di rumah sementara dia menunggu sidang ekstradisinya ke Amerika Serikat, di mana dia didakwa dengan kejahatan keuangan.

Dilansir dari Channel News Asia, Jumat (16/12/2022), sumber yang mengetahui masalah tersebut melaporkan Mahkamah Agung Bahaman akan mendengarkan permohonan jaminan Bankman-Fried pada 17 Januari 2023.

Pada persidangan Bankman-Fried Selasa lalu, Jaksa AS mengatakan Bankman-Fried terlibat dalam skema untuk menipu pelanggan FTX dengan menyalahgunakan simpanan mereka untuk membayar pengeluaran dan utang serta melakukan investasi atas nama dana lindung nilai kripto miliknya, Alameda Research LLC.

Tuntutan lain juga dilayangkan oleh oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC). 

SEC mengumumkan tuduhan terhadap Bankman-Fried, menuduhnya menipu investor dalam apa yang disebut regulator sebagai “rumah kartu”.

Dalam sebuah pernyataan, SEC mengatakan akan mencari perintah untuk mencegah Bankman-Fried dari perdagangan sekuritas di masa depan kecuali untuk akun pribadinya dan hukuman perdata, di antara tindakan lainnya.

Sedangkan CFTC menuduh FTX dan Bankman-Fried karena menggabungkan dana pelanggan serta melanggar Undang-Undang Pertukaran Komoditas AS.

Tuduhan tersebut muncul beberapa saat sebelum jaksa penuntut di Distrik Selatan New York mengungkap tuntutan pidana terhadap Bankman-Fried, yang ditahan di penjara di Bahama setelah ditangkap Senin malam oleh penegak hukum di sana.

Bankman-Fried mengumpulkan kekayaan senilai lebih dari USD 20 miliar saat dia mengendarai cryptocurrency untuk membangun FTX menjadi salah satu bursa terbesar di dunia sebelum tiba-tiba runtuh tahun ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.