Sukses

Pemenang Nobel Paul Krugman Peringatkan Musim Dingin Abadi untuk Blockchain

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom pemenang hadiah Nobel Paul Krugman telah memperingatkan tentang kemungkinan musim dingin abadi untuk proyek-proyek blockchain termasuk kripto.

Dalam sebuah artikel baru-baru ini yang diterbitkan New York Times, ekonom Paul Krugman kritik blockchain sebagai teknologi dan penggunaannya yang dia yakini mendahului musim dingin yang akan datang.

Ia memperingatkan tentang musim dingin kripto yang abadi termasuk proyek berbasis blockchain termasuk bitcoin dan jaringan kripto lainnya. Dalam sebuah opini di NYT pada 1 Desember 2022, ekonom membahas kegunaan sebenarnya dari teknologi dan bagaimana sudah ada tanda-tanda yang prediksi kejatuhan pada masa depan.

Krugman mengkritik utilitas nyata dari teknologi ini ketika ada alternatif terpusat lainnya yang saat ini berfungsi dengan baik. Mengenai hal ini, Krugman menjelaskan keraguannya. “Apa gunanya?Mengapa bersusah payah dan mengeluarkan biaya untuk memelihara buku besar di banyak tempat, dan pada dasarnya membawa buku besar itu setiap kali transaksi terjadi,” kata dia dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (4/12/2022).

Dengan dasar ini, dan juga anjloknya baru-baru ini dari salah satu pertukaran kripto terbesar di dunia FTX, Krugman percaya musim dingin kripto mungkin membawa pengabaian sepenuhnya teknologi blockchain dan kripto. Ia membandingkan dengan Fimbulwinter.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Kejatuhan

Bagi Krugman, dalam beberapa bulan terakhir, ada beberapa tanda akan datangnya pengabaian ini. Ekonom mengutip penghapusan baru-baru ini yang dilakukan beberapa perusahaan antara lain Maersk dan Bursa Efek Australia mengenai proyek berbasis blockchain sebagai bagian dari pembenarannya.

Krugman juga kritik bitcoin proof-of-work (PoW) dengan menyatakan, lembaga kripto lebih mudah menyerah pada godaang, dan inflasi ekstrem yang hancurkan nilai uang.

Krugman juga menyerukan konsensus PoW bitcoin memperkirakan kerusakan yang telah dibawanya ke lingkungan dalam jumlah puluhan miliar dolar AS tanpa manfaat nyata selain hasilkan “token yang tidak berharga”.

Namun, pendapat ini berbeda dengan yang diungkapkan pada Mei 2021. Saat itu, dia nyatakan meski tidak percaya pada fundamental dibalik bitcoin, ia yakin pasar dapat bertahan selamanya. Pada Juni, Krugman membandingkan kripto dengan gelembung perumahan dan krisis hipotek. “Ini adalah rumah yang dibangun bukan di atas pasir, tetapi di atas ketiadaan sama sekali,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto pada Minggu Pagi 4 Desember 2022

Sebelumnya, harga kripto jajaran teratas termasuk bitcoin masih alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Minggu (4/12/2022). Mayoritas harga kripto jajaran teratas lesu.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Minggu, 4 Desember 2022, harga kripto jajaran teratas bitcoin (BTC) melemah dalam 24 jam terakhir. Harga bitcoin turun 0,71 persen. Namun, selama sepekan terakhir, harga bitcoin bertambah 2,79 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 16.946,56 atau sekitar Rp 262,41 juta (asumsi kurs Rp 15.485 per dolar AS).

Demikian juga harga ethereum (ETH) berada di zona merah. Harga ethereum anjlok 3,24 persen selama 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga ethereum bertambah 3,66 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.251,09 atau sekitar Rp 19,40 juta.

Kemudian, harga binance coin (BNB) terpangkas 0,51 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB juga lesu. Harga BNB terpangkas 6,93 persen. Saat ini, harga binance coin di posisi USD 291,28.

Demikian juga harga XRP baik dalam 24 jam dan sepekan terakhir cenderung lesu. Harga XRP susut 1,1 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga XRP merosot 1,74 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,3898.

Sementara itu, harga dogecoin (DOGE) melemah 0,90 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga dogecoin melesat 13,78 persen. Saat ini, koin meme tersebut berada di posisi USD 0,1015.

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Di sisi lain, harga cardano (ADA) menguat selama 24 jam dan sepekan terakhir. Harga cardano bertambah 0,66 persen dalam 24 jam.Dalam sepekan terakhir, harga cardano naik 2,47 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,3213.

Harga polygon (matic) melemah 2,78 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga polygon bertambah 8 persen. Saat ini, harga polygon berada di posisi USD 0,9116.

Stablecoin seperti tether (USDT) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Selama sepakan terakhir, harga USDT naik 0,05 persen. Harga USDT kini berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) naik tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDC justru melemah 0,01 persen. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Sementara itu, harga Binance USD (BUSD) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga BUSD melemah tipis 0,01 persen. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar global tercatat USD 850,25 miliar, atau turun 1,27 persen dari periode sebelumnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS